Spesifikasi dan Harga Suzuki Karimun Kotak 2006

Karimun Kotak (Classic) bisa dibilang sebagai salah satu penggagas segmen city car di pasar di era milenium ketiga. Dirilis pertama kali pada tahun 1999, kendaraan ini diproduksi hingga tahun 2006. Meski kemudian digantikan oleh generasi Karimun Estilo, tetapi Karimun Kotak masih banyak diburu, salah satunya karena harganya yang lebih terjangkau.

Suzuki Karimun 2006 - www.otosia.com

Suzuki Karimun 2006 - www.otosia.com

Suzuki Karimun generasi awal memang lebih dikenal dengan sebutan Karimun Kotak, merujuk pada kontur bodi kendaraan yang memang berbentuk kotak. Kemudian, di tahun 2002, pabrikan Jepang memperkenalkan facelift dengan menggunakan trim DX dan trim GX. Ketika itu, mobil ini menjadi saingan berat Hyundai Atoz dan KIA Visto, serta Daihatsu Ceria dan Chevrolet Spark.

Secara tampilan, Suzuki Karimun Kotak membawa desain yang menurut banyak konsumen Indonesia, kuno dan tidak melambangkan modernitas. Di bagian depan, posisi stop lamp berada di area bumper dan pastinya sering menjadi korban utama ketika ditabrak dari belakang atau menabrak sesuatu ketika mobil mundur. Desain out of the box ini sebenarnya terkesan inovatif, namun kurang dalam hal fungsionalitas.

Beralih ke bagian samping, terdapat sebuah garis tengah bodi yang memanjang dari depan hingga belakang. Sementara, kaca yang dibawa berukuran jumbo, yang sangat membantu dalam hal visibilitas. Selain itu, kaca yang besar ini juga memiliki nilai positif jika sewaktu-waktu terjadi kecelakaan, karena penumpang dapat keluar dengan cara memecahkan kaca tersebut tanpa takut tersangkut.

Untuk sektor , karena mengusung bodi berbentuk kotak, maka ruang kabin yang disediakan mobil ini terbilang lega untuk ukuran city car. Dalam hal volume kabin ini, Suzuki Karimun menang telak jika dibandingkan dengan kompetitor sejenis. Di samping itu, desain dashboard pun cukup enak dipandang, meski banyak jejak yang tertinggal dari desain mobil keluaran era 1990-an, dengan peletakan tombol serba manual yang mudah dijangkau dan dioperasikan.

Baca juga  Harga Suzuki SX4 X-Over Bekas di Pasaran Indonesia

Berpindah ke bagian jantung pacu, selama tujuh tahun ‘berkelana’, Suzuki Karimun Kotak hanya tersedia dalam satu pilihan mesin, yaitu mesin bensin empat silinder, delapan katup, SOHC, berkapasitas satu liter (1.000cc), karburator. Dengan modal tersebut, kendaraan ini hanya mampu meletupkan tenaga maksimal 54 HP pada putaran 5.500 rpm dan mencapai torsi puncak di angka 100 Nm pada putaran 4.000 rpm, melalui transmisi manual 5 percepatan. Berikut spesifikasi teknis Suzuki Karimun Kotak.

Tipe MesinF10A, 4 silinder segaris, 8 katup, SOHC
Kapasitas Mesin1 liter
Diameter x Langkah65,5 x 72 mm
Daya Maksimum54 HP @ 5.500 rpm
Torsi Maksimum100 Nm @ 4.000 rpm
TransmisiManual, 5-speed
Suspensi DepanMacPherson strut
Suspensi BelakangIsolated trailing link, coil spring
Konsumsi BBM8-12 km per liter (dalam kota)

Jika Anda saat ini sedang berburu mobil Suzuki Karimun Kotak keluaran tahun 2006, di beberapa jual beli mobil bekas, kendaraan tersebut ditawarkan dengan harga mulai Rp50 jutaan sampai dengan Rp76 jutaan. Variasi harga bergantung pada kondisi mobil yang bersangkutan, dan juga kesepakatan antara penjual dengan pembeli.

Baca juga  Info Anyar Harga Suzuki Karimun Bekas, Legenda City Car di Indonesia
loading...
author
Anak band yang gak suka nonton boyband. Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Pernah dipaksa baca berita infotainmen tiap hari sampai akhirnya memutuskan lebih suka info teknologi yang lebih sedikit gosip.

Leave a reply "Spesifikasi dan Harga Suzuki Karimun Kotak 2006"