Update Biaya Sedot Kotoran Telinga di Dokter THT

Layaknya anggota tubuh lainnya, telinga juga sebaiknya rutin dibersihkan. Pasalnya, jika terlalu banyak, kotoran di telinga, dapat menyumbat salah satu panca indera itu hingga menyebabkan sakit maupun kehilangan pendengaran. Nah, untuk membersihkan kotoran di telinga, Anda bisa mendatangi dokter THT (telinga hidung tenggorokan) dengan membayar biaya yang sebenarnya cukup terjangkau.

Prosedur sedot kotoran telinga oleh dokter THT
Prosedur sedot kotoran telinga oleh dokter

Kotoran telinga sendiri sering disebut dengan serumen. Kotoran ini terbentuk dari penumpukan sekresi kelenjar minyak dan pengelupasan sel epitel di rongga luar telinga. Serumen, sebelum akhirnya sampai ke gendang telinga, menangkap debu dan kotoran yang masuk ke lubang telinga. Normalnya, serumen lama akan perlahan terdorong keluar oleh pembentukan serumen baru.

Bacaan Lainnya

Masalahnya, pada beberapa orang, serumen tidak dapat keluar dengan sendirinya sehingga menumpuk di bagian dalam lubang telinga. Penumpukan serumen ini pastinya akan memengaruhi tingkat ketajaman pendengaran, yang disertai dengan rasa tidak nyaman. Pada tingkat masalah ini, serumen tentunya tidak bisa dibersihkan hanya dengan menggunakan korek kuping alias cotton bud, melainkan harus dibawa ke dokter THT.

Baca juga  Info Terbaru Biaya SMS Banking BNI

Jika Anda memiliki masalah serupa, maka jangan ragu untuk langsung datang ke rumah sakit atau klinik terdekat di kota Anda yang menawarkan layanan dokter THT. Terkait biaya, Anda tidak perlu khawatir karena biaya jasa dokter serta obat-obatan untuk membersihkan telinga masih cukup terjangkau, yaitu berkisar ratusan ribu rupiah. Harga tersebut sudah termasuk layanan konsultasi dokter THT, biaya endoskopi telinga, dan biaya menebus resep obat yang dibutuhkan.

Biaya Dokter

Ilustrasi: Prosedur Microsuction Sedot Kotoran Telinga (credit: hearherescotland)
Ilustrasi: Prosedur Microsuction Sedot Kotoran Telinga (credit: hearherescotland)
Nama Dokter/Klinik/Rumah Sakit Biaya Mulai
Apotek Jolisa Farma, Cengkareng Rp50.000
RS Sari Mulia Banjarmasin Rp75.000
Klinik Semper Sisma Medika, Cilincing Rp100.000
Apotek Medikita, Kalideres Rp120.000
Klinik Pratama Mekar Sari, Kramat Jati Rp120.000
RS Cendana Kebon Jeruk Rp120.000
Siloam Hospital Bekasi Timur Rp130.000
Siloam Hospital Jambi Rp110.000
RS Citra Medika Depok Rp130.000
RS Mulya Tangerang Rp125.000
Rumah Sakit Ali Sibroh Malisi, Jagakarsa Rp130.000
Mulia Health Dental Care, Tebet Rp145.000
RS Tebet Rp125.000
Siloam Hospital Bogor Rp125.000
RS Awal Bros Batam Rp130.000
RS Awal Bros Tangerang Rp130.000
Praktik dr. Aswaldi Ahmad, Sunter Agung Rp158.000
Klinik JMB Kelapa Gading, Kelapa Gading Rp173.000
RS Hermina Arcamanik, Bandung Rp184.000
Rumah Sakit Gading Pluit, Kelapa Gading Rp187.000
RS Immanuel Bandung Rp191.000
Poliklinik Spesialis Atma Jaya, Penjaringan Rp205.000
Siloam Hospital Kebon Jeruk Rp205.000
Bidakara Medical Center, Tebet Rp240.000
Apotek Pondok Kelapa, Duren Sawit Rp256.000
RS Khusus -Bedah KL Proklamasi, Menteng Rp278.000
RS Muhammadiyah Taman Puring, Kebayoran Baru Rp350.000
RS Omni Medical Center, Pulo Gadung Rp407.000
Klinik Medika Bayu Adji, Kebayoran Baru Rp457.000
Baca juga  Update Harga Infus Whitening di Erha Clinic

Daftar tarif konsultasi dan sedot kotoran telinga di dokter spesialis di atas kami rangkum dari berbagai sumber. Jika dibandingkan tahun 2019 dan 2020, biaya sedot kotoran telinga tahun 2021 mengalami sedikit kenaikan. Sebagai contoh, biaya sedot kotoran di RS Omni Medical Center, Pulo Gadung yang semula mulai Rp400 ribu, naik menjadi mulai Rp407 ribu. Besaran biaya tersebut masih belum banyak berubah pada tahun 2022. Untuk informasi lebih detail, Anda bisa langsung datang ke klinik atau praktik dokter THT terdekat di sekitar domisili Anda.

Ada beberapa cara membersihkan telinga yang dapat dilakukan oleh dokter THT. Mulai dari pemakaian sendok serumen, forceps (semacam penjepit), hingga menggunakan alat penyedot khusus (suction). Berikut ini beberapa hal yang dapat dilakukan dokter untuk menjaga kebersihan dan kesehatan telinga Anda.

Ilustrasi sedot kotoran telinga di THT (sumber: earlady.co.uk)
Ilustrasi sedot kotoran telinga di THT (sumber: earlady.co.uk)

Tindakan Dokter untuk Membersihkan Telinga

  • Irigasi telinga, merupakan cara yang efektif dalam membersihkan telinga. Dokter menggunakan air atau larutan saline yang disemprotkan ke dalam telinga. Dengan teknik yang tepat, teknik ini akan membantu mengeluarkan kotoran dari dalam telinga.
  • Cara lain dalam membersihkan telinga yang dapat dilakukan oleh dokter adalah dengan metode microsuction. Sama dengan irigasi telinga, microsuction juga tidak menyakitkan. Untuk melakukan metode ini, dokter akan menggunakan alat khusus yang dapat menyedot kotoran telinga.
Baca juga  Biaya Kuliah POLBAN (Politeknik Negeri Bandung) TA 2022/2023

Meski lebih baik daripada membersihkan telinga sendiri, tidak semua prosedur di atas cocok untuk setiap orang. Karena itu, biasanya dokter akan melihat kondisi telinga Anda terlebih dahulu sebelum menentukan cara mana yang cocok dilakukan untuk membersihkan telinga Anda. Membersihkan telinga sendiri masih tergolong aman jika Anda hanya membersihkan bagian luarnya saja. Namun, jika ingin membersihkan kotoran di bagian telinga yang lebih dalam, disarankan untuk mengunjungi dokter THT.

[Update: Dian]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

1 Komentar

  1. Murah itu, saya pakai asuransi kena biaya tindak 171 ribu (selisih biaya tindakan katanya) karena budget ansuransi cuma 250 untuk tindakan dokter jadi total biaya tindakan 421 ribu, obatnya sih geratis sesuai budget