Update Harga Minyak Ikan Salmon & Manfaatnya Untuk Kesehatan

Sebagian orang mungkin malas untuk mengonsumsi . Ada beberapa alasan yang mendasarinya, antara lain malas membuang duri, tidak ada rasa, berbau tanah/amis, hingga karena tampilannya yang dianggap kurang menggugah selera makan.

harga, minyak, ikan, salmon, kandungan, omega, 3, 6, suplemen, alami, jantung, kesehatan, manfaat, untuk, asupan, penyakit, fokus, darah, trigliserida, kadar, kolesterol, baik

Daging ikan salmon

Padahal, ada banyak manfaat untuk kesehatan tubuh yang bisa didapatkan dari ikan. Apabila dibandingkan dengan daging sapi dan ayam, kalori pada ikan jumlahnya lebih rendah. Tetapi, ikan mengandung tinggi protein. Ditambah lagi terdapat kandungan asam lemak omega 3, kalsium, vitamin, dan juga mineral.

Apa saja manfaat yang bisa didapatkan dari ikan? Beberapa orang berpendapat bahwa ikan baik untuk kesehatan jantung. Dengan mengonsumsi ikan, seperti ikan salmon, akan dapat membantu mencegah jantung dan gagal jantung dengan mencegah akumulasi trigliserida, meningkatkan kadar HDL (kolesterol baik), serta mencegah pembekuan darah. Selain itu, makan ikan juga membantu menurunkan tekanan darah.

Bagi orang yang berisiko diabetes, mengonsumsi ikan dapat mengurangi risiko diabetes tipe 2. Hal itu dikarenakan ikan menghasilkan kadar glukosa yang lebih rendah, bila dibandingkan dengan daging merah, yang tinggi kadar lemak jenuhnya.

Untuk pekerja di luar ruangan atau orang yang dominan beraktivitas secara outdoor, ikan yang kaya akan kandungan omega 3 dapat melindungi kulit dari paparan sinar matahari dan menunda proses penuaan kulit. Hal itu diungkapkan oleh sebuah studi yang diterbitkan oleh The American Journal of Clinical Nutrition.

Manfaat lain konsumsi ikan adalah mempertajam ingatan, terutama bagi mereka yang berusia lanjut. Sebuah studi gabungan oleh Rush University Center di AS dan Universitas Wageningen Belanda, yang mempelajari lebih dari 900 orang dengan usia rata-rata 80-an tahun, menemukan bahwa mereka yang makan laut tak cepat mengalami penurunan kognitif.

Ikan tidak hanya membawa manfaat bagi orang dewasa, tetapi juga untuk bayi. Ikan kaya akan asam lemak omega 3 dan omega 6 yang penting untuk perkembangan sel-sel otak pada bayi. Menurut sebuah studi yang dilakukan oleh Universitas Tohoku di Jepang, asam lemak pada ikan juga bisa mencegah anak mengalami tingkat kecemasan yang berlebihan.

Saat ini, mengonsumsi ikan tidak hanya berupa konsumsi ikan secara langsung, misal ikan digoreng, dibakar, atau bahkan direbus (dijadikan sup). Anda juga bisa merasakan manfaat ikan dari suplemen minyak ikan. Misalnya, minyak ikan salmon.

Ilustrasi: minyak ikan salmon

Ilustrasi: minyak ikan salmon

Minyak ikan selama ini memang banyak digunakan untuk bahan suplemen. Minyak ikan sendiri mengandung omega 3 dan asam lemak esensial. Minyak ikan seperti minyak ikan salmon diduga memiliki beberapa manfaat untuk kesehatan, antara lain mengurangi kadar trigliserida, menjaga kesehatan jantung, mencegah penyumbatan pembuluh darah, mencegah penyakit , mengurangi risiko keguguran, mengurangi kebutuhan asma, meningkatkan fokus, perilaku, dan mental anak dengan ADHD.

Minyak ikan umumnya aman untuk dikonsumsi. Namun, apabila Anda  memiliki riwayat kesehatan dan kondisi medis khusus, sebaiknya anda berkonsultasi langsung dengan dokter sebelum mengkonsumsi suplemen minyak ikan.

