Info Terkini Tarif (Biaya) Pemasangan Listrik Baru

19 comments 38576 views

Kebutuhan saat ini sudah menjadi hal yang pokok yang harus dimiliki oleh rumah, sekolah, maupun . Bisa dibayangkan jika rumah atau Anda tidak memiliki jaringan listrik untuk memenuhi kebutuhan energi tiap hari.

pemasangan listrik - www.rumahku.com

pemasangan listrik - www.rumahku.com

Di Indonesia sendiri, pasokan listrik dikendalikan oleh Perusahaan Listrik (PLN). Sementara, warga atau yang menggunakan energi listrik dari PLN diwajibkan membayar rekening listrik sesuai dengan kapasitas pemakaian masing-masing bangunan.

Dengan makin meningkatnya kebutuhan manusia, terutama kebutuhan sekunder, maka pasokan listrik yang dibutuhkan pun lebih banyak. Karena itu, tak heran jika banyak masyarakat yang mengajukan peningkatan daya listrik untuk kebutuhan rumah tangga mereka.

Untuk pemasangan baru, tarifnya tentu saja bervariasi tergantung kondisi jaringan yang ada di lokasi. yang bervariasi ini juga terkait apakah PLN harus membuat jaringan baru. Jika sudah ada jaringan, apakah komponen-komponennya telah mendukung atau tidak. Misalnya, lokasi rumah calon pelanggan jauh dari trafo terdekat, tentunya PLN akan menambahkan trafo.

Baca juga  Info Terbaru Biaya Pasang, Bongkar, dan Perawatan (Service) AC

Karena itu, untuk estimasi biaya, calon pelanggan bisa menghubungi PLN di Call Center 123 untuk melakukan registrasi. Nantinya, akan ada petugas yang melakukan pengecekan kondisi jaringan di lokasi. Dari pengecekan itu, biaya akan disesuaikan dengan kebutuhan jaringan dan calon pelanggan.

Sementara untuk biaya penyambungan sendiri, PLN menerapkan Peraturan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral RI Nomor 33 tahun 2014 tentang tingkat mutu pelayanan dan biaya yang terkait dengan penyaluran tenaga listrik oleh PT PLN (Persero). Berikut biaya yang dibutuhkan untuk pemasangan listrik baru.

  • Daya tersambung sampai dengan 450 VA: Rp421.000.

  • Daya tersambung sampai dengan 900 VA: Rp843.000.

  • Daya tersambung 1.300 VA: Rp1.218.000.

  • Daya tersambung 2.200 VA: Rp2.062.000.

Biaya tersebut di luar biaya pembelian stroom perdana, biaya materai, dan SLO. Pembayaran biaya pemasangan ini dapat dilakukan di loket resmi PPOB, Kantor Pos, ATM, Alfamart dan Indomaret.

Baca juga  Info Update Biaya Pembuatan SIUP Baru di Jakarta

Pengajuan pemasangan sambungan baru, selain dapat dilakukan melalui saluran Call Center PLN 123, juga dapat dilakukan dengan mendatangi Kantor Pelayanan PLN terdekat dengan membawa:

  • Fotokopi kartu identitas pemilik/pengguna bangunan (KTP/SIM) yang masih berlaku.

  • Denah/peta lokasi bangunan (diperlukan untuk memudahkan dalam proses survei lapangan).

  • Surat Kuasa bila pengajuan permohonan diwakilkan.
Loading...
author
Anak band yang gak suka nonton boyband. Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Pernah dipaksa baca berita infotainmen tiap hari sampai akhirnya memutuskan lebih suka info teknologi yang lebih sedikit gosip.
  1. author

    zainal abidin10 bulan ago

    Asst numpang tanya saya mau nyambung listirk tapi saya tanya kemaren dikantor PLN untk 1300 v biayanya 1,5 juta, apakah tidak ada biaya tertera secara nasional bahwa untuk penyambungan listrik misalnya utk yg 900 V biaya 800 rbu, 1300 V 1,2 juta, tolong konfirmasinya atau jawabannya!

    Reply
    • author

      redaktur10 bulan ago

      Peraturan tentang hal itu sudah ada, yaitu peraturan Menteri ESDM nomor 33/2014, selengkapny bisa dilihat juga di http://harga.web.id/biaya-pemasangan-sambungan-baru-listrik-900-va.info

    • author

      hamdanzae5 bulan ago

      saya mau tanya, kalo pasang kwh 1300, dan jarak dri bangunan ke tiang sekitar 100 meter, apa itu dikenakan biaya tambahan kabel, apa kabel sepenuh nya dari PLN, terimakasih.

  2. author

    tommy10 bulan ago

    Saya mau nanya… saya sekarang menempati sebuah bangunan & ternyata meteran listriknya dibawa pemilik bangunan sebelumnya… saat ini bangunan yg saya tempatin tidak memiliki meteran listri… jdi selama ini saya menggunakan listrik langsung tanpa meteran.. saya mau pasang meteran tpi saya takut disalahkan… bagaimana ini bagusnya???

    Reply
    • author

      redaktur9 bulan ago

      Lebih baik ajukan pemasangan baru, berikut bukti pendukung bahwa bangunan telah berpindah kepemilikan.

