Update Tarif Video Call Telkomsel (simPATI, KartuHALO, Kartu As)

Selain SMS, telepon, dan chatting, Anda pun bisa berkomunikasi jarak jauh dengan menggunakan video call melalui perangkat handphone Anda. Salah satu operator yang sempat menyediakan ini adalah Telkomsel. Menyediakan layanan simPATI, Halo, dan , tarif video call Telkomsel  bisa dikatakan lumayan terjangkau.

Komunikasi model video call ini tampaknya semakin menjadi pilihan utama dan cukup ampuh sebagai penawar rindu. Video call atau panggilan video sendiri merupakan fitur 3G/4G yang memungkinkan dua penelepon untuk berbicara satu sama lain, dan di saat yang bersamaan bisa melihat wajah masing-masing melalui video di telepon secara langsung.

Tarif Video Call - www.marginalia.online

Tarif Video Call - www.marginalia.online

Seperti diuraikan di atas, salah satu operator yang pernah menyediakan layanan video call bagi para pengguna adalah Telkomsel. Namun tampaknya, pada tahun ini, operator tersebut tidak menyediakan lagi paket atau layanan khusus video call, dan sudah menggantinya dengan berbagai paket dengan harga yang relatif terjangkau. Hal tersebut dapat terlihat dari tidak adanya paket video call, baik di situs resmi dan aplikasi My Telkomsel.

Namun, bagi Anda yang penasaran dengan tarif video call yang disediakan Telkomsel, berikut kami sajikan berdasarkan data tahun 2017 lalu. Tarif video call ini meliputi kartu simPATI, KartuHALO, dan Kartu As.

Tarif Video Call Telkomsel

Wilayah Video Call Tarif Siang Tarif Malam
Sumatera Rp2.500 per 100 menit Rp3.000 per 50 menit
Jabodetabek Rp2.500 per 100 menit Rp3.000 per 100 menit
Jawa, Bali, NTB Rp2.500 per 100 menit Rp2.500 per 50 menit
Kalimantan & Sulawesi Rp2.500 per 100 menit Rp3.000 per 50 menit
NTT Rp3.000 per 150 menit Rp3.000 per 50 menit
  • Waktu pendaftaran video call siang hari mulai pukul 01.00 sampai 16.30, sedangkan pendaftaran video call malam hari mulai pukul 17.00 sampai 23.00.
  • Cara daftar paket video call cukup ketik VC ON1 kirim ke 8999 atau ketik VC ON2 dan kirim ke 8999. Selain itu, bisa juga dengan call *806# dan pilih menu nomor pertama.
  • Berlaku untuk pelanggan kartuHALO, simPATI, kartu As, dan kartu Facebook.
  • Hanya berlaku untuk panggilan ON NET (sesama pelanggan Telkomsel).
  • Paket tidak diperpanjang otomatis.
  • Semua paket memiliki jangka waktu harian di mana paket yang dibeli hanya bisa digunakan pada hari yang sama dengan hari pembelian dan tidak bisa digunakan pada hari yang berbeda.

Secara umum, untuk bisa melakukan video call Telkomsel ini Anda membutuhkan tiga syarat, yakni support jaringan 3G, mempunyai fitur video call 3G, dan terakhir adalah terdaftar dalam paket video call Telkomsel. Untuk syarat pertama dianggap sangat mudah karena saat ini hampir semua sudah dibekali dan mendukung jaringan 3G.

Sementara, untuk syarat kedua yaitu smartphone Anda harus punya fitur video call 3G. Fitur ini bukan fitur video call seperti Skye, Facebook, Hangout atau video call lainnya yang berbasis aplikasi. Fitur ini bisa dibilang fitur native video call, yaitu video call bawaan dari smartphone. Pada zaman awal fitur 3G ini muncul, video call 3G sangat terkenal. Banyak HP mulai menambahkan kamera depan untuk mendukung fitur ini, di antaranya Nokia N70, N73, dan N series lainnya.

Sayangnya, fitur ini sudah banyak dihilangkan pada smartphone zaman sekarang. Namun demikian, masih ada beberapa smartphone yang membenamkan fitur ini pada sistem operasinya. Beberapa smartphone Samsung masih mempunyai fitur ini. Lenovo S920 dan A716 juga masih mempunyai fitur video call ini. Smartphone yang masih mempunyai fitur video call 3G biasanya mempunyai logo video pada detail informasi kontak, selain simbol telepon dan SMS.

Tarif Video Call - www.essentialdesigns.net

Tarif Video Call - www.essentialdesigns.net

Pada beberapa seri smartphone, fitur video call ini tidak kelihatan di detail kontak. Tetapi, fitur video call bisa diakses dengan menekan agak lama kontak yang dituju. Setelah itu. akan muncul beberapa pilihan seperti mengirimkan pesan, melakukan panggilan suara, dan muncul juga opsi untuk melakukan panggilan video. Silakan cek smartphone Anda apakah masih mempunyai fitur ini atau tidak.

Selain Anda dapat membeli paket video call dari Telkomsel dengan tarif Rp2.500 per 100 menit, sebagai pelanggan Telkomsel, Anda juga bisa memanfaatkan jenis paket CUG Telkomsel. Paket CUG Telkomsel atau Closed User Group merupakan fasilitas yang diberikan Telkomsel pada komunitas. Secara prinsip, Anda melakukan registrasi terhadap salah satu komunitas dengan membayar registrasi antara Rp10.000 sampai dengan Rp15.000 untuk setiap nomor. Kemudian, setelah terdaftar, Anda bisa mengaktifkan nomor Anda untuk menggunakan fasilitas ini dengan Rp10.000 setiap bulan.

Salah satu fitur CUG yang tidak disadari banyak orang, bahkan para agen CUGm adalah bahwa fasilitas bebas panggilan ini juga termasuk bebas panggilan video call 3G. Di sinilah triknya, Anda bisa melakukan panggilan video 3G terhadap anggota yang terdaftar dalam komunitas hanya dengan membayar biaya setiap bulan sebesar Rp10.000.

Jadi, Anda bisa mendaftarkan anggota keluarga Anda dan bisa memanfaatkan fitur panggilan gratis, baik panggilan suara maupun panggilan video, ke semua anggota keluarga. Fitur ini cukup membantu bagi para pasangan keluarga yang berjauhan. Hanya dengan total Rp20.000 tiap bulan, Anda dan pasangan bisa melakukan panggilan suara dan panggilan video setiap hari 24 jam selama 30 hari.

Umumnya, pelanggan menggunakan paket video call dari Telkomsel karena dianggap lebih hemat baterai, mungkin karena tidak memerlukan internet. Namun, beberapa aplikasi di smartphone juga telah menyediakan banyak fitur untuk melakukan panggilan video dengan menggunakan jaringan internet. Sebut saja beberapa aplikasi ternama seperti Skype, Facebook, Line, BBM, Whatsapp dan lainnya.

(Panca)

Baca juga  Update Tarif/Harga Paket Nelpon KARTU As
loading...

Leave a reply "Update Tarif Video Call Telkomsel (simPATI, KartuHALO, Kartu As)"