Info Terbaru Kisaran Uang Sekolah IPEKA International Christian School

IPEKA International Christian School (kini bernama IPEKA Integrated Christian School) merupakan lembaga pendidikan yang berada di dalam naungan Yayasan IPEKA (Yayasan Iman, Pengharapan, dan Kasih) dan berlokasi di Jakarta Barat. Menyelenggarakan pendidikan untuk jenjang TK, SD, SMP, hingga SMA, uang sekolah di tempat ini memang tidak bisa dikatakan murah.

Aktivitas siswa siswi Sekolah IPEKA International Christian School (sumber: ipeka.org)

Aktivitas siswa siswi Sekolah IPEKA International Christian School (sumber: ipeka.org)

Profil IPEKA International Christian School

Dikutip dari situs resminya, IPEKA International Christian School berawal dari pendirian Yayasan IPEKA pada tanggal 5 Mei 1978 silam. Setahun berikutnya, tepatnya tanggal 16 Juli 1979, Sekolah Kristen IPEKA mulai beroperasi untuk pertama kalinya. Hingga saat ini, lembaga pendidikan tersebut memiliki lokasi di beberapa daerah di Jakarta, Bekasi, Tangerang, Palembang, Balikpapan, hingga Makassar.

Khusus untuk IPEKA International Christian School, sekolah ini menggunakan kurikulum A Beka untuk tingkat elementary school atau SD. Sementara, pada tingkat junior high school atau SMP, sekolah menerapkan kurikulum internasional, dengan tetap memenuhi persyaratan pemerintah dan dipersiapkan untuk mengikuti kurikulum internasional Higher School Certificate (HSC) dari New South Wales, Australia. Selain itu, siswa juga dipersiapkan untuk mengikuti ujian nasional di semester akhir.

Untuk tingkat Senior High School atau SMA, menggunakan program kurikulum Higher School Certificate (HSC) yang diakreditasi oleh New South Wales (NSM) Board of Studies. Program HSC sendiri dikatakan telah diakui sebagai program tinggi di universitas-universitas di seluruh dunia, yang memungkinkan siswa memiliki akses langsung untuk mendaftarkan diri di berbagai perguruan tinggi di New South Wales dan Australia. Selain itu, sertifikat HSC disebutkan juga diakui oleh negara-negara lain, semisal Amerika Serikat, Singapura, Kanada, dan banyak lagi.

Seperti dijelaskan sebelumnya, sekolah internasional ini menyelenggarakan pendidikan mulai jenjang TK, SD, SMP, dan SMA. Berikut rincian lengkap program pendidikan di IPEKA International Christian School.

Program Studi di IPEKA International Christian School

  • TK, memiliki tiga program pendidikan tiga tahun (nursery, K4, dan K5), yang menyediakan aktivitas-aktivitas unik untuk belajar dari berbagai macam materi dan metodologi. Untuk jenjang ini, siswa diajarkan Agama Kristen, Bahasa Inggris, Angka, Ilmu Pengetahuan Umum, Keterampilan, Musik, Bahasa Mandarin, Komputer, Seni, Pendidikan Jasmani, Balet, dan lain-lain.
  • SD, murid Grade 1 sampai Grade 6 menggunakan standar kurikulum New South Wales dari Australia dalam penentuan tujuan dan rencana pembelajaran. Mata pelajaran yang diberikan antara lain Agama, Bahasa Inggris, Matematika, IPA, IPS, Health, Bahasa Indonesia, Musik, Bahasa Mandarin, Komputer, Seni, Pendidikan Jasmani, dan Pengembangan Diri.
  • SMP, menerapkan kurikulum internasional, dengan tetap memenuhi persyaratan pemerintah dan dipersiapkan untuk mengikuti kurikulum internasional Higher School Certificate (HSC) dari New South Wales, Australia. Selain akademis, siswa juga diajarkan retret, berkemah, weekly student fellowship, live-in trip, pastoral care group, house program, dan lain-lain.
  • SMA, menggunakan kurikulum HSC (Higher School Certificate), yaitu sertifikat atau ijazah Sekolah Menengah Atas yang terakreditasi serta diberikan oleh departemen pendidikan di New South Wales, Australia, yang dikenal dengan nama Board of Studies. Mata pelajaran HSC yang ada mengikuti silabus dengan saksama dan diakhiri dengan ujian akhir tertulis yang dinilai oleh Board of Studies.
Gedung Sekolah IPEKA International Christian School (sumber: iics.sch.id)

Gedung Sekolah IPEKA International Christian School (sumber: iics.sch.id)

Mengenai uang sekolah, sayangnya pihak sekolah enggan merilis secara resmi biaya yang harus dikeluarkan dan para orang tua bisa langsung menuju lokasi sekolah ini. Namun, menurut beberapa sumber, uang sekolah di IPEKA International Christian School memang tidak bisa dikatakan murah. Sebagai referensi, berikut kami sajikan kisaran uang sekolah untuk jenjang TK dan SD di Sekolah Kristen IPEKA di Tomang I pada tahun ajaran sebelumnya yakni 2019/2020.

Uang Sekolah IPEKA

KomponenBiaya
Formulir TK: Rp250.000
SD: Rp250.000
Uang PangkalKB: 8.900.000 – Rp11.500.000
TK A: Rp6.900.000 – Rp9.500.000
TK B: Rp4.900.000 – Rp6.500.000
SD 1-3: Rp17.400.000 – Rp19.900.000
SD 4-6: Rp11.500.000 – Rp14.000.000
Uang Sekolah BulananKB: Rp1.725.000
TK A: Rp1.800.000
TK B:  Rp1.835.000
SD 1: Rp1.825.000
SD 2: Rp1.840.000
SD 3: Rp1.855.000
SD 4: Rp1.960.000
SD 5: Rp1.940.000
SD 6: Rp1.985.000
Seragam & SepatuKB/TK: Rp600.000
SD: Rp1.000.000
Kegiatan SiswaKB/TK: Rp800.000 – Rp1.200.000 per tahun
SD: Rp250.000 – Rp1.300.000 per tahun
Buku Pelajaran SiswaSD: Rp700.000

Untuk bisa masuk di IPEKA International Christian School, berikut persyaratannya.

Aktivitas siswa siswi Sekolah IPEKA International Christian School (sumber: ipeka.org)

Aktivitas siswa siswi Sekolah IPEKA International Christian School (sumber: ipeka.org)

Syarat Pendaftaran IPEKA International Christian School TA 2021/2022

  • 1 lembar fotokopi Akte Kelahiran (dan asli untuk diperlihatkan).
  • 1 lembar fotokopi Kartu Keluarga (dan asli untuk diperlihatkan).
  • 1 lembar fotokopi Paspor (bagi calon siswa SMA.10).
  • 1 lembar fotokopi Rapor dua tahun terakhir.
  • 2 lembar pasfoto berwarna ukuran 2 x 3 cm.
  • 1 lembar pasfoto berwarna ukuran 3 x 4 cm.
  • Batasan untuk jenjang KB adalah minimal berusia 3 tahun.
  • Batasan usia untuk jenjang TK A adalah minimal berusia 4 tahun.
  • Batasan usia untuk jenjang TK B adalah minimal berusia 5 tahun.
  • Mengikuti dan lulus ujian atau tes masuk yang mencakup observasi (untuk KB dan TK), matematika dan bahasa Inggris (untuk jenjang SD), matematika, Bahasa Inggris, dan penalaran (untuk jenjang SMP dan SMA).

Setelah berkas disiapkan, Anda pun dapat menyimak prosedur pendaftaran sebagai berikut.

Alur Pendaftaran IPEKA International Christian School TA 2021/2022

  • Calon siswa wajib membeli formulir pendaftaran di sekolah atau bisa unduh formulir di website resmi sekolah, kemudian diisi lengkap, lalu dicetak (untuk formulir unduh).
  • Untuk siswa lulusan IPEKA, bisa mengembalikan formulir pendaftaran, sambil membayar biaya pendaftaran, kemudian mengikuti tes ujian masuk (termasuk mereka yang berasal dari Sekolah Kristen IPEKA Nasional).
  • Untuk siswa lulusan non-IPEKA, bisa mengembalikan formulir pendaftaran, lalu melakukan ujian tes masuk terlebih dahulu, kemudian menunggu pengumuman. Jika dinyatakan diterima, calon siswa bisa membayar biaya registrasi, lalu mengembalikan slip setoran bank ke Tata IPEKA International Christian School.

Perlu diingat, bagi calon siswa dari non-IPEKA yang dinyatakan tidak lulus, tidak perlu berkecil hati karena masih mendapatkan satu kali lagi kesempatan untuk melakukan tes kedua. Berikut info jadwal pendaftarannya.

Jadwal Pendaftaran IPEKA International Christian School TA 2021/2022

Untuk pendaftaran tahun ajaran 2021/2022, pihak sekolah menyarankan orang tua siswa untuk langsung mengunjungi lokasi sekolah atau men-download formulir pendaftaran melalui situs resmi mereka. Sementara itu, untuk Sekolah Kristen IPEKA Nasional, pendaftaran siswa baru sudah dibuka ketika artikel ini diterbitkan. Untuk informasi lebih detail, Anda bisa menghubungi nomor telepon (021) 58905890 dan faksimili di nomor (021) 58905734 atau datang ke Jalan Batu Mulia Blok K, Jakarta Barat.

[Update: Ditta]

Baca juga  Info Terbaru Kisaran Biaya Hidup dan Kuliah di Kanada
author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Penyuka musik dan sedikit audiophile.

Leave a reply "Info Terbaru Kisaran Uang Sekolah IPEKA International Christian School"