Biaya Fumigasi untuk Berantas Hama Serangga

No comment1055 views

Baik musim hujan maupun musim panas, serangga dapat muncul di tempat Anda. Secara umum, kebanyakan serangga yang muncul datang dari serangga yang bersifat parasit, seperti rayap dan nyamuk. Serangga tersebut tidak hanya membuat aktivitas menjadi terganggu, tetapi juga menimbulkan dan kerusakan. Untuk mengatasinya, Anda bisa melakukan fumigasi. Sayangnya, biayanya tidak bisa dibilang murah.

Fumigasi untuk berantas hama serangga (sumber: iflscience.com)

Fumigasi untuk berantas serangga (sumber: iflscience.com)

Fumigasi sendiri merupakan sebuah tindakan perlakuan terhadap suatu komoditas dengan menggunakan fumigan tertentu, di dalam ruang kedap udara, pada suhu dan tekanan tertentu. Fumigan adalah suatu jenis pestisida yang dalam suhu dan tekanan tertentu berbentuk dan dalam konsentrasi serta waktu tertentu dapat membunuh hama, seperti serangga yang diklaim sebagai organisme pengganggu.[1]

Saat ini, sudah banyak jasa atau layanan penyedia fumigasi yang tersebar di seluruh Indonesia, sehingga Anda tidak perlu khawatir jika ingin melakukan fumigasi. Untuk menyelenggarakan fumigasi, biasanya orang-orang melakukannya secara serentak di berbagai lokasi. Hal ini bertujuan agar hama tidak berpindah atau kabur saat diadakan fumigasi. Namun, sebelum melakukan fumigasi, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan.

Baca juga  Info Terkini Kisaran Harga Print Warna di Snapy (1 Muka & 2 Muka)

Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Fumigasi

Fumigasi tidak bisa dilakukan secara sembarangan, meskipun Anda bisa memesan jasa fumigasi kapan pun. Pastikan Anda telah mengevakuasi manusia yang ada di dalam ruangan yang akan difumigasi. Tidak ada orang yang boleh masuk ke dalam ruangan tersebut sebelum dan selama proses fumigasi.

Orang yang ada di dalam ruangan sebelum dan selama proses fumigasi hanyalah mereka yang bertugas melakukan fumigasi. Selain itu, petugas yang melakukan fumigasi haruslah petugas yang bersertifikat dan dilengkapi dengan pakaian serta peralatan khusu. Hal ini karena fumigant yang digunakan selama prose fumigasi adalah zat kimia yang dapat membahayakan kesehatan manusia.

Orang bisa mengalami gejala keracunan bahkan kematian jika berada di dalam ruangan selama proses fumigasi, tanpa dilengkapi dengan pakaian khusus dan pengaman. Selain itu, beberapa jenis zat fumigan juga dapat membuat orang sesak napas dan pingsan akibat kehabisan oksigen dan pengendapan zat beracun pada paru-paru.

Setelah memastikan tidak ada orang yang tinggal di dalam ruangan yang akan difumigasi, pastikan juga lingkungan sekitar telah diamankan. Perlu Anda ketahui pula, fumigasi terkadang tidak hanya dilakukan di gedung perkantoran yang tertutup. Banyak orang yang melakukannya di dengan kondisi halaman terbuka. Sehingga, tak jarang saat fumigasi dilakukan, asap dapat menyebar ke berbagai area termasuk ke tetangga terdekat.

Baca juga  Update Terkini Harga Villa di Batu Weekdays dan Weekend
Fumigasi di rumah (sumber: dussmann.vn)

Fumigasi di rumah (sumber: dussmann.vn)

Untuk itu, jika Anda ingin melakukan fumigasi di rumah, pastikan Anda memberitahu tetangga-tetangga untuk menutup pintu serta jendela rumah mereka dengan rapat. Sehingga, asap fumigasi dari rumah Anda tidak masuk ke rumah mereka. Cara ini juga berguna agar tetangga Anda tidak terganggu saat Anda melakukan fumigasi.

Hal lain yang harus Anda lakukan saat melakukan fumigasi di dalam ruangan atau di dalam rumah, Anda perlu melindungi barang-barang dan . Perlu Anda ketahui, asap fumigasi yang mengandung zat racun serangga dapat mengendap di atau menempel di permukaan rumah, seperti sofa, pakaian, hingga peralatan makanan.

Tutup perabotan Anda menggunakan kertas koran atau plastik tebal untuk melindunginya dari fumigan yang digunakan oleh petugas. Jika Anda tidak sempat menutup perabotan makanan, Anda bisa menyimpannya di lemari dan mengunci lemari dengan rapat, agar tidak terkena asap fumigasi.

Baca juga  Paket Pernikahan Garden Party Outdoor Harga Murah

Namun, jika Anda lupa melakukan hal di atas, yang perlu Anda lakukan adalah membersihkan perabotan rumah setelah proses fumigasi selesai. Terutama untuk peralatan makan dan memasak, Anda harus mencucinya dengan menggunakan sabun sebelum menggunakannya. Sehingga, sedikit risiko Anda keracunan akibat fumigan yang digunakan.

Biaya Fumigasi

Biaya fumigasi di setiap daerah tentunya berbeda. Ini juga tergantung instansi yang menyediakan layanan. Penghitungan biaya fumigasi sendiri ditentukan berdasarkan luas bangunan dan berapa jumlah fumigan yang harus digunakan. Secara umum, biaya fumigasi dipatok mulai Rp1,5 juta hingga puluhan juta rupiah.

Sementara, jika Anda memiliki peralatan fumigasi dan ingin melakukan fumigasi sendiri, Anda bisa membeli fumigan botolan dengan mulai Rp300.000 hingga Rp800.000, tergantung merek dan isi kemasannya. tersebut tentu tidak terikat dan dapat berubah sewaktu-waktu.

[1] Oktianty, Resita dkk. 2016. Efektivitas Fumigan Sulfuryl Fluoride terhadap Pengendalian Tribolium Castaneum (Insecta: coleoptera) di Gudang Industri Pakan Ternak di Wilayah Kota Semarang. Jurnal Kesehatan Masyarakat Universitas Diponegoro Semarang, Vol. 4(1): 188-192.

author

Leave a reply "Biaya Fumigasi untuk Berantas Hama Serangga"