Info Terbaru Biaya Sedot Kotoran Telinga di Dokter THT

Layaknya anggota tubuh lainnya, telinga juga sebaiknya rutin dibersihkan. Pasalnya, jika terlalu banyak, kotoran di telinga dapat menyumbat salah satu panca indera itu hingga menyebabkan sakit maupun kehilangan pendengaran. Nah, untuk membersihkan kotoran di telinga, Anda bisa mendatangi dokter THT (telinga hidung tenggorokan) dengan membayar biaya yang sebenarnya cukup terjangkau.

Ilustrasi sedot kotoran telinga di THT (sumber: earlady.co.uk)
Ilustrasi sedot kotoran telinga di THT (sumber: earlady.co.uk)

Kotoran telinga sendiri sering disebut dengan serumen, terbentuk dari penumpukan sekresi kelenjar minyak dan pengelupasan sel epitel di rongga luar telinga. Serumen, sebelum akhirnya sampai ke gendang telinga, menangkap debu dan kotoran yang masuk ke lubang telinga. Normalnya, serumen lama akan perlahan terdorong keluar oleh pembentukan serumen baru.

Bacaan Lainnya

Masalahnya, pada beberapa orang, serumen tidak dapat keluar dengan sendirinya sehingga menumpuk di bagian dalam lubang telinga. Penumpukan serumen ini pastinya akan memengaruhi tingkat ketajaman pendengaran, yang disertai dengan rasa tidak nyaman. Pada tingkat masalah ini, serumen tentunya tidak bisa dibersihkan hanya dengan menggunakan korek kuping alias cotton bud, melainkan harus dibawa ke dokter THT.

Jika Anda memiliki masalah serupa, maka jangan ragu untuk langsung datang ke rumah sakit atau klinik terdekat di kota Anda yang menawarkan layanan dokter THT. Terkait biaya, Anda tidak perlu khawatir karena biaya jasa dokter THT serta -obatan untuk membersihkan telinga masih cukup terjangkau, yaitu berkisar ratusan ribu rupiah. Harga tersebut sudah termasuk layanan konsultasi dokter THT, biaya endoskopi telinga, dan biaya menebus resep obat yang dibutuhkan.

Biaya Dokter THT

Nama Dokter/KlinikBiaya
RSUD Ngimbang, Lamongan Poli THT : Rp20.000
Pemeriksaan Dokter Spesialis : Rp60.000
Irigasi Telinga : Rp70.000
Puskesmas Tanjung Sari, Natar, LampungRp45.000 – Rp90.000
RSUD Banjar, Jawa BaratTindakan Kecil : Rp80.000
Tindakan Sedang : Rp160.000
Tindakan Besar : Rp325.000
Tindakan Khusus : Rp650.000
RS Rawa Lumbu, BekasiKonsultasi : Rp115.000
RS Citama, Bojong Gede, BogorKonsultasi : Rp145.000
RS Imanuel Way Halim, Bandar LampungKonsultasi : Rp150.000
RS FMC BogorKonsultasi : Rp150.000
RS Humana Prima, BandungKonsultasi : Rp166.000
Siloam Hospitals Lippo CikarangKonsultasi : Rp170.000
Siloam Hospitals Bekasi TimurKonsultasi : Rp170.000
Alia Hospital, DepokKonsultasi : Rp200.000
Siloam Hospitals MakassarKonsultasi : Rp200.000
KIDI Center, MakassarKonsultasi : Rp200.000
RS Harum Sisma Medika, MakassarKonsultasi : Rp200.000
RS Medika BSD, Serpong, Tangerang SelatanKonsultasi : Rp220.000
RS Mitra Keluarga Waru, Konsultasi : Rp284.000
Columbia Asia Hospital, MedanKonsultasi : Rp303.188
RS Gandaria, Kebayoran Baru, JakartaKonsultasi : Rp305.000
RS Mitra Keluarga Bekasi TimurKonsultasi : Rp340.000
RS Telogorejo, SemarangKonsultasi : Rp350.000
RS THT Proklamasi BSD, Serpong, Tangerang SelatanKonsultasi : Rp350.000
RS Mitra Keluarga Kelapa Gading, JakartaKonsultasi : Rp445.000

Informasi tarif konsultasi dan sedot kotoran telinga di dokter spesialis THT di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk situs resmi institusi kesehatan yang bersangkutan. Perlu Anda catat bahwa biaya dokter THT tersebut tidak mengikat dan bisa berubah sewaktu-waktu. Sebagai perbandingan, tahun lalu tarifnya berkisar Rp50 ribuan untuk dokter THT di apotek dan ratusan ribu rupiah jika praktik di klinik atau rumah sakit.

Ilustrasi: sedot kotoran telinga (sumber: bionix.com)
Ilustrasi: sedot kotoran telinga (sumber: bionix.com)

Tindakan Dokter THT untuk Membersihkan Telinga

  • Irigasi telinga, merupakan cara yang efektif dalam membersihkan telinga. Dokter THT menggunakan air atau larutan saline yang disemprotkan ke dalam telinga. Dengan teknik yang tepat, teknik ini akan membantu mengeluarkan kotoran dari dalam telinga.
  • Cara lain dalam membersihkan telinga yang dapat dilakukan oleh dokter THT adalah dengan microsuction. Sama dengan irigasi telinga, microsuction juga tidak menyakitkan. Untuk melakukan metode ini, dokter akan menggunakan alat khusus yang dapat menyedot kotoran telinga.

Meski lebih baik daripada membersihkan telinga sendiri, tidak semua prosedur di atas cocok untuk setiap orang. Karena itu, biasanya dokter THT akan melihat kondisi telinga Anda terlebih dahulu sebelum menentukan cara mana yang cocok dilakukan untuk membersihkan telinga Anda. Membersihkan telinga sendiri masih tergolong aman jika Anda hanya membersihkan bagian luarnya saja. Namun, jika ingin membersihkan kotoran di bagian telinga yang lebih dalam, disarankan untuk mengunjungi dokter THT. 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 Komentar

  1. Murah itu, saya pakai asuransi kena biaya tindak 171 ribu (selisih biaya tindakan katanya) karena budget ansuransi cuma 250 untuk tindakan dokter jadi total biaya tindakan 421 ribu, obatnya sih geratis sesuai budget