Update Syarat Pendaftaran dan Biaya Masuk SMA Kolese Kanisius

SMA Kolese Kanisius merupakan salah satu lembaga pendidikan swasta yang berlokasi di Jakarta Pusat. Berlandaskan iman Katolik, sekolah ini berada di bawah naungan Yayasan Budi Siswa. Ketika menempuh pendidikan di tempat ini, akan dikenakan biaya yang berbeda-beda, tergantung kemampuan finansial masing-masing peserta didik.

Gedung sekolah SMA Kolese Kanisius Jakarta (twitter: @smakanisius)
Gedung sekolah SMA Kolese Kanisius Jakarta (twitter: @smakanisius)

Profil SMA Kolese Kanisius

Dilansir dari Wikipedia, Kolese Kanisius (Canisius College) adalah lembaga pendidikan berbasis iman Katolik yang didirikan pertama kali pada tanggal 1 Juni 1927 silam, dengan rohaniawan Yesuit, Pater Dr. J. Kurris SJ sebagai direktur yang pertama. Nama Kanisius sendiri diambil dari santo pelindung sekolah, yaitu Santo Petrus Kanisius.

Bacaan Lainnya

Ketika pertama kali berdiri, atau pada tanggal 1 Juni 1927, sekolah ini menyelenggarakan AMS (AlgemeneMiddelbare School). Lalu, di tahun 1929, pembangunan dormitory, hall, dan lapangan tenis selesai dilakukan. Kemudian, pada 26 Oktober 1931, Van Hoof, SJ terpilih sebagai rektor atau kepala sekolah dari SMA tersebut.

Kemudian, di era tahun 1931 hingga 1952, bisa disebut sebagai era pembangunan Kolese Kanisius. Pada tahun 1931, sekolah ini mencanangkan visi dan misi sebagai pendidikan dasar, kelahiran banyak kegiatan siswa, termasuk orkestra, paduan suara, majalah, serta teater. Sayangnya, pembentukan gedung HBS baru harus dihentikan karena Perang Dunia II.

Setelah Perang Dunia II kelar, Kolese Kanisius kembali dibuka pada tanggal 1 Januari 1946. Selang dua tahun kemudian, pembangunan gedung HBS berhasil diselesaikan oleh Pastor Bastiaan, SJ. Setahun berikutnya, lagu kebangsaan Indonesia Raya pertama kali dinyanyikan di sekolah ini karena kemenangan Indonesia atas Belanda. Lalu, pada tahun 1952, Kolese Kanisius menandai perayaan ulang tahun ke-25.

Baca juga  Update Kisaran Biaya EF (English First) Malang

Setelah melalui masa transisi pada tahun 1952 hingga 1967, Kolese Kanisius pertama kali dipimpin oleh alumni mereka sendiri, yaitu Pater Prayitno, Sj. Pada tahun ini juga, asrama sekolah ditiadakan dan diubah menjadi ruang kelas. Di segi pendidikan, terjadi perubahan kurikulum, yaitu jurusan berkurang menjadi tiga, yaitu sastra budaya, ilmu alam, dan ilmu sosial & ekonomi.

Pada tahun 1982, SMA Kolese Kanisius menjadi sampel tes nasional, dengan 20 murid mereka diminta untuk menentukan batas kemampuan belajar. Tahun itu juga, mulai diadakan EBTANAS dengan pelajaran yang diujikan yaitu PMP dan Bahasa Indonesia. Pater Drost, SJ juga ikut menyusun dan memantapkan kurikulum 1984.

Layaknya sekolah pada umumnya, SMA Kolese Kanisius juga memiliki kurikulum yang diharapkan bisa mencapai tiga target, yaitu competence atau kompetensi, conscience atau hati nurani, dan compassion atau welas asih. Subjek atau mata pelajaran yang diajarkan di sekolah ini mencakup Agama, Pendidikan Kewarganegaraan, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Bahasa China, Informasi dan Teknologi Komunikasi, Olahraga, dan Seni.

Siswa SMA Kolese Kanisius Jakarta sedang upacara (sumber: sma.kanisius.edu)
SMA Kolese Kanisius Jakarta sedang upacara (sumber: sma.kanisius.edu)

Biaya SMA Kolese Kanisius TA 2023/2024

Sayangnya, pihak SMA Kolese Kanisius enggan membocorkan besaran biaya pendidikan jika menempuh studi di tempat ini. Dalam brosur resminya, pihak SMA Kolese Kanisius cuma menuturkan bahwa pembicaraan mengenai biaya dilaksanakan hanya setelah calon peserta didik dinyatakan diterima secara akademik.

Para setidaknya dikenai biaya administrasi sekitar Rp350.000 (ditambah dengan 3 angka unik yang akan dibuat secara otomatis oleh sistem). Besaran biaya administrasi tersebut terpantau masih sama seperti tahun ajaran 2021/2022 lalu. Bukti pembayaran biaya administrasi ini dibutuhkan untuk melengkapi syarat administrasi pendaftaran bagi calon siswa baru SMA Kolese Kanisius.

