Update Info Terbaru Rincian Biaya Hidup di Malaysia

No comment 9614 views

merupakan salah satu di kawasan Asia yang banyak dirujuk pelajar asal Indonesia yang ingin melanjutkan di luar negeri, selain Jepang dan Korea Selatan. Ada beberapa faktor kenapa negara yang masih satu rumpun dengan Indonesia tersebut menjadi lokasi tujuan , di antaranya rata-rata di memiliki durasi yang lebih pendek dibandingkan kuliah di Indonesia.

Restoran Malaysia - wherejessate.com

Restoran Malaysia - wherejessate.com

Selain itu, keunggulan lain kuliah di Malaysia adalah banyaknya perguruan tinggi atau yang menjalin kerjasama dengan internasional dari Australia, Amerika Serikat, Inggris, Selandia Baru, dan negara lain. Hal ini memungkinkan para mahasiswa mendapatkan dua ijazah ketika lulus kuliah.

Di luar itu, kondisi ekonomi yang relatif stabil membuat mahasiswa yang kuliah di Malaysia tak perlu terlalu sibuk memikirkan hal-hal di luar studi. dan budaya Malaysia yang multikultural juga dapat membantu mahasiswa untuk memperkaya pengetahuan. Di Malaysia, mahasiswa juga diperkenankan izin untuk bekerja secara part time (paruh waktu) 20 jam per minggu ketika libur.

Biaya Hidup di Malaysia - www.goodnewsfromindonesia.id

Hidup di Malaysia - www.goodnewsfromindonesia.id

Biaya kuliah di Malaysia sendiri bervariasi, tergantung kebijakan masing-masing universitas atau perguruan tinggi. Rata-rata uang kuliah untuk menempuh gelar sarjana di Malaysia sekitar RM 47.500 per tahun atau setara Rp 157 jutaan jika dikonversikan dalam rupiah. Sedangkan biaya kuliah untuk gelar MBA Bisnis di Malaysia rata-rata sekitar RM 31.000 per tahun (Rp 102 jutaan).

Selain biaya kuliah, biaya hidup juga harus dipikirkan mereka yang mau melanjutkan studi di Malaysia. Biaya hidup ini mencakup sewa tempat tinggal, makan, transportasi, hingga kebutuhan lainnya. Berikut terbaru mengenai rincian biaya hidup di Malaysia.

Sewa Kamar atau Tempat Tinggal

Biaya sewa akomodasi di Malaysia berkisar antara RM 300-600 (Rp 994 ribuan – Rp 2 jutaan) per bulan, tergantung lokasi dan jenis akomodasi yang Anda pilih, apakah asrama dalam kampus, atau apartemen, kondominium, maupun rumah.

makanan di Malaysia ternyata sangat terjangkau. Selain itