Syarat dan Harga Franchise Mie Gacoan

Bisnis kuliner di Indonesia memang dapat dikatakan tidak ada matinya. Pasalnya, banyak orang yang senang jajan, baik pagi, siang, maupun malam. Karena itu, jualan makanan atau minuman pun menjadi peluang usaha yang sangat menggiurkan. Berjualan makanan sekarang pun tidak perlu repot-repot memikirkan konsep atau menu, karena sudah ada banyak franchise yang dapat Anda pilih, salah satunya Mie Gacoan, produk yang sekarang sedang melejit. Lalu, berapa harga franchise mie tersebut?

Outlet Mie Gacoan (sumber: travelingyuk)
Outlet Mie Gacoan (sumber: travelingyuk)

Anda mungkin sudah tidak asing lagi dengan istilah franchise. Juga kerap disebut waralaba, bentuk usaha franchise ini berkembang sangat pesat, banyak digunakan dalam usaha fast food restaurant, seperti KFC, Pizza Hut, McDonalds, hotel, dan penyewaan mobil. Bentuk yang sama juga digunakan oleh bisnis lokal seperti Es Teler 77.

Bacaan Lainnya

Lalu, apa itu franchise? Waralaba pada dasarnya adalah sebuah perjanjian mengenai metode pendistribusian barang dan jasa kepada konsumen.[1] Dalam hal ini, franchisor memberikan lisensi kepada franchisee untuk melakukan pendistribusian barang dan jasa di bawah nama dan identitas franchisor dalam wilayah tertentu, tempat usaha tersebut dijalankan, sesuai dengan prosedur dan cara yang ditetapkan franchisor.[2]

Franchisor atau pemberi waralaba berkewajiban memberikan segala informasi yang berhubungan dengan franchise serta memberikan bantuan pada franchisee pembinaan, termasuk hubungan dan pelatihan dalam rangka pelaksanaan franchise.[3] Sebaliknya, franchisee berkewajiban melaksanakan seluruh instruksi yang diberikan franchisor, membeli barang modal tertentu, serta menjaga kerahasiaan seperti sistem manajemen dan lainnya.

Review Mie Gacoan

Seperti disampaikan di atas, saat ini sudah ada banyak usaha yang menawarkan peluang franchise, termasuk kuliner. Nah, dari sekian usaha kuliner yang beredar, salah satu yang mungkin dapat Anda pertimbangkan apabila juga tertarik berdagang adalah Mie Gacoan. Pasalnya, meski baru berdiri pada tahun 2016, perkembangan usaha kuliner cukup pesat dan telah digandrungi banyak orang, terutama kaum muda.

Dilansir dari website resminya, Mie Gacoan adalah sebuah dagang dari jaringan restoran mie pedas di indonesia, yang menjadi anak perusahaan PT Pesta Pora Abadi. Berdiri sejak awal tahun 2016, saat ini merk Mie Gacoan dikatakan telah tumbuh menjadi market leader, utamanya di Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat, Kepulauan Bali, dan sedang dalam jalur kuat utk berekspansi menjadi merk terbesar nomor 1 secara nasional.

Nama Mie Gacoan diambil dari kata ‘gaco’ yang artinya jagoan atau andalan dalam bahasa Jawa. Tidak heran jika Mie Gacoan menjadi tempat bersantap favorit bagi masyarakat Indonesia, khususnya mahasiswa, pelajar, dan keluarga. Dengan mengusung suasana restoran yang atraktif, keren, lega, dan juga dilengkapi berbagai fasilitas, membuat setiap pengunjung makin betah dan selalu ingin kembali lagi.

Awalnya, menu Mie Gacoan menggunakan nama-nama yang terdengar seram, seperti Mie Setan dan Mie Iblis. Namun, sejak mendapatkan sertifikat halal bahan baku pada November 2022 lalu, nama menu tersebut diubah menjadi ‘lebih bersahabat’. Disalin dari situs resminya, saat ini ada tiga menu yang ditawarkan, yakni Mie Suit, Mie Hompimpa, dan Mie Gacoan.

Mie Suit adalah mie yang lezat dipadukan dengan bumbu racikan rahasia, plus taburan ayam cincang dan pangsit goreng. Sementara itu, Mie Hompimpa merupakan semangkuk mie dengan rasa pedas yang asin, serta taburan topping ayam cincang dan krupuk pangsit yang gurih, sedangkan Mie Gacoan adalah menu yang cocok untu pelanggan yang suka rasa manis karena menawarkan rasa pedas manis.

Selain mie, Mie Gacoan juga menyediakan sejumlah menu dimsum, seperti pangsit goreng, siomay, udang keju, udang rambutan, dan lumpia udang. Sebagai penutup, ada aneka minuman seperti Es Gobak Sodor yang merupakan es buah ditambah cincau versi premium, Es Teklek, Es Petak Umpet yang diklaim punya rasa tropical yang segar, serta Es Sluku Bathok yang menyajikan es susu ditambah sirup mocca yang smooth.

Seperti disinggung di atas, Mie Gacoan menjadi salah satu restoran mie yang sekarang digandrungi banyak orang. Selain punya rasa yang nikmat, harganya memang cukup terjangkau. Jika Anda datang langsung ke outlet-nya, Mie Gacoan dapat dibeli dengan harga rata-rata Rp10 ribuan saja per porsi, sedangkan harga dimsum-nya Rp8 ribu sampai Rp9 ribuan saja.

Kini, gerai Mie Gacoan sudah ada di lebih dari 10 di Indonesia. Gerai tersebut tersebar di berbagai provinsi di Indonesia seperti Jawa Timur, Jawa Barat, Jawa Tengah, Bali, Daerah Istimewa Yogyakarta, dan DKI Jakarta. Ramainya pelanggan mie membuat bisnis Mie Gacoan terlihat menggiurkan. Lalu, bagaimana cara membuka franchise Mie Gacoan?

Syarat Franchise Mie Gacoan

  • Kunjungi website resmi Mie Gacoan.
  • Kemudian tekan pilihan “Contact” yang berada di posisi pojok kanan bagian atas website.
  • Anda akan dimintai informasi pribadi seperti nama, nomor telepon aktif, alamat email, dan juga pesan pertanyaan yang ingin Anda ajukan pada pihak Mie Gacoan.
  • Setelah informasi sudah diisi penuh dan benar, Anda dapat menekan perintah “Kirim”.
  • Setelah itu, Anda tinggal menunggu konfirmasi dari manajemen Mie Gacoan.

Harga Franchise Mie Gacoan

Lantas, berapa kisaran harga franchise Mie Gacoan? Sayangnya, pihak Mie Gacoan tidak memberikan informasi secara rinci kisaran biaya yang diperlukan untuk mereka yang ingin membuka waralaba usaha kuliner tersebut. Namun, berdasarkan forum dagang di Facebook, harga franchise Mie Gacoan mulai Rp125 jutaan dan harus memiliki lahan atau tempat yang strategis. Untuk informasi lebih detail, Anda dapat menghubungi pihak Mie Gacoan lewat website resmi, akun media sosial, atau WA di nomor 0896 3934 5020.

[1] Slamet, Sri Redjeki. 2011. Waralaba (Franchise di Indonesia). Lex Jurnalica, Vol. 8(2): 127-139.

[2] Ibid.

[3] HP, Eddy Suryanto. 2008. Tinjauan Legal Normatif Franchise/Waralaba di Indonesia. Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan, Vol. 8(1): 69-80.

Menu Mie Gacoan (sumber: tokopedia)
Menu Mie Gacoan (sumber: tokopedia)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *