Update Tarif Penyeberangan Merak-Bakauheni (Reguler dan Eksekutif)

Selain pesawat terbang, menyeberang dengan kapal ferry masih menjadi pilihan banyak masyarakat yang ingin bepergian dari Pulau Jawa ke Pulau Sumatera. Pasalnya, tarif penyeberangan dari Pelabuhan Merak di Banten menuju Pelabuhan Bakauheni di jauh lebih terjangkau dibandingkan dengan tiket pesawat terbang, meski durasi perjalanan sedikit lebih lama.

Pelabuhan Merak (sumber: detik)

Pelabuhan Merak (sumber: detik)

Sebagai negara kepulauan, peran transportasi di Indonesia tentu saja sangat penting untuk menghubungkan satu tempat dengan tempat yang lain. Memang, sekarang sudah ada maskapai yang menyediakan pesawat untuk mengantarkan kita bepergian. Namun, bagi masyarakat dengan tingkat perekonomian menengah ke bawah, kapal laut adalah transportasi yang sering digunakan. Pasalnya, kapal laut dapat menjangkau pulau-pulau kecil dengan biaya relatif lebih murah dibandingkan transportasi udara.[1]

Profil Pelabuhan Merak

Selain Gilimanuk-Ketapang, penyeberangan Merak-Bakauheni menjadi salah satu akses yang sangat padat, terlebih saat musim mudik Lebaran. Seperti namanya, rute ini menghubungkan antara Pelabuhan Merak di Banten, ujung barat Pulau Jawa, dengan Pelabuhan Bakauheni di Provinsi Lampung yang notabene berbatasan langsung dengan Selat Sunda.

Dilansir dari Wikipedia, Pelabuhan Merak adalah sebuah pelabuhan penyeberangan di Pulo Merak, Kota Cilegon, Banten. Pertama kali dioperasikan pada tahun 1912 pada zaman pemerintahan Hindia Belanda, kala itu Pelabuhan Merak berfungsi menghubungkan Pulau Jawa dan Pulau Sumatera dalam rangka mobilisasi bahan sandang dan pangan serta penumpang kalangan tertentu, yakni kalangan birokrat atau orang-orang yang dipercaya pemerintah Hindia Belanda.[2]

Menurut ulasan para wisatawan yang sempat singgah di pelabuhan ini, Pelabuhan Merak sekarang dinilai lebih tertib, rapi, dan bersih daripada sebelumnya. Suasana pelabuhan juga terasa adem, selain tersedia banyak gerai makanan. Ruang tunggu pelabuhan pun juga cukup lapang, lengkap dengan alas karpet. Di samping itu, juga sudah disediakan dermaga khusus penyeberangan kapal eksekutif dengan waktu tempuh lebih singkat.

Untuk mendukung keamanan dan ketertiban, Pelabuhan Merak juga telah menerapkan pemeriksaan boarding pass sesuai dengan KTP (Kartu Tanda Penduduk) penumpang yang bersangkutan, sehingga data yang tertera di boarding pass harus sesuai dengan data di KTP.[3] Namun, pemeriksaan boarding pass hingga artikel ini diterbitkan belum difasilitasi dengan pemindai X-ray sehingga petugas tidak dapat memeriksa bagasi yang dibawa penumpang.

Baca juga  Info Terkini Harga Jaket dan Helm Gojek

Seiring dengan perkembangan teknologi digital, bagi mereka yang hendak berlayar dari Merak menuju Bakauheni, diwajibkan membayar menggunakan e-money atau uang elektronik, bukan uang tunai. Jika kebetulan belum memiliki e-money, ada loket khusus yang menjual uang elektronik ini. Namun, bagi mereka yang sudah punya, disarankan untuk isi saldo sebelum keberangkatan karena terkadang ada beberapa kartu e-money yang tidak bisa di top up di dekat loket.

Profil Pelabuhan Bakauheni

Dengan durasi waktu sekitar dua jam, penumpang akan diantarkan ke Pelabuhan Bakauheni. Ini adalah sebuah pelabuhan penyeberangan yang terletak di Kecamatan Bakauheni, Kabupaten Lampung Selatan. Terletak di ujung selatan dari Jalan Raya Lintas Sumatera, Pelabuhan Bakauheni menghubungkan Sumatera dengan Jawa via perhubungan laut.

