Update Tarif Cargo Citilink 

No comment14919 views

Citilink, atau PT Citilink Indonesia, adalah sebuah maskapai berbiaya rendah yang merupakan anak usaha dari Garuda Indonesia, maskapai terbesar di Tanah Air. Didirikan pada tahun 2001 lalu sebagai unit strategis, Citilink difungsikan sebagai salah satu alternatif penerbangan bertarif rendah di Indonesia.

Cargo Citilink - ekonomi.kompas.com

Cargo Citilink - ekonomi.kompas.com

Hingga April2017, Citilink telah mengoperasikan 47 unit pesawat terbang seri Airbus A320 berkapasitas 180 penumpang, termasuk di dalamnya pesawat jenis Airbus A320NEO yang datang melengkapi armada sejak Januari 2017. Dengan penambahan pesawat Airbus A320NEO ini, Citilink menjadi maskapai penerbangan pertama di Tanah Air yang menggunakan pesawat seri tersebut.

Selain melayani penerbangan berbiaya murah, Citilink ternyata juga mengembangkan sayapnya untuk melayani pengiriman , melalui layanan Cargo Citilink. Perusahaan agaknya mencium peluang yang bagus dalam bisnis ini, mengingat kondisi geografis Indonesia yang terdiri dari banyak pulau sehingga sedikit menyulitkan masyarakat untuk mengirimkan barang hanya melalui jalur darat maupun laut.

Untuk menjangkau seluruh area Indonesia yang sangat luas, pada pertengahan tahun 2016 lalu, Citilink menggandeng PT Pos Indonesia untuk pengiriman kargo. Penandatanganan kemitraan ini dilakukan oleh Direktur Cargo & Ancillary Business Citilink Indonesia, Troficiendy Soeroso, dan Direktur Teknologi, Jasa dan Integrasi Logistik PT Pos Indonesia, Indyruwani Asikin Natanegara, di Jakarta.

Ketika melakukan peresmian kerja sama, Troficiendy kala itu mengungkapkan bahwa kemitraan ini merupakan langkah strategis bagi pengembangan bisnis kargo Citilink. Pelanggan Pos Indonesia dari seluruh daerah di Indonesia yang pengiriman barangnya dikirim melalui jalur udara akan langsung diangkut menggunakan penerbangan Citilink.

Sementara itu, Indyruwani menambahkan bahwa kerja sama dengan Citilink Indonesia akan membantu PT Pos Indonesia meningkatkan kapasitas kegiatan distribusi logistik. Konsep rural logistik bisa diwujudkan dengan penambahan akses transportasi yang terus dikembangkan oleh Pos Indonesia yang saat ini memiliki 4.569 cabang di seluruh Indonesia. Demikian sebaliknya, distribusi kiriman logistik dari kota besar ke daerah pedesaan dapat dilakukan oleh Pos.

Bisnis kargo Citilink memang terus mengalami peningkatan setiap tahunnya, baik dari jumlah barang yang dikirim maupun jumlah destinasi. Sementara, jumlah pengguna jasa kargo Citilink diklaim telah mencapai lebih dari 60 ribu ton pada tahun 2015 dengan rata-rata 2,5 ton barang per penerbangan dan telah menjangkau 29 kota di seluruh penjuru Nusantara.

Kargo Citilink

Tarif Cargo Citilink

Tarif Cargo Citilink

Tarif Cargo Citilink

Tarif Cargo Citilink

 

Baca juga  Update Kisaran Tarif Biro Jasa Perpanjangan STNK

Informasi tarifcargo Citilink di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk Twitter resmi perusahaan. Jika dibandingkan tahun sebelumnya, tarif kargo Citilink ini belum banyak berubah. Namun, menurut perusahaan, Citilink berencana mengkaji kembali penetapan tarif kargo maskapai mereka. Pasalnya, pendapatan dari pemasukan tambahan dan kargo Citilink lebih kecil daripada maskapai lain. Kenaikan tarif nantinya secara nominal berbeda dengan Garuda, namun teknik kenaikan diberlakukan relatif sama.

[Update: Panca]

 

loading...
author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Penyuka musik dan sedikit audiophile.

Leave a reply "Update Tarif Cargo Citilink "