  3. author

    Heru7 bulan ago

    Berapa lama kah waktu pemasangan listrik baru?2hari yg lalu bangunan sudah di survey di d tempel stiker,tapi sampai saat ini belum ada konfirmasi lanjutan dari PLN?padahal instalasi bangunan sudah ready,mohon pencerahannya

    Reply
    • author

      redaktur2 bulan ago

      Pemasangan instalasi listrik bagi calon pengguna tak lebih dari 40 hari sejak biaya pemasangan telah selesai dibayarkan.

  4. author

    Alwin6 bulan ago

    saya mau pasang listrik baru didesa karang sari krajan blok mesjid Kec.Pulosari Kab.Pemalang.,berapa hari yaa sampai terpasang kwh nya

    Reply
    • author

      redaktur2 bulan ago

      Menurut Kementerian ESDM, lamanya pemasangan listrik baru maksimal 40 hari sejak biaya pemasangan telah selesai dibayarkan.
      Bila sampai masa tersebut masih belum dipasang, silakan hubungi Callcenter 123 untuk ditindaklanjuti.

  5. author

    triyuli5 bulan ago

    mau tanya masih ada kah pasang baru 450, kmrn denger2 sdh g ada. Rumah ortu saya 2 lantai, sdh psg 900 va rencana yg atas mau psag bru lg…TRimss

    Reply
  6. author

    iwan4 bulan ago

    pagi saya mau menanyakan jika pasang listrik baru dengan VA 1300 apa saja yang saya dapatkan dari fasilitas tersebut.trx

    Reply
    • author

      redaktur2 bulan ago

      PLN hanya memasang saluran dan meter listrik saja, sedangkan instalasi kabel di rumah adalah tanggungjawab pemilik bangunan. Karena itu, sebelum dipasangi listrik calon pelanggan harus membuktikan kelaikan jaringannya dengan SLO (Sertifikat Laik Operasi).

  7. author

    Henda olam risyana2 bulan ago

    Barusan ke kantor PLN untuk pemasangan baru 450va digunakan untuk usaha kecil,
    Petugas meminta 1.2jt
    Sedangkan untuk 900va meminta 1.65jt
    Saya bertanya bukankah hanya 500rb dan 800rb
    Menurut mereka untuk biaya instalasi,tapi saya ngak usah ada instalasi karena untuk studio musik yang instalasinya bisa oleh sendiri.
    Mohon penjelasannya

    Reply
    • author

      redaktur2 bulan ago

      Listrik dengan daya di bawah 1300VA menurut ketentuannya adalah listrik bersubsidi, aturan pemasangan dan penggunaannya harus sesuai dengan ketentuan dari pemerintah. Lihat http://www.pln.co.id/2011/03/listrik-prabayar/

  8. author

    Nia1 bulan ago

    Saya sh mendaftar utk pemasangan listrik baru, sdh saya bayar tgl 14 November 2016, tapi sampai saat ini tdk ada satupun org/petugas dari PLN datang kerumah saya, Jangankan datang, Telepon saja tidak. Saya sdh 3 kali telepon ke 123 tapi sama sekali tidak ada respon sampai saat ini. Sebenernya kalau kita telepon ke 123 di tindaklanjuti atau tidak sih? saya sampai 3 kali tlp tdk ada progres sama sekali, saya komplain petugas selalu minta nmaaf atas ketidaknyamanan tapi tidak ada tindakan apa2. Apa karena saya mendaftar listrik yang 900 W (Subsidi) makanya di lama2in? sedangklan tetangga saya pasang yg 1300 tdk sampai seminggu lsg dipasang? Saya sangat sangat sangat kecewa dengan pelayanan PLN

    Reply
  9. author

    bana1 bulan ago

    saya mau masang sambungan listrik baru, tapi alamat ktp saya tidak sama dengan alamat rumah baru saya yg akan saya sambungkan listrik berbeda kecamatan, apakah bisa,?

    Reply
    • author

      redaktur1 bulan ago

      Bisa. Sertakan bukti kepemilikan atas properti tersebut.

  10. author

    Devy4 minggu ago

    selamat siang bu.,
    saya mau menanyakan tentang pemasangan baru 1300VA.
    saya mendaftar melalui call center 123, dan telah membayar biayanya.
    kemudian petugas datang dan memasang kilometernya namun belum diaktifkan,
    beberapa hari kemudian, petugas datang kembali dan hendak mengaktifkan kilometernya namun meminta biaya kembali sebesar Rp. 2.500.000.
    dikarena saya belum memiliki SLO (Sertifikat Layak Operasi).
    Apa benar harga SLO tersebut seperti itu..?
    mohon dibantu kira2 harga SLO sekitar berapa..
    Terimakasih

    Reply
    • author

      redaktur4 minggu ago

      SLO merupakan sertifikasi yang dikeluarkan lembaga surveyor swasta, dengan biaya yang tentunya bervariasi.
      Sebenarnya, SLO dulu – untuk verifikasi kelaikan jaringan pelanggan. Baru setelah SLO keluar, PLN dapat memasang saluran listrik.

Leave a reply "Info Terkini Tarif (Biaya) Pemasangan Listrik Baru"