Minyak ikan seperti minyak ikan salmon diketahui mengandung omega 3 dan beberapa kandungan bermanfaat lain. Tetapi, apakah suplemen minyak ikan dapat memberikan manfaat anti peradangan yang bisa didapatkan dari omega 3 alami dari ikan?

Untuk membuktikannya, dilakukan penelitian yang telah diterbitkan dalam jurnal Metabolism Australia. Para peneliti di Universitas Wollongong membagi 29 orang berkelebihan berat badan menjadi dua grup. Kelompok pertama memakan 590 gram ikan per minggu selama satu bulan, sementara kelompok lain menelan suplemen harian yang mengandung hampir 2.000 mg omega3.

Sebelum dan setelah periode penelitian, para peneliti mengukur tingkat hormon adiponectin masing-masing orang. Hormon tersebut pada penelitian sebelumnya dikaitkan dengan inflamasi yang lebih rendah.

Hasil yang ditemukan yaitu jumlah total hormon adiponectin melonjak 12 persen pada kelompok yang memakan ikan, sementara yang makan suplemen tidak mengalami kenaikan jumlah hormon itu. Ini penting karena rendahnya tingkat hormon adiponectin menandakan diabetes tipe 2.

Meskipun temuan ini masih awal, makan ikan tampaknya memberikan keuntungan yang lebih besar bagi anti peradangan dibanding suplemen minyak ikan yang kini bermunculan di pasaran, demikian menurut salah satu peneliti, Elizabeth Neale.

Mengapa? Itu karena ikan sarat dengan nutrisi lain, termasuk vitamin D, protein dan selenium yang seluruhnya memiliki manfaat kesehatan yang signifikan. Neale percaya bahwa sinergi dari semua bahan pada ikan lebih efektif daripada minyak ikan, yang dinilai hanya memiliki satu gizi.

Suplemen minyak ikan (sumber: betternutrition.com)

Suplemen minyak ikan (sumber: betternutrition.com)

Dengan begitu, apakah kemudian Anda tidak disarankan untuk mengonsumsi suplemen omega 3 (minyak ikan)? Menurut peneliti Neale, jawabannya tentu saja tidak. Hal itu dikarenakan ada sejumlah besar bukti yang menyoroti manfaat dari omega-3 baik dari ikan utuh dan dari suplemen.

Meskipun makan ikan salmon dapat memberikan lebih banyak bantuan anti peradangan, Neale mengatakan bahwa ada sebagian besar orang yang tidak mampu makan ikan dalam jumlah cukup besar secara teratur. Sehingga suplemen adalah cara praktis untuk meningkatkan asupan omega-3.

Bagi mereka yang tidak bisa (atau tidak suka makan ikan), peneliti merekomendasikan agar mereka makan suplemen omega-3 setiap hari, atau makan makanan seperti kenari dan biji rami yang juga merupakan sumber omega 3.

Minyak Ikan Salmon

Di pasaran, telah banyak suplemen minyak ikan yang hadir dalam berbagai merek. Setiap merek minyak ikan diklaim memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan. Minyak ikan yang mengandung omega 3 memang biasanya dibanderol dengan harga yang relatif mahal. Namun, mengingat khasiatnya yang baik untuk tubuh, kiranya harga minyak tersebut sesuai dengan manfaat yang didapat.

Di sejumlah apotek, terdapat beberapa merk produk minyak salmon, misalnya Circle Salmon Omega 3-6-9 yang dibanderol dengan harga Rp253.300. Kemudian, G.Bear All Natur Salmon Omega 3 dijual seharga Rp348.000. Serta merek Sea Quil Omega 3 Salmon ditawarkan dengan harga cukup mahal yakni Rp480 ribuan untuk kemasan botol isi 100 butir softgel suplemen.

[Update: Galih]

Baca juga  Update Info Harga, Manfaat, Cara Penggunaan, dan Efek Samping Bedak Herocyn
loading...
author
Literatur akuntansi sudah digeluti hingga pendidikan pascasarjana. Bagiku ini adalah seni pencatatan dan pengikhtisaran transaksi keuangan dan penafsiran akibat suatu transaksi terhadap suatu unit ekonomi.

Leave a reply "Update Harga Minyak Ikan Salmon & Manfaatnya Untuk Kesehatan"