Baca juga  Update Info Biaya Member Gold’s Gym

Berdasarkan berbagai sumber yang berhasil dihimpun, biaya sekolah tiap berbeda-beda. Hal ini dikarenakan adanya subsidi silang antara siswa yang mampu untuk siswa yang tidak mampu. Biaya yang dikeluarkan tergantung pada keadaan finansial keluarga masing-masing siswa. Siswa yang kurang mampu pun dapat mengajukan atau keringanan biaya dari yayasan, yang dibatasi hanya sekitar 50 siswa.

Syarat Pendaftaran SMA Kolese Kanisius TA 2023/2024

  • Bukti pembayaran biaya administrasi pendaftaran (bukti setor bank/transfer/ATM).
  • Kartu peserta tes.
  • Formulir pendaftaran.
  • Fotokopi Akta Kelahiran.
  • Fotokopi Kartu Keluarga.
  • Fotokopi surat baptis (bagi yang beragama Katolik) atau surat keterangan asli dari Katekis (bagi calon baptis).
  • Surat pernyataan yang ditulis tangan oleh orang tua/wali, ditandatangani oleh calon peserta didik dan orang tua/wali, disertai materai Rp10.000.
  • Surat kesehatan (asli) dari dokter umum, yang menyebutkan mampu mengikuti proses belajar mengajar/olahraga.
  • Fotokopi Kartu Pelajar atau boleh menggunakan surat keterangan asal sekolah dengan mengisikan data disertai tanda tangan dan cap sekolah asal.
  • Fotokopi rapor SMP (halaman sampul depan, halaman data pribadi siswa, nilai kelas VII semester 2 dan 2, nilai kelas VIII semester 1 dan 2), tidak perlu dilegalisir.
  • Fotokopi sertifikat/piagam/medali lomba tingkat nasional atau internasional (jika ada).
  • Fotokopi sertifikat atau surat keterangan pernah mengikuti kegiatan di SMP/SMA Kanisius Jakarta.
  • Fotokopi hasil tes potensi akademik atau minat bakat (jika ada) untuk kepentingan penjurusan.
  • Print out data NISN dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. dari sekolah internasional yang tidak memiliki NISN tidak perlu menyertakan.
  • Formulir permohonan beasiswa (jika mengajukan) beserta lampiran yang dapat dipertanggungjawabkan.
  • Lulus tes wawancara, tes bakat dan kebugaran, serta tes tulis.
Baca juga  Info Terkini Biaya Homeschooling di Ganesha Academy
Biaya Masuk SMA Kolese Kanisius - @smakanisius
Biaya Masuk SMA Kolese Kanisius (twitter: @smakanisius)

Tahapan Pendaftaran SMA Kolese Kanisius TA 2023/2024

  • Calon pendaftar mengunduh Petunjuk Pendaftaran di website kanisius.edu.
  • Melakukan pengisian data (isi formulir) secara online melalui internet dengan alamat kanisius.edu.
  • Membayar biaya administrasi pendaftaran melalui bank sesuai dengan keterangan yang diberikan.
  • Menunggu konfirmasi pendaftaran dari panitia maksimal 2 x 24 jam.
  • Mencetak formulir pendaftaran dan kartu peserta tes.
  • Menyerahkan syarat-syarat administrasi sesuai dengan waktu yang ditentukan.
  • Berkas pendaftaran disusun sesuai dengan urutan pada syarat pendaftaran, dikemas dalam map khusus yang disediakan oleh panitia pada saat penyerahan syarat-syarat administrasi pendaftaran.
  • Melakukan tes wawancara, tes kebugaran/bakat, dan tes tertulis.
SMA Kolese Kanisius (credit IG @corneliusaryo_)
SMA Kolese Kanisius ( IG @corneliusaryo_)

Jadwal Pendaftaran SMA Kolese Kanisius TA 2023/2024

Rincian Jadwal
Pendaftaran Online 9 September – 29 Oktober 2022
Tes Wawancara 31 Oktober 2022
Tes Kebugaran & Tes Bakat Minat 1/2/3 November 2022
Tes Akademik & Tes Problem Solving 30 Oktober 2022
Pengumuman Hasil Seleksi 10November 2022

Sebagai informasi, pendaftaran baru di sekolah ini dilakukan secara online, dan calon siswa wajib mengisi formulir pendaftaran dan lulus tes wawancara, tes kebugaran, dan tes tulis. Untuk informasi lebih lengkap, silahkan mengunjungi Kolese Kanisius di Jalan Menteng Raya No. 64, Jakarta Pusat, dengan nomor telepon (021) 31936464 dan email di alamat [email protected]

[Update: Dian]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *