Harga Gula Merah Perkilo di Pasaran

No comment 335 views

merah atau yang disebut dengan jawa adalah yang terbuat dari getah atau cairan dari tanaman tertentu yang cukup banyak mengandung . Sumber untuk pembuatan ini bisa ditemukan di dalam tumbuhan tebu, aren, kelapa sawit hingga kurma.

Umumnya, gula merah ditemukan di -negara Asia, seperti , Myanmar, Malaysia, Sri Lanka, hingga Pakistan dan Bangladesh. Masyarakat barat tidak banyak mengenal gula merah ini.

Gula Merah - www.berrykitchen.com

Gula Merah - www.berrykitchen.com

Gula berbahan dasar getah kuncup bunga kelapa ini sudah dikenal masyarakat Indonesia sejak zaman dahulu sebagai pemanis alami maupun bumbu masak. Gula merah memiliki rasa yang manis, seperti gula putih. Bahkan lebih manis dan lebih legit daripada gula biasa. Manfaat gula merah selama ini juga diyakini lebih baik dibandingkan dengan gula putih, apalagi setelah diketahui bahwa gula merah memiliki angka Indeks Glikemik yang relatif rendah, sekitar 35 meski ada yang melaporkan sekitar 54 kadar IG nya. Indeks Glikemik merupakan angka yang menggambarkan dampak makanan tertentu terhadap peningkatan kadar gula darah seseorang.

Makanan dengan angka IG yang tinggi, antara lain gula jagung tinggi fruktosa, kentang, beras putih, roti putih dan ubi. Indeks Glikemik tinggi berada di atas angka IG 70. Sedangkan untuk Indeks Glikemik rendah berada pada angka 55 ke bawah. Contoh makanan rendah gula adalah kacang merah, kacang hitam, kacang polong, serta biji-bijian dan gandum .

Dengan angka Indeks Glikemik yang tergolong rendah, gula merah dianggap dapat menjadi pilihan yang lebih baik bagi pasien diabetes dibandingkan dengan gula putih. Gula merah aman dikonsumsi diabetes, namun tetap memperhatikan batasan. Meskipun angka IG yang rendah, bukan berarti gula merah dapat dikonsumsi dengan bebas.

Hal tersebut berkenaan dengan kalori dan kandungan karbohidratnya hampir setara dengan gula putih, yaitu sekitar empat gram karbohidrat dan 15 kalori per sendok teh. Terlebih lagi, kita harus telaah kembali manfaat gula merah yang beredar di karena bisa saja sudah dicampur dengan gula tebu dan bahan lainnya yang bisa indeks glikemiknya tinggi. Oleh karena itu, kuncinya adalah bila ingin menggunakan gula merah sebagai pemanis, konsumsilah dalam jumlah terbatas.

Gula Merah - www.erabaru.net

Gula Merah - www.erabaru.net

Jika Anda penderita diabetes dan betul-betul sedang ingin menyantap camilan manis, Anda bisa memilih makanan alternatif yang sehat, seperti salad buah atau buah segar. Bila Anda tetap ingin memakai gula, apa pun jenis gulanya, perhatikan jumlah karbohidrat total di label . Dengan begitu, Anda bisa menyesuaikan kembali rencana diet harian Anda sesuai dengan jumlah perhitungan karbohidrat yang diperbolehkan.

Selain dianggap lebih bagus untuk dikonsumsi penderita diabetes, gula merah tidak hanya digunakan sebagai bahan pemanis pada makanan atau minuman, tetapi juga dapat menjadi obat penawar untuk banyak penyakit. Manfaat gula merah untuk kesehatan seperti mencegah sembelit, mencegah anemia, meningkatkan kekebalan tubuh, kesehatan kulit, dan masih banyak lagi.

Mengurangi nyeri saat menstruasi

Banyak wanita menahan rasa sakit yang terjadi selama siklus menstruasi mereka. Jika anda juga memiliki masalah ini, dengan mengkonsumsi gula merah dapat membantu anda dalam mengurangi rasa sakit pramenstruasi. Setidaknya konsumsilah sekali sehari.