Pelabuhan Bakauheni (sumber: tribunnews)

Pelabuhan Bakauheni (sumber: tribunnews)

Ratusan trip feri penyeberangan dengan 24 buah kapal feri dari beberapa berlayar mengarungi Selat Sunda yang menghubungkan Pelabuhan Bakauheni dengan Pelabuhan Merak di Provinsi Banten, Pulau Jawa. Feri-feri penyeberangan ini terutama melayani jasa penyeberangan angkutan darat seperti bus-bus penumpang antar-kota antar-provinsi, truk-truk barang, maupun mobil pribadi.

Saat ini, kondisi Pelabuhan Bakauheni juga semakin baik. Fasilitas yang bisa ditemukan di pelabuhan ini antara lain terminal penumpang, penimbangan kendaraan bermuatan (angkutan barang), jalan penumpang keluar atau masuk kapal (gang way), perkantoran, fasilitas bunker (tangki BBM), tempat tunggu (lapangan parkir) kendaraan bermotor sebelum naik kapal, serta beberapa dermaga, termasuk dermaga quall way, dermaga type jetty, dan dermaga dolphin (bongkar muat kapal).

Paling baru, pada tahun 2018 kemarin, dibangun dermaga premium di Pelabuhan Bakauheni yang melayani penumpang penyeberangan eksekutif. Dermaga premium ini terletak di dermaga tujuh dengan fasilitas yang sedikit berbeda dari dermaga lainnya. Memiliki tiga lantai, setiap lantai dihubungkan dengan eskalator atau tangga berjalan. Selain itu, ada juga penginapan berupa hotel, pusat perbelanjaan atau mall, serta garbarata seperti pesawat terbang. Dermaga ini akan ditempati KMP Portlink III, KMP Sebuku, KMP Batu , dan KMP Portlink 00.

Baca juga  Info Terbaru Tarif Taksi Konvensional di Surabaya

Nah, apabila Anda hendak melakukan penyeberangan dari Pelabuhan Merak menuju Pelabuhan Bakauheni, jika dulu memesan tiket dilakukan secara offline, saat ini seluruh pemesanan tiket kapal, baik reguler maupun eksekutif, sudah dilakukan secara online melalui Ferizy. Ferizy sendiri adalah layanan tiket kapal berbasis online yang diluncurkan pemerintah dan bisa diakses melalui www.ferizy.com.

Setelah login di aplikasi, Anda bisa masuk beranda utama. Nantinya, Anda akan menemukan pilihan nama pelabuhan awal, nama pelabuhan tujuan, kelas layanan, jenis pengguna jasa, tanggal masuk pelabuhan, dan jam masuk pelabuhan. Untuk mengetahui tarif kapal, Anda bisa mengisi nama pelabuhan berangkat dan pelabuhan tujuan, jenis layanan, jenis pengguna jasa, dan tanggal serta jam masuk pelabuhan. Berikut informasi terbaru tarif penyeberangan Merak-Bakauheni.

Tarif Penyeberangan Merak-Bakauheni (Reguler)

Pelabuhan Merak (twitter: @kamto_adi)

Pelabuhan Merak (twitter: @kamto_adi)

Golongan PenumpangTarif Penyeberangan
DewasaRp19.500
AnakRp19.500
BayiRp2.535
Kendaraan Golongan I (Sepeda)Rp23.500
Kendaraan Golongan II Sepeda MotorRp54.500
Kendaraan Golongan III (Sepeda Motor (> 250cc)Rp116.000
Kendaraan Golongan IV (Sedan, Jeep)Rp419.000
Kendaraan Golongan IV (Mobil Barang)Rp388.000
Kendaraan Golongan V Penumpang (Bus Sedang)Rp839.000
Kendaraan Golongan V Barang (Truk Sedang 7 m)Rp724.000
Kendaraan Golongan VI Penumpang (Bus Besar)Rp1.388.500
Kendaraan Golongan VI Barang (Truk Sedang 10 m)Rp1.113.000
Kendaraan Golongan VII (Tronton 10 – 12 m)Rp1.615.000
Kendaraan Golongan VIII (Trailer 12 – 16 m)Rp2.161.000
Kendaraan Golongan IX (Trailer > 16 m)Rp3.361.000

