Update Harga Acyclovir Tablet 200 mg Kimia Farma dan Merk Lainnya

Jika ada benjolan berisi air yang berwarna kemerahan dan gatal tak tertahankan, bisa jadi itu adalah gejala cacar atau herpes. Untuk mengatasi gejala seperti ini, biasanya dokter akan meresepkan obat acyclovir tablet 200 mg yang tersedia dalam berbagai merk dagang, seperti Kimia Farma dan brand lainnya. Obat ini bisa Anda tebus di apotek dengan harga relatif terjangkau.

Ilustrasi: pil obat (sumber: pahilokitab.com)
Ilustrasi: pil obat (sumber: pahilokitab.com)

Indikasi Acyclovir Tablet 200 mg

Penyakit herpes adalah penyakit kulit yang gejalanya lebih sering muncul di rongga mulut dan disebabkan oleh virus herpes atau biasa dikenal dengan nama HSV. Penyakit ini terbilang cukup berbahaya, karena bisa ditularkan secara langsung melalui kontak dari individu yang terinfeksi ke individu yang sehat.

Bacaan Lainnya

Infeksi HSV ditandai dengan timbulnya luka dan benjolan yang mirip dengan jerawat batu, hanya saja lebih merah dan meradang. Bagian kulit yang terinfeksi biasanya akan terasa gatal dan sensasi terbakar. Pada beberapa kasus, ditemukan pasien yang mengalami demam dan pembengkakan kelenjar getah bening di bagian leher. Untuk mengatasi penyakit ini, Anda membutuhkan obat antivirus seperti acyclovir dan biasanya dokter akan memberikan obat tablet dengan dosis 200 mg.

Baca juga  Info Terbaru Harga Allopurinol 100 mg dan 300 mg (Tablet, Strip, Box)

Acyclovir tablet 200 mg merupakan salah satu jenis obat antivirus yang diberikan kepada pasien untuk terapi penyakit herpes.[1] Meskipun begitu, sediaan farmasi ini tidak membunuh virus yang ada di dalam tubuh, melainkan hanya menurunkan kemampuan virus supaya gejala tidak kambuh atau semakin parah.

Kemampuan virus yang menurun akan membantu meningkatkan serta menguatkan daya imun tubuh. Sehingga, virus dapat diatasi secara langsung dan tidak menyebabkan gejala lanjutan. Pemberian obat ini biasanya diimbangi dengan suplemen atau multivitamin khusus untuk menjaga sekaligus meningkatkan daya imun. Selain memiliki indikasi untuk penyakit herpes, acyclovir juga dipakai untuk mengatasi cacar air yang parah.

Acyclovir tablet termasuk jenis obat oral kategori B, yakni jenis obat yang telah diuji secara lab dengan penelitian terhadap hewan percobaan, dan tidak memperlihatkan risiko terhadap janin. Meskipun begitu, ibu hamil dan menyusui dianjurkan untuk mempertimbangkan penggunaan obat secara risiko dan manfaat penggunaannya.

Dosis Acyclovir Tablet

  • Acyclovir tablet 200 mg termasuk jenis obat keras yang dosisnya disesuaikan dengan kondisi pasien. Secara umum, untuk orang dewasa yang mengidap herpes dianjurkan minum obat ini sebanyak lima kali setiap empat jam sekali selama lima hingga sepuluh hari. Pasien dapat menaikkan dosisnya hingga dua kali lipat jika dosis pertama tidak efektif.
  • Anak-anak usia di bawah dua tahun dengan riwayat herpes dianjurkan mengonsumsi separuh dosis orang dewasa, sedangkan anak-anak berumur dua tahun ke atas boleh minum obat dengan dosis sama seperti dosis orang dewasa.
  • Untuk mengobati cacar atau biasa dikenal dengan nama zoster, orang dewasa dianjurkan minum dua kali empat tablet acyclovir 200 mg sebanyak lima kali dalam sehari. obat ini selama tujuh hingga sepuluh hari untuk hasil yang optimal.
  • Untuk mengobati cacar air pada orang dewasa, dosisnya sama seperti untuk mengobati cacar ular. Sementara itu, untuk anak usia dua tahun ke atas, bisa menggunakan perhitungan 20 mg per kg BB sebanyak empat kali per hari selama lima hari.
Baca juga  Update Harga Nebulizer Philips dan Merk Lain untuk Terapi Asma
Acyclovir tablet 200 mg (sumber: bukalapak)
Acyclovir tablet 200 mg (sumber: bukalapak)

Bagi Anda yang membutuhkan acyclovir tablet 200 mg, tidak sulit mendapatkan obat ini. Pasalnya, Anda sudah bisa membelinya di berbagai apotek atau toko obat. Bahkan, tidak sedikit yang menjualnya lewat platform jual beli online. Bisa dibeli per tablet atau per strip, harga acyclovir tablet 200 mg termasuk murah, dan berikut referensinya untuk Anda.

Harga Acyclovir Tablet 200 mg

Merk Acyclovir Tablet 200 mg Harga
Acyclovir Yarindo Rp720 per tablet
Acyclovir Acifar Rp721 per tablet
Acyclovir Novell Rp816 per tablet
Rp7.400 per strip
Acyclovir Kimia Farma Rp800 per tablet
Rp6.000 per strip
Acyclovir Indofarma Rp924 per tablet
Rp8.000 per strip
Acyclovir Solinfec Rp1.155 per tablet
Rp9.694 per strip
Acyclovir Clinovir Rp4.950  per tablet
Acyclovir Dexa Rp6.800 per strip
Acyclovir Zoter Rp10.566 per tablet
Rp174.620 per box
Acyclovir Zovirax Rp11.872 per tablet
Rp253.000 per box

harga acyclovir tablet 200 mg di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk sejumlah apotek. Jika dibandingkan penawaran sebelumnya, harga obat ini cenderung stabil. Acyclovir Yarindo misalnya, awalnya dijual Rp719 per tablet dan sekarang menjadi Rp720 per tablet. Sementara itu, harga Acyclovir Zovirax masih tetap Rp11 ribuan per tablet.

Baca juga  Info Terbaru Harga Masker Onemed (Eceran dan Box)

[Update: Panca]

[1] Kusumastuti, Endah. 2016. Gingivostomatitis Herpetika Primer pada Ny. N Usia 32 Tahun. Jurnal Wiyata Bhakti Wiyata, Vol. 3(2): 156-161.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.