Update Info Biaya Transfer dari BCA ke Bank Mandiri

Salah satu layanan yang diberikan oleh pihak bank kepada nasabahnya adalah layanan transfer antar bank, termasuk yang disediakan oleh BCA (Bank Central Asia). Bank swasta ini menyediakan layanan transfer uang antar bank, khususnya melalui jaringan ATM. Layanan transfer ini berlaku ke semua bank, termasuk Bank Mandiri. Layanan ini dikenai biaya transaksi antar bank.

merupakan singkatan dari Automatic Teller Machine, dapat dikatakan sebagai kebutuhan primer dalam hal transaksi dan penarikan uang. Untuk itu, BCA memperluas jaringan ATM agar semua nasabah di seluruh Indonesia bisa menikmati layanan perbankan. Demi kenyamanan menggunakan teknologi ATM BCA, ada berbagai jenis ATM sehingga nasabah dapat menggunakan sesuai kebutuhan dan menghindari antrean panjang. Untuk mengetahui info besarnya biaya transfer dari BCA ke Mandiri via ATM dapat dilihat pada tabel di bawah ini.

Bacaan Lainnya
Biaya Transfer dari BCA - livingworld.co.id
Biaya Transfer dari BCA – livingworld.co.id

Biaya Transaksi Antar Bank melalui BCA di Tiap Jaringan

Keterangan BCA (IDR) PRIMA (IDR) CIRRUS (IDR)
Gratis 7.500 25.000
Cek Saldo Gratis 4.000 5.000
Transfer antar bank 6.500 6.500 N/A
Transaksi ditolak Gratis 3.500 5.000

Jika dibandingkan dengan tahun 2019, 2020, dan 2021 lalu, transaksi antar bank melalui BCA tidak mengalami perubahan biaya pada tahun 2022. Perlu diketahui, jenis ATM BCA yang tersedia antara lain Silver, Gold, Platinum, Tapres dan BCA Dollar. Jika ingin biaya transaksi dalam negeri yang lebih murah, Anda juga bisa menggunakan kartu debit BCA GPN yang biaya transfer antar bank dalam negeri lebih murah dari paspor BCA biasa. Masing-masing jenis ATM tersebut memiliki limit transaksi antar bank yang akan disajikan pada tabel berikut.

Baca juga  Info Jenis dan Biaya Kartu Kredit Bank Mandiri Terbaru

Daftar Limit Transaksi Antar Bank via BCA

Jenis Rekening Limit Transfer Antar Bank** (Rp)
Blue (IDR) 15.000.000
Gold (IDR) 20.000.000
Platinum (IDR) 25.000.000
Tapres (IDR) 20.000.000
BCA Dollar

**) Limit transaksi transfer merupakan limit gabungan dengan limit transfer di m-BCA

Apabila dibandingkan dengan regulasi sebelumnya, nilai limit transaksi antar bank via BCA mengalami perubahan pada 2020. Mulai dari rekening Blue yang semula nilai limitnya sebesar Rp10 juta, dinaikkan menjadi Rp15 juta dan belum berubah sampai tahun 2022. Sama halnya dengan rekening Gold dan Tapres yang ikut naik sebesar Rp5 juta dari Rp15 juta menjadi Rp20 juta. 

Ilustrasi: Cara Transfer Lewat ATM (credit: thebalance)
Ilustrasi: Cara Transfer Lewat ATM (credit: thebalance)

Cara Transfer dari BCA ke Mandiri via

  1. Masukkan kartu BCA ke dalam mesin. Kemudian masukkan PIN ATM BCA Anda
  2. Pilih transaksi lainnya pada layar monitor
  3. Klik menu ‘Transfer’
  4. Setelah itu, akan tampil menu pilihan tujuan transfer bank. Anda pilih ‘ke Rek Bank Lain’
  5. Anda akan diminta untuk memasukkan kode sandi bank (3 digit). Kode untuk Bank Mandiri adalah 008, maka ketik angka tersebut pada menu. Kemudian klik ‘Benar’
  6. Pada layar akan tertera nominal uang yang akan ditransfer. Isi nominal tersebut sesuai dengan jumlah rupiah yang akan dikirimkan. Lalu klik ‘Benar’
  7. Kemudian, masukkan nomor rekening Bank Mandiri tujuan pengiriman uang. Klik ‘Benar’. Apabila terdapat kesalahan mengetikkan nomor rekening, Anda dapat menekan tombol pada mesin untuk menghapus angka, lalu masukkan nomor yang benar. Setelah itu klik ‘Benar’
  8. Proses selanjutnya adalah konfirmasi yang berisikan nama Bank, no. rekening, nama pemilik rekening dan jumlah transfer. Apabila sudah tepat semua datanya, klik ‘Benar’
  9. Bukti transfer berupa kertas akan keluar dari mesin ATM yang biasanya dijadikan sebagai bukti transfer. Apabila tidak muncul bukti transfernya, kemungkinan kertas di dalamnya habis, atau sedang ada kendala teknis.
Baca juga  Info Terbaru Tarif (Ongkir) First Logistic ke Seluruh Indonesia

