Update Info Terbaru Biaya Fiskal ke Luar Negeri (FLN)

No comment 10594 views

Sebagian besar Indonesia tentunya memiliki cita-cita untuk dapat bepergian ke bahkan melanjutkan studi ke . Namun masih banyak orang yang tidak mengetahui apa saja yang diperlukan agar bisa berangkat ke . Apakah saat akan berangkat ke kita akan dikenai atau fiskal?

Biaya Fiskal ke Luar Negeri - kesiniaja.com

Biaya Fiskal ke Luar Negeri - kesiniaja.com

Nah, beberapa dari Anda mungkin masih belum mengetahui apa itu biaya fiskal luar negeri alias FLN. Fiskal Luar Negeri merupakan pajak penghasilan yang wajib dibayarkan oleh wajib pajak orang pribadi dalam negeri (Indonesia) yang akan pergi ke luar negeri sesuai dengan peraturan perundang-undangan perpajakan.

Sebelumnya, pada periode 1 Januari 2009 sampai 31 Desember 2010 para Wajib Pajak Orang Pribadi yang tak memiliki NPWP (Nomor Pajak Wajib Pajak) dan telah memasuki usia 21 tahun yang hendak bertolak ke luar negeri akan dikenai biaya fiskal. Besaran nominal pajak atau fiskal luar negeri yang dikenakan senilai Rp 2,5 juta bagi mereka yang bepergian dengan menggunakan udara dan Rp 1 juta bagi mereka yang bepergian ke luar negeri dengan menumpang angkutan laut.

Baca juga  Tarif Layanan Go-Food di Seluruh Indonesia

Akan tetapi, Direktorat Jenderal Pajak (DJP) memutuskan untuk membebaskan biaya Fiskal Luar Negeri (FLN) untuk Wajib Pajak Orang Pribadi dalam negeri yang tidak memiliki Nomor Pajak Wajib Pajak (NPWP) dan telah berusia 21 tahun yang akan pergi ke luar negeri mulai 1 Januari 2011 lalu.

Peraturan baru ini tertuang dalam Surat Edaran Direktur Jenderal Pajak Nomor SE-141/PJ/2010 tanggal 17 Desember 2010. Ketentuan tentang tak dipungutnya biaya fiskal luar negeri sendiri telah diatur dalam pasal 25 ayat (8a) dalam UU No. 36 tahun 2008 tentang pajak penghasilan.

Dengan adanya peraturan baru ini, tentunya Anda menjadi lebih leluasa untuk berlibur ke luar negeri. -dokumen yang dibutuhkan untuk bepergian ke luar negeri pun menjadi lebih ringkas. utama yang perlu Anda penuhi tentunya adalah . merupakan dokumen yang dikeluarkan oleh pejabat berwenang dalam hal ini adalah kantor imigrasi yang berisi identitas pemegangnya dan berlaku untuk melakukan perjalanan antar negara. menjadi dokumen yang wajib Anda miliki dan Anda bawa jika hendak terbang ke luar negeri.

Baca juga  Info Lengkap Tarif (Ongkir) & Alamat Cabang Adam Cargo di Indonesia

Selain paspor, dokumen lain yang perlu Anda siapkan adalah visa. Visa merupakan dokumen yang dikeluarkan negara dan berfungsi sebagai izin masuk ke suatu negara dalam periode waktu dan tujuan tertentu. Bagi Anda yang hendak berlibur ke negara-negara di kawasan Asia Tenggara tak perlu khawatir dengan visa, sebab negara-negara di Asia Tenggara sepakat untuk menerapkan bebas visa untuk seluruh penduduk Asia Tenggara. Tetapi jika Anda hendak berlibur ke kawasan di luar Asia Tenggara seperti Jepang, Korea Selatan, Amerika, atau Eropa, maka Anda wajib untuk mengurus visa terlebih dahulu.

loading...
author
Pengamat produk dan harga komoditas. Saat ini tinggal di Kota Malang.

Leave a reply "Update Info Terbaru Biaya Fiskal ke Luar Negeri (FLN)"