Update Harga Jual dan Beli 1 Dinar Hari Ini

No comment 4372 views

Dinar merupakan nama mata uang yang digunakan beberapa di dunia, umumnya di -negara dengan mayoritas penduduk berbahasa Arab. Kata dinar ini berasal dari kata denarius, sebuah mata uang Romawi. Beberapa yang menggunakan mata uang dinar di antaranya Aljazair, Bahrain, Kuwait, Libya, Makedonia, Yordania, dan Tunisia.

Dinar - www.breitbart.com

Dinar - www.breitbart.com

Di dalam hukum syariah Islam, juga dikenal dinar emas. Dinar emas adalah uang emas murni yang memiliki berat 1 mitsqal atau setara dengan 1/7 troy ounce. Sementara, dirham perak Islam berdasarkan ketentuan Islamic Mint Nusantara (IMN) memiliki kadar perak murni dengan berat 1/10 troy ounce, atau setara dengan 3,11 gram.

Koin dinar dicetak dan didistribusikan oleh beberapa pihak. koin dinar emas dan dirham perak berbeda-beda sesuai pencetaknya. Berikut beberapa koin dinar yang dicetak hingga saat ini.

  • Dinar Dubai, dicetak oleh Uni Emirat Arab dengan desain Masjid Nabawi di Madinah, sedangkan koin dirham menggunakan desain Masjidil Haram di Mekah.
  • Dinar Kelantan, dicetak dengan desain simbol bagian Kelantan, Malaysia. Dinar dan dirham sudah menjadi mata uang di wilayah ini, selain ringgit.
  • Dinar Wakala Induk Nusantara, hadir dalam dua seri, yaitu seri haji dan seri nusantara. Untuk seri haji, mirip dengan dinar yang dicetak di Dubai. Selain itu, Wakala Induk Nusantara juga mengedarkan koin dari Kesultanan Cirebon dan Kesultanan Ternate.
  • Dinar IMN, dicetak pertama kali di Indonesia pada tahun 2000. Pada tahun 2010, IMN mengeluarkan hasil penelitian sejarah, fikih, dan timbangan mitsqal yang diikuti dengan Fatwa Atas Berat dan Kadar Untuk Dinar dan Dirham. Dinar dan dirham dinyatakan murni, 1 mistqal adalah 4.44 gram (1/7 troy ounce) dan 1 dirham adalah 3.11 gram (1/10 troy ounce).
  • Dinar Logam Mulia, dicetak oleh PT Logam Mulia dengan desain Masjidil Haram di Mekah.
  • Dinar 24 Karat, juga dicetak PT Logam Mulia dengan kadar 24 karat dengan desain berupa tulisan.
  • Dinar Perhimpunan BMT Indonesia, dicetak dengan satuan berat 4,444 gram dengan kemurnian 9999.
Baca juga  Info Tarif Tol Jakarta-Bandung Tahun 2017 via Cipularang

Dengan nilai investasi yang tergolong tinggi, dinar menjadi pilihan investasi yang banyak dilakukan berbagai kalangan, selain emas. Untuk saat ini, jual 1 dinar adalah Rp2.107.073, sedangkan beli 1 dinar adalah Rp2.022.790. Sementara, jual 1 dirham adalah Rp65.339, sedangkan beli 1 dirham adalah Rp62.725.

loading...
author
Anak band yang gak suka nonton boyband. Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Pernah dipaksa baca berita infotainmen tiap hari sampai akhirnya memutuskan lebih suka info teknologi yang lebih sedikit gosip.

Leave a reply "Update Harga Jual dan Beli 1 Dinar Hari Ini"