Spesifikasi dan Harga Traktor 4 Roda Yanmar (EF494T & EF393T)

Traktor menjadi salah satu perlengkapan yang penting bagi pertanian, yang utamanya adalah untuk mengolah atau membajak sawah. Di pasaran sendiri, sudah banyak perusahaan yang merilis traktor, salah satunya Yanmar. Untuk 4 roda, pabrikan ini setidaknya memiliki varian Yanmar EF494T dan Yanmar EF393T yang dijual dengan harga ratusan juta rupiah per unit.

Dilansir dari situs resminya, sejarah Yanmar ternyata sangat panjang dan bisa ditelusuri sejak tahun 1912 silam. Ketika itu, Yamaoka Hatsudoki Kosakusho memulai produksinya dan lantas meluncurkan mesin minyak tahan vertikal untuk pertanian pada tahun 1920. Selang setahun kemudian, merk Yanmar resmi diadopsi bertepatan dengan peluncuran mesin minyak tanah horizontal.

Traktor 4 Roda Yanmar - (Youtube: Demang Lozz)

Traktor 4 Roda Yanmar - (Youtube: Demang Lozz)

Kegiatan produksi Yanmar tidak berhenti di situ. Tepat pada tahun 1925, perusahaan ini merilis mesin minyak tanah untuk kapal nelayan, yang diikuti dengan peluncuran mesin diesel vertikal 2-tak A dengan daya 5 HP pada tahun 1930. Tiga tahun berselang, Yanmar merilis mesin diesel komersial terkecil di dunia, yakni HB, dan diikuti dengan produksi mesin diesel seri S pada tahun 1936.

Ketika Perang Dunia II berlangsung, Yanmar menerima penghargaan untuk riset mesin bakar internal oleh Japan Institute of Invention and Innovation (JIII), yang disusul pendirian Nagahama Plant di Negeri Terbit. Sayangnya, pada tahun 1945, fasilitas utama produksi rusak parah imbas Perang Dunia kedua.

Namun, perusahaan tidak putus asa dan kemudian mendirikan Kanzaki Kokyukoki pada tahun 1947 di Jepang sambil meluncurkan mesin marine kecil model LB dan 2LB. Setelah itu, Nagahama Plant kembali dibuka dan segera memulai produksi komponen pompa injeksi bahan bakar untuk mesin diesel kecil. Pada tahun 1951, pendiri Yanmar, Magokichi Yamaoke, menerima medali Blue Ribbon dari pemerintah Negeri Sakura.

Sekitar 16 tahun kemudian, Yanmar memperlebar sayap mereka dengan memproduksi traktor model YM273 berkekuatan 23 HP seiring dengan pendirian Kinomoto Plant di Jepang. Setelah itu, perusahaan ini merilis excavator seri YB600 pada tahun 1971, yang disusul dengan peluncuran mesin rotary outboard model R28 pada tahun 1972. Selang tiga tahun kemudian, Yanmar Agricultural Machinery Manufacturing Indonesia resmi didirikan.

Di Tanah Air, Yanmar setidaknya membagi produk mereka dalam enam kategori. Kategori pertama adalah pertanian, yang terdiri dari traktor, panen padi, tanam padi, traktor tangan, dan perlengkapan untuk keperluan pertanian. Kategori kedua adalah kelautan (premium),sedangkan kategori ketiga adalah kelautan (komersial).

Untuk kategori produk keempat, Yanmar merilis alat-alat konstruksi (salah satunya excavator), sedangkan kategori kelima adalah motor industri yang merupakan motor diesel horizontal berpendingin air. Terakhir, kategori keenam adalah power product atau pembangkit daya berupa generator set YTG Series 1-3 Phase.

Traktor Yanmar

Mengutip langsung dari situs resminya, untuk kendaraan traktor, Yanmar setidaknya sudah menyediakan dua tipe traktor di pasaran dalam negeri, yaitu Yanmar EF494T dan Yanmar EF393T. Kedua tipe tersebut merupakan traktor roda empat dan penggerak empat roda, namun memiliki perbedaan pada daya yang dihasilkan.

Untuk tipe Yanmar EF494T, ini adalah varian yang dikatakan lebih cepat, lebih bertenaga, dan lebih menguntungkan. Kendaraan ini dibangun di atas yang mudah untuk dioperasikan, dengan lingkar kemudi berukuran 260 mm yang mudah dikendarai tanpa hentakan. Tempat duduk operator nyaman karena dapat disetel dan dilipat. Selain itu, terdapat saluran pembuangan air pada rangka, ruang yang lebih leluasa untuk menempatkan kaki, tangga yang kuat, serta pegangan tangan yang besar.

Traktor 4 Roda Yanmar - (Youtube: choqerz taziex)

Traktor 4 Roda Yanmar - (Youtube: choqerz taziex)

Di bagian jantung pacu, PT Yanmar Diesel Indonesia telah membekali traktor ini dengan mesin 4-stroke, diesel, 4 silinder vertikal, berkapasitas 2.190cc. Yanmar EF494T diklaim mampu menyemburkan tenaga maksimal 49 HP pada putaran 2.800 rpm, dengan transmisi 9 kecepatan maju dan 9 kecepatan mundur, yang memberikan banyak pilihan dalam pemakaian tingkat kecepatan dengan daya optimal.

Sementara, untuk tipe Yanmar EF393T, diklaim sebagai traktor yang cemerlang. Selain desain yang disetel mudah untuk dioperasikan, produk ini juga telah dibekali dengan sistem pompa bahan bakar tekanan tinggi tipe plunger tunggal, yang akan mengoptimalkan tekanan solar dan memaksimalkan kemampuan semua nozzle. 

Pabrikan juga sudah menanamkan ukuran sistem pendingin yang lebih besar, dan dilengkapi filter udara lapis ganda, sehingga panas dapat dilepaskan dengan lebih baik. Karena itu, traktor dapat dipakai bekerja seharian tanpa panas berlebih. Jika tidak, akan mengakibatkan hilangnya waktu kerja untuk pendinginan dan juga bahan bakar dapat terbakar dengan sempurna tanpa asap hitam.

Di sektor dapur pacu, traktor berdimensi 3.170 x 1.440 x 2.110 mm ini telah didukung dengan mesin tipe 4-stroke, diesel, 3 silinder vertikal, berkapasitas 1.642cc. Dengan modal tersebut, Yanmar EF393T dikatakan sanggup menghasilkan daya puncak di angka 39 HP atau 29,1 kW pada putaran 2.800 rpm dan daya PTO (Power Take Off) 31,4 HP pada putaran 3.005 rpm.

Harga Traktor 4 Roda Yanmar

Tipe Traktor YanmarHarga
Yanmar EF494TRp474.602.000
Yanmar EF393TRp367.502.000

Seperti disampaikan di atas, selain traktor kendaraan roda empat, Yanmar juga telah meluncurkan beragam tipe traktor tangan. Di pasaran dalam negeri, pabrikan yang berbasis di Depok ini setidaknya sudah merilis lima varian traktor tangan, yaitu YZC Series tipe rotary, YST Series tipe singkal, Bromo Series tipe singkal, YM Series tipe singkal, dan Te 550n Series tipe cultivator.

Baca juga  Manfaat, Kandungan Nutrisi, dan Harga Daging Kambing 1 Kg di Pasaran
loading...
author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Penyuka musik dan sedikit audiophile.

Leave a reply "Spesifikasi dan Harga Traktor 4 Roda Yanmar (EF494T & EF393T)"