Info Kisaran Biaya Tes DNA Terbaru

No comment 28728 views

atau deoxyribonucleic acid merupakan salah satu tes yang reliabel untuk mengetahui kaitan hubungan darah seseorang. Struktur pertama kali diperkenalkan oleh Francis Crick, seorang ilmuwan dari Inggris dan James Watson dari Amerika Serikat pada tahun 1953 silam.

Tes DNA - life.viva.co.id

Tes DNA - life.viva.co.id

Di luar negeri, tes semacam ini sudah tersedia dengan bebas di berbagai atau rumah sakit, bahkan ada pula yang mempromosikan tes DNA secara online yang dapat dilakukan dengan mudah hanya dengan mengirimkan sampel air liur atau saliva ke pengujian DNA tertentu.

Sayangnya, di negara kita, Indonesia, tes DNA masih jarang dibuka untuk umum karena harganya yang tergolong mahal dan sebagian besar tes DNA digunakan untuk kepentingan penyidikan polisi terhadap kasus-kasus tertentu.

Walau tingkat akurasi tes DNA dapat mencapai 100%, pemeriksaan ini tak dapat dilakukan hanya dengan bermodal 1 sampel saja. Misalnya apabila Anda ingin mengetahui relasi apakah si A memang benar anak si B (ibu), maka sampel DNA yang dibutuhkan harus dari si A, si ibu, dan si ayah, total 3 sampel. Namun Anda juga bisa mengetahui relasi seorang anak dengan sang ibu saja atau sang ayah saja, tergantung kebutuhan.

Baca juga  Biaya Kursus Stir (Mengemudi)Mobil di Jakarta

Di Tanah Air hanya ada beberapa lembaga yang mampu mengadakan tes DNA, di antaranya adalah Laboratorium Pusdokkes Polri. Lab Pusdokkes Polri yang terletak di Jakarta Timur ini membanderol tes DNA dengan sekitar Rp 5 juta untuk satu kali tes. Sementara itu dalam suatu identifikasi bisa dilakukan uji coba hingga 5 kali, sehingga tes DNA bisa memakan hingga Rp 25 juta – Rp 50 juta.

Nama Lembaga Kisaran Biaya Tes DNA
Polri & Eijkman Institue Rp 5 juta per tes
Division of Human Genetics Center for Biomedical Research Fakultas Kedokteran UNDIP Semarang Rp 8 juta – Rp 12 juta per tes
DNA-Worldwide Rp 1,69 juta – Rp 25,5 juta per tes

Lab Pusdokkes Polri sejak tahun 2005 silam telah bekerjasama dengan Lembaga Eijkman dalam penyelenggaraan tes DNA untuk kebutuhan forensik. Eijkman Institute merupakan sebuah lembaga penelitian yang mengkhususkan kajiannya pada bidang molekular biologi.

Baca juga  Update Biaya Pajak dan Non-Pajak dalam Proses Balik Nama Mobil Bekas

Kemudian ada pula lembaga lain yang dapat melakukan pemeriksaan DNA di Indonesia, yakni di Division of Human Genetics Center for Biomedical Research Fakultas Kedokteran UNDIP Semarang. Sayangnya, biaya yang perlu Anda keluarkan untuk melakukan tes DNA di sana juga cukup mahal, berkisar antara Rp 8 juta hingga Rp 12 juta sekali tes.

Pihak Division of Human Genetics Center for Biomedical Research Fakultas Kedokteran UNDIP Semarang bekerjasama dengan salah satu lembaga di Australia dan pemeriksaan DNA harus dilakukan kepada anak, ibu, dan ayah. Untuk mengetahui hasil tes DNA pun Anda perlu menunggu dalam jangka waktu yang cukup lama, sekitar 1-3 bulan, tergantung di mana Anda melakukan pemeriksaan DNA tersebut.

Sedangkan di luar negeri, misalnya saja lembaga DNA-Worldwide membuka tes DNA dengan yang cukup bervariasi mulai dari £ 99 (Rp 1,69 juta) hingga £ 1,495 (Rp 25,5 juta). Lembaga asal Inggris ini menawarkan jangka waktu penerimaan hasil yang cukup cepat, antara 3-10 hari kerja.

Baca juga  Tarif Resmi Terbaru Biaya Penerbitan dan Perpanjangan STNK
loading...
author
Pengamat produk dan harga komoditas. Saat ini tinggal di Kota Malang.

Leave a reply "Info Kisaran Biaya Tes DNA Terbaru"