Daftar tarif penyeberangan Merak-Bakauheni di atas kami rangkum dari situs resmi Ferizy. Jika dibandingkan tahun sebelumnya, harga penyeberangan Merak-Bakauheni saat ini masih belum berubah. Tarif penyeberangan untuk pejalan kaki misalnya, masih tetap Rp19.500. Sementara, tarif penyeberangan kendaraan golongan II tetap Rp54.500.

Baca juga  Cara Memesan dan Update Tarif GrabHitch

Selain kapal ferry kelas ekonomi, pihak PT ASDP Indonesia Ferry ternyata juga menyediakan layanan penyeberangan Merak-Bakauheni kelas eksekutif. Soft launching layanan ini telah dilakukan sejak tanggal 13 Desember hingga 31 Desember 2018 kemarin. Berikut besaran tarif penyeberangan eksekutif Merak-Bakauheni yang berlaku mulai 1 Februari 2019.

Tarif Penyeberangan Merak-Bakauheni (Eksekutif)

Aktivitas kapal di Pelabuhan Bakauheni (sumber: emaritim.com)

Aktivitas kapal di Pelabuhan Bakauheni (sumber: emaritim.com)

Golongan PenumpangTarif Penyeberangan
DewasaRp65.000
Anak-AnakRp65.000
BayiRp4.000
Kendaraan Golongan IRp67.000
Kendaraan Golongan IIRp95.000
Kendaraan Golongan IIIRp150.000
Kendaraan Golongan IV PenumpangRp588.000
Kendaraan Golongan IV BarangRp416.000
Kendaraan Golongan VARp1.040.000
Kendaraan Golongan VBRp756.000
Kendaraan Golongan VI PenumpangRp1.734.000
Kendaraan Golongan VI BarangRp1.153.000
Kendaraan Golongan VIIRp1.642.000
Kendaraan Golongan VIIIRp2.203.000
Kendaraan Golongan IXRp3.415.000

Dengan tarif yang lebih mahal, penyeberangan eksekutif Merak-Bakauheni yang disediakan PT ASDP Indonesia Ferry memang menawarkan fasilitas yang lebih mewah. Kapal eksekutif ini memiliki kelebihan kecepatan dan ketepatan waktu berlayar (hanya sekitar 1,5 jam perjalanan), selain itu juga disediakan ruang tunggu yang didesain serupa di pusat perbelanjaan atau mall.

Tidak hanya kapalnya yang didukung fasilitas mewah, dermaga atau terminal pelabuhan untuk penyeberangan kelas eksekutif ini juga didukung fasilitas papan atas. Perusahaan sudah menyiapkan garbarata seperti di pesawat terbang sebagai akses penumpang ke kapal feri. Jika berminat, tiket kapal bisa dipesan langsung di pelabuhan atau via online di situs resmi Ferizy.

[1] Wijana, Made, A. A. Alit Triadi, Firza Febriandi. 2014. Aplikasi Break Even Point pada Sistem Operasional Kapal Motor Penyeberangan Roditha PT. ASDP Indonesia Ferry (Persero) Cabang Lembar. Dinamika Teknik Mesin, Vol. 4(2): 1-9.

[2] Dahlan, M. Halwi. 2010. Pelabuhan Penyeberangan Merak (1957-2004). Patanjala, Vol. 2(1): 141-156.

[3] Utami, Tri Kusumaning. . Kajian Evaluasi Lintas Penyeberangan Merak-Bakauheni. Warta Penelitian Perhubungan, Vol. 32(1): 43-52.

author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Penyuka musik dan sedikit audiophile.

Leave a reply "Update Tarif Penyeberangan Merak-Bakauheni (Reguler dan Eksekutif)"