Info Terbaru Biaya Sedot Kotoran Telinga di Dokter THT

No comment 5239 views

Layaknya anggota tubuh lainnya, telinga juga sebaiknya rutin dibersihkan. Pasalnya, jika terlalu banyak, kotoran di telinga, dapat menyumbat salah satu panca indera itu hingga menyebabkan maupun kehilangan pendengaran.

Dokter THT - mhdc.co.id

THT - mhdc.co.id

Kotoran telinga sendiri sering disebut dengan serumen. Kotoran ini terbentuk dari penumpukan sekresi kelenjar minyak dan pengelupasan sel epitel di rongga luar telinga. Serumen, sebelum akhirnya sampai ke gendang telinga, menangkap debu dan kotoran yang masuk ke lubang telinga. Normalnya, serumen lama akan perlahan terdorong keluar oleh pembentukan serumen baru.

Masalahnya, pada beberapa orang, serumen tidak dapat keluar dengan sendirinya sehingga menumpuk di bagian dalam lubang telinga. Penumpukan serumen ini pastinya akan memengaruhi tingkat ketajaman pendengaran, yang disertai dengan rasa tidak nyaman. Pada tingkat masalah ini, serumen tentunya tidak bisa dibersihkan hanya dengan menggunakan korek kuping alias cotton bud, melainkan harus dibawa ke dokter THT.

Jika Anda memiliki masalah serupa, maka jangan ragu untuk langsung datang ke rumah sakit atau terdekat di kota Anda yang menawarkan layanan dokter THT. Terkait , Anda tidak perlu khawatir karena jasa dokter THT beserta -obatan untuk membersihkan telinga masih cukup terjangkau, yaitu berkisar ratusan ribu rupiah. tersebut sudah termasuk layanan konsultasi dokter THT, biaya endoskopi telinga, dan biaya menebus resep obat yang dibutuhkan.

Biaya Sedot Kotoran Telinga di Dokter THT - www.secondwavemedia.com

Biaya Sedot Kotoran Telinga di Dokter THT - www.secondwavemedia.com

Sebagai , biaya pembersihan atau sedot kotoran telinga di Rumah Sakit (RS) Al Islam Bandung dikenai sekitar Rp 75 ribuan, sedangkan biaya pendaftaran dan konsultasi di klinik THT dikenai tarif Rp 130 ribuan, jadi total biaya yang Anda keluarkan untuk membersihkan kotoran telinga di RS Al Islam berkisar Rp 205 ribuan.

Bahan perbandingan lainnya adalah di Klinik Utama Nuraya Purwokerto, Jawa Tengah yang dikenai biaya sekitar Rp 235 ribu saja untuk pembersihan telinga. Kemudian ada pula yang mengaku pernah melakukan sedot kotoran telinga di dokter THT yang ada di kawasan Ciledug dan dikenai biaya sekitar Rp 400 ribuan. Biaya tersebut mencakup tindakan pembersihan kotoran telinga sekitar Rp 200 ribuan dan biaya untuk menebus obat Rp 200 ribuan.

Informasi lain menyebutkan di RS THT Prof. Nizar kawasan Gambir, Jakarta Pusat biaya konsultasi ke dokter THT saja bisa mencapai Rp 200 ribuan, belum termasuk dengan biaya menebus obat. Jadi total yang dibutuhkan untuk menjalani kotoran telinga di RS THT Prof Nizar bisa mencapai lebih dari Rp 500 ribuan per pasien.

Baca juga  Biaya Operasi Lasik Mata Silinder Terbaru

Untuk merawat telinga, sebaiknya Anda menghindari penggunaan cotton bud ketika membersihkan kotoran telinga. Anda bisa menggantinya dengan obat tetes telinga yang kini sudah dijual bebas di apotek maupun toko obat.

(Penulis: Dian Kartika)

loading...
author
Anak band yang gak suka nonton boyband. Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Pernah dipaksa baca berita infotainmen tiap hari sampai akhirnya memutuskan lebih suka info teknologi yang lebih sedikit gosip.

Leave a reply "Info Terbaru Biaya Sedot Kotoran Telinga di Dokter THT"