Update Terkini Biaya Pendirian CV (Persekutuan Komanditer)

CV atau Commanditaire Vennootschap atau Persekutuan Komanditer adalah suatu persekutuan yang didirikan oleh seorang atau beberapa orang yang memercayakan atau barang kepada seseorang atau beberapa orang yang menjalankan perusahaan. CV ini merupakan bentuk persekutuan yang didasari atas kepercayaan dan cenderung melakukan kegiatan dengan modal terbatas.

CV, persekutuan, komanditer, syarat, relatif, mudah, biaya, bervariasi, kebijakan, masing-masing, jasa, kualifikasi, domisili, surat, fotokopi, IMB, izin, mendirikan, bangunan, notaris, Rp 5.000.000, kategori, kecil

Pendirian CV/Persekutuan Komanditer (softmaker.com)

Dalam perseroan komanditer atau CV ini, terdapat beberapa sekutu yang secara penuh bertanggung jawab atas sekutu lainnya. Kemudian, ada satu atau lebih sekutu yang bertindak sebagai pemasok modal. Sekutu-sekutu yang ada dalam CV ini adalah:

  • Sekutu aktif atau sekutu komplementer, adalah sekutu yang menjalankan perusahaan dan berhak melakukan perjanjian dengan pihak ketiga. Artinya, semua kebijakan perusahaan dijalankan oleh sekutu aktif. Sekutu aktif sering juga disebut sebagai persero kuasa atau persero pengurus.
  • Sekutu pasif atau sekutu komanditer, adalah sekutu yang hanya menyertakan modal dalam persekutuan. Jika perusahaan menderita kerugian, mereka hanya bertanggung jawab sebatas modal yang disertakan. Begitu juga apabila untung, uang yang mereka peroleh terbatas, tergantung modal yang mereka berikan. Status sekutu komanditer dapat disamakan dengan seorang yang menitipkan modal pada suatu perusahaan, yang hanya menantikan hasil keuntungan dari inbreng yang dimasukkan itu, dan tidak ikut campur dalam kepengurusan, pengusahaan, maupun kegiatan usaha perusahaan. Sekutu ini sering juga disebut sebagai persero diam.

Dalam perkembangannya, CV saat ini terdiri dari beberapa bentuk, seperti CV murni, CV campuran, dan CV bersaham. CV murni merupakan bentuk CV yang pertama. Dalam persekutuan ini, hanya terdapat satu sekutu komplementer, sedangkan yang lainnya adalah sekutu komanditer. Sementara, CV campuran umumnya berasal dari bentuk firma, jika firma tersebut membutuhkan tambahan modal. Sekutu firma menjadi sekutu komplementer, sedangkan sekutu tambahan menjadi sekutu komanditer.

Terakhir, CV bersaham, sesuai namanya, merupakan bentuk yang mengeluarkan saham namun tidak dapat diperjualbelikan dan sekutu komplementer maupun sekutu komanditer mengambil satu saham atau lebih. Tujuan dikeluarkannya saham ini adalah untuk menghindari terjadinya modal beku karena dalam CV, tidak mudah untuk menarik modal yang telah disetorkan.

Jika Anda ingin mendirikan suatu CV, yang harus dipenuhi relatif mudah jika dibanding pendirian perusahaan perseroan misalnya. Dalam Pasal 22 KUH Dagang, tidak ada aturan tentang pendirian, pendaftaran, maupun pengumumannya, sehingga CV ini dapat didirikan berdasarkan perjanjian lisan atau sepakat pihak saja.

Namun, dalam praktiknya di Indonesia, pendirian CV biasanya dilakukan melalui notaris sehingga terbit akta pendirian. Syarat-syarat untuk mendirikan suatu CV di antaranya sebagai berikut.

Ilustrasi: Syarat Pendirian CV (credit: litigasi)

Ilustrasi: Syarat Pendirian CV (credit: litigasi)

Syarat Pendirian CV

  • Fotokopi pendukung untuk pengurus sebagai direktur dan persero pasif atau komisaris (KTP, KK, PBB terakhir tempat usaha, surat kontrak jika status adalah kontrak).
  • NPWP pengurus seperti direktur dan persero pasif atau komisaris.
  • Surat keterangan domisili dari pengelola gedung (jika berada di gedung).
  • Pasfoto berwarna, biasanya berlatar belakang merah.

Untuk surat keterangan domisili perusahaan, ada beberapa dokumen yang perlu dilengkapi, antara lain mengisi formulir pengajuan surat tersebut, melampirkan legalitas perusahaan berupa akta pendirian dan SK Menkumham, fotokopi kontrak atau sewa tempat usaha atau bukti kepemilikan tempat usaha, fotokopi IMB (Izin Mendirikan Bangunan), dan juga foto gedung atau ruangan tampak luar dan dalam.

Pembuatan CV

Menyinggung mengenai biayanya, biaya pendirian CV bervariasi, tergantung kebijakan masing-masing jasa serta kualifikasi CV yang bersangkutan. Untuk CV kategori kecil dengan nilai kekayaan maksimal Rp500 juta, biaya pendirian CV berkisar Rp7.500.000, sedangkan biaya pendirian untuk CV dengan nilai kekayaan maksimal Rp10 miliar berkisar Rp8.500.000, dan biaya pendirian CV dengan nilai kekayaan bersih di atas Rp10 miliar berkisar Rp9.500.000. Kisaran biaya pendirian CV tahun 2020 ini tak jauh berbeda dari tahun 2019 lalu.

Namun, ada juga biro jasa yang mematok biaya pendirian CV relatif terjangkau, antara Rp500 ribu – Rp1 juta untuk CV skala kecil, Rp1 juta – Rp1,5 juta untuk CV skala menengah dan cukup besar, dan Rp1,5 juta – Rp2 juta untuk CV skala besar. Besaran biaya pendirian CV di setiap biro jasa bisa berbeda-beda dan mengalami perubahan sewaktu-waktu.

[Update: Dian]

Baca juga  Harga Kuku Bima (Semua Varian Rasa dan Kemasan)
loading...
author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Penyuka musik dan sedikit audiophile.
  1. author

    andika3 tahun ago

    biayanya cukup tinggi juga ya.. padahal kategori kecil udah 7 juta aja biayanya..

    Reply

Leave a reply "Update Terkini Biaya Pendirian CV (Persekutuan Komanditer)"