Update Harga Keyboard Yamaha PSR S500 (Baru dan Bekas)

PT Yamaha Musik Indonesia sejak lama menggarap industri alat musik. Bahkan, sejumlah produk alat musiknya menjadi unggulan para pemain musik. Di antara produk yang dikenalkan ke pasar Indonesia, instrumen merupakan salah satu yang menjadi primadona, dan Yamaha PSR atau Yamaha Porta Sound Regular menjadi salah satu varian yang paling digemari oleh konsumen.

Keyboard Yamaha merupakan merk yang digunakan banyak musisi. Keunggulan pada fitur serta kualitas yang menjadi nilai plus pada keyboard seperti halnya efek audio pada style, mampu melengkapi penambah efek untuk gitar dan perpaduan pada fitur vocal harmoni, serta banyak sekali ratusan fitur yang dapat menjadi kombinasi lengkap untuk keindahan nada.

Bacaan Lainnya
Bermain Keyboard
Bermain Keyboard

Harga keyboard Yamaha untuk ukuran memang sedikit mahal, namun semuanya sebanding dengan banyaknya fitur yang ada di dalamnya. Produk buatan Yamaha ini meningkatkan teknologi sintetisme tutorial interaktif, dengan banyak efek yang menjadi pilihan untuk mengisi atau efek pada sebuah lagu sehingga menghasilkan nada-nada yang anda inginkan. Meski alat musik ini adalah kategori alat musik elektrik, namun juga sangat cocok jika di-setting dengan musik.

Produk keyboard Yamaha juga dirasa sangat pas dengan Anda yang sedang dalam proses belajar, dengan fungsi dasar pada instrumen yang memudahkan penggunanya. Keyboard yang mudah dioperasikan serta mudah dimainkan tentunya. Fungsi panel yang cepat tanggap, pengguna cukup memilih voice rhythm dan Anda akan langsung bisa memainkannya. Pilihan voice yang beragam sangat cocok untuk berbagai untuk musik instrumen yang bagus.

Baca juga  Harga Printer Canon PIXMA G2010 Baru dan Bekas

PSR Series buatan Yamaha menjadi favorit konsumen di Indonesia, karena bisa digunakan kalangan amatir maupun profesional. Keyboard Yamaha seri PSR ini disebut-sebut meraih pangsa pasar 60 persen di pasar keyboard di Indonesia. Pihak Yamaha bahkan menegaskan pasar Indonesia merupakan nomor satu di Yamaha Music Global, khususnya untuk penjualan seri PSR ini.

Produk keyboard jenis ini pada awalnya digunakan sebagai alat hiburan di rumah. Karena sangat praktis, semua bisa dimainkan di sini. Keyboard seri PSR juga banyak digunakan para pemula pemain musik. Seri pertama Yamaha PSR adalah PSR 73 dan PSR 76. Tentu saja, seiring perkembangan teknologi, keyboard ini terus diperbarui. Terus ditingkatkan mendekati asli dari alat-alat musik yang ada seperti suara piano, flute, saxophone, drum, dan sebagainya, salah satunya dengan dikeluarkannya PSR Seri S500.

Review Yamaha PSR S500

PSR S500, arranger pertama Yamaha, adalah sekaligus produk PSR series yang format standar General MIDI (GM). Kemampuan yang lebih mumpuni pun dihadirkan dalam seri terbaru ini, termasuk sound dan styles yang lebih banyak, plus USB port untuk penyimpanan. Ini tentu memudahkan pengguna yang ingin memainkan lebih banyak lagu dengan data lebih banyak sehingga bisa dikoneksikan ke komputer.

Baca juga  Update Harga Sistenol Tablet (Botol dan Eceran) untuk Demam

Kebanyakan organ tunggal yang biasa memainkan lagu di acara-acara khusus seperti pesta pernikahan, peresmian, dan acara lain yang membutuhkan hiburan dengan musik lengkap tapi tidak perlu membawa band, cukup dengan memanfaatkan satu perangkat keyboard seri PSR S500 ini. Berikut info spesifikasi Yamaha PSR S500.

Ilustrasi: Keyboard Yamaha PSR-500 (credit: catawiki)
Ilustrasi: Keyboard Yamaha PSR-500 (credit: catawiki)

Spesifikasi Yamaha PSR S500

Jumlah tuts (keys) 61
Tipe  Organ 
Touch respon  Ya 
Controller lain Pitch bend
Display  Tipe full dot LCD
Ukuran  320 x 240 dots
Warna  Monochrome 
Score display function Ya 
Lyrics display function Ya 
Voices tone generation Tone generating technology

AWM stereo sampling

Fingering  Multi/full keyboard
Storage  Internal memory 
External drives Optional USB flash memory 

Dalam perangkat ini sudah dilengkapi dengan adanya LCD untuk memudahkan penggunanya. Namun, beberapa pengguna sempat mengeluhkan permasalahan pada LCD Yamaha PSR S500. Untuk pengguna keyboard Yamaha PSR S500 yang mengalami permasalahan LCD, jangan terburu-buru untuk membeli LCD yang baru. Pasalnya, khusus untuk Yamaha seri ini, kerusakan bisa diatasi dengan tingkat keberhasilan rata-rata 70 persen.

Untuk memperbaiki kerusakan LCD tersebut, tidak dibutuhkan spare part khusus, karena masalah yang terjadi biasanya hanya masalah modifikasi pada jalur plastik yang menempel pada kaca LCD. Jalur plastik yang menghubungkan antara PCB dengan kaca LCD sering bermasalah karena daya rekat yang semakin lama semakin berkurang. Berbeda dengan jalur yang terbuat dari tembaga atau yang lainnya, jalur plastik ini lapisan karbon yang dilukis pada permukaan plastik, lapisan karbon terhubung dengan layar LCD dengan perekat khusus, makanya tak heran jika sering timbul masalah pada bagian perekatnya.

Kisaran biaya untuk service tergantung dari kebijakan teknisi yang bersangkutan. Hal ini memang membutuhkan kesabaran dan ketelitian untuk bisa membuat lapisan plastik menempel dengan semestinya. Teknik yang biasa dipakai adalah dengan memberikan tekanan pada jalur tersebut dengan sedikit pemanasan. Namun, risiko untuk memperbaiki LCD ini sangat besar yang bisa berakibat jalur plastik yang menempel pada permukaan PCB atau kaca LCD rusak. Kalau sudah terjadi hal demikian, maka LCD tidak bisa diperbaiki lagi.

Harga Yamaha PSR S500

Lalu, berapa harga Yamaha PSR S500 saat ini? Sayangnya, sekarang produk instrumen tersebut sangat susah ditemukan. Namun, Anda masih bisa membeli produk bekasnya di sejumlah lapak jual beli online dengan harga Rp3.800.000 hingga Rp4.850.000, tergantung kondisi barang. Sebagai perbandingan, tahun lalu, Yamaha PSR S500 dijual dengan harga Rp4,5 juta hingga Rp5,2 jutaan untuk produk second.

[Update: Panca]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.