Mengurangi nyeri pada sendi

Jika anda menderita nyeri sendi, konsumsilah gula merah. Mengkonsumsi gula merah dengan sepotong jahe secara rutin dapat membantu anda dalam mengatasi nyeri sendi. Gula merah juga baik untuk penderita migrain juga.

Memberikan tambahan energi

Ketika anda merasa lelah, mengkonsumsi gula merah dapat menjadi solusinya. Gula merah dapat menyediakan energi secara instan. Hal terbaik tentang gula merah adalah bahwa gula merah dapat dicerna dan diserap secara bertahap yang pada akhirnya tidak akan menaikkan tingkat gula darah secara singkat.

Membersihkan saluran pernapasan

Sejak zaman dahulu gula merah digunakan untuk memperbaiki dan membersihkan lendir berlebihan pada saluran pernapasan, tenggorokan serta paru-paru di India. Gula merah juga digunakan sebagai bahan baku ramuan untuk mengobati pilek dan batuk.

Meningkatkan suhu tubuh

Ketika ramuan dari gula merah diminum pada musim dingin, justru mampu meningkatkan serta menghangatkan tubuh. Hal ini terjadi karena kandungan glukosa dalam gula merah merangsang metabolisme tubuh, sehingga suhu tubuh ikut meningkat.

Memiliki efek mendinginkan tubuh

Gula merah yang terbuat dari aren memiliki efek mendinginkan tubuh secara alami. Di India gula merah sering dilarutkan dengan air dan diminum secara rutin selama musim panas. Cara seperti ini dipercaya secara turun temurun mampu mendinginkan tubuh.

Mencegah penyakit kanker

Gula merah juga mengandung berbagai senyawa yang bersifat antioksidan alami. Antioksidan sangat dibutuhkan dalam mengurangi kadar radikal bebas dalam tubuh. Dengan mengkonsumsi gula merah secara rutin, maka anda akan terhindar dari kanker maupun penuaan dini.

Baik untuk ibu setelah melahirkan

Kebanyakan para ibu-ibu yang usai melahirkan akan dianjurkan untuk mengkonsumsi gula merah. Gula merah mampu memberikan energy yang cukup untuk memulihkan tenaga serta mempercepat proses penyembuhan setelah melahirkan. Selain itu gula merah juga mampu mencegah terjadinya pembekuan darah. Namun sebaiknya jangan mengkonsumsi gula merah secara berlebihan.

Memiliki efek menenangkan tubuh

Gula merah juga memiliki efek menenangkan tubuh. Gula merah mengandung mineral selenium yang cukup tinggi. Mineral selenium dapat melemaskan otot maupun saraf dalam tubuh kita, sehingga membuat kita merasa lebih rileks. Mengkonsumsi gula merah pada malam hari sebelum tidur juga mampu mencegah terjadinya insomnia.

Meskipun tidak terdapat efek samping dari mengkonsumsi gula merah, tetapi gula merah mengandung kalori yang sedikit tinggi. Oleh karena itu, bagi orang-orang yang sedang melakukan diet penurunan berat badan atau penderita diabetes, harus mengontrol konsumsi gula merah ini karena dapat menyebabkan kenaikan berat badan dan fluktuasi kadar gula darah. Gula merah dapat dengan mudah didapatkan di pasar tradisional maupun pusat perbelanjaan lainnya.

Baca juga  Daftar Produk dan Harga Minyak Urang Aring
Jenis Gula Merah Harga
Gula merah dakon Rp11.000 per kilo
Gula merah koin Rp11.800 per kilo
Gula merah batok Rp11.650 per kilo
Gula merah asli Rp12.000 per kilo
Gula ceplik Rp11.000 per kilo

Harga tersebut dapat berubah sewaktu-waktu.

Jika dilihat dari kemasannya, kemasan gula merah memang banyak sekali macamnya. Namun dari permintaan pasar, jenis kemasan gula merah yang sering dipakai adalah dari plastik kemasan 10 kilogram  dan dus isi 10 kilogram.

loading...
author

Leave a reply "Harga Gula Merah Perkilo di Pasaran"