Sebelum melakukan transfer melalui ATM, atau melalui setor tunai, sebaiknya Anda memastikan kecukupan saldo di rekening. Hal ini dikarenakan adanya tambahan biaya apabila akan melakukan transfer antar bank (BCA ke Mandiri misalnya).

ATM BCA merupakan salah satu bank yang meminta untuk memasukkan kode bank lain terlebih dahulu. Hal ini dianggap sebagai sebuah kelebihan, dikarenakan terkadang orang dapat melakukan salah input nomor kode apabila di layar tertera menu kode bank dan nomor rekening dijadikan satu sekaligus.

Apabila Anda belum mengetahui kode bank lain (bank tujuan), maka bisa melihat pada menu yang ada di layar mesin ATM. Di ATM BCA, daftar kode sandi bank lain akan muncul pada langkah yang kelima dalam artikel ini atau pada saat setelah Anda menekan pilihan transaksi ‘Ke Rek Bank Lain’.

Anda dapat menekan ‘Daftar Sandi Bank’ pada layar ATM. Di situ nanti akan tampak berbagai kode bank lain, termasuk Bank Mandiri. Lain halnya apabila Anda melakukan transfer tunai melalui teller. Anda tidak perlu menuliskan kode bank pada slip setoran. Tetapi, Anda akan membayar biaya transaksi antar bank di teller.

Bagi Anda yang telah mempunyai fasilitas transaksi mobile phone, dan memilih melakukan transaksi via m-banking, Anda diharuskan untuk mendaftarkan nomor rekening (baik bank lain maupun sesama bank BCA). Untuk biaya SMS untuk setiap kali melakukan pendaftaran nomor rekening bank lain, sesuai dengan tarif operator telekomunikasi masing-masing yang berkisar antara Rp275 sampai dengan Rp660. Sedangkan untuk biaya transaksi antar bank, besarnya sama yaitu sekitar Rp6.500. 

Baca juga  Update Tarif Berlangganan Paket First Media Family

Selain melalui ATM dan m-banking, Anda dapat melakukan transfer antar bank melalui layanan perbankan KlikBCA (internet banking). KlikBCA merupakan sebuah produk perbankan elektronik yang hadir untuk menawarkan kemudahan transaksi perbankan. Akses layanan perbankan dalam jangkauan satu klik saja melalui internet di komputer atau smartphone Anda. Tidak perlu khawatir atas keamanannya, karena transaksi melalui KlikBCA terlindungi dengan berbagai cara. Anda dapat bertransaksi melalui KlikBCA di mana saja dan kapan saja.

Biaya Transaksi Antar Bank Via KlikBCA

Keterangan Besarnya (IDR)
Biaya transfer antar bank via LLG 6.500/transaksi
Biaya transfer antar bank via RTGS* 25.000/transaksi

Biaya transfer antar bank via LLG mengalami perubahan harga dari Rp5.000 menjadi Rp6.500 per transaksi. Perlu diingat, per 1 Juli 2016, nilai nominal transaksi RTGS adalah lebih besar dari Rp100 juta. Sementara itu, per 1 September 2019 Nominal Transaksi Kiriman Uang (LLG) menjadi maksimal Rp1 miliar.

Untuk mendapatkan produk layanan ini caranya mudah yaitu registrasi di ATM BCA atau datang ke cabang BCA untuk mendapatkan KeyBCA yang digunakan untuk transaksi finansial. Apabila Anda mendaftarkan ke cabang terdekat, maka perlu membawa bukti kepemilikan rekening serta kartu identitas.

Terbaru, pada tahun 2022 ini BCA memberlakukan biaya transfer ke bank lain termasuk Mandiri sebesar Rp2.500 melalui layanan bertajuk Bank Indonesia Fast Payment atau BI Fast. Dengan layanan BI Fast, nasabah BCA hanya ditarik biaya Rp2.500 untuk transaksi transfer domestik ke bank lain. Layanan BI Fast pada BCA dapat diakses oleh nasabah melalui myBCA versi web pada link www.bca.co.id/mybca. Nasabah dapat bisa melakukan transfer dana minimum sebesar Rp10 ribu hingga maksimal Rp250 juta.

[Update: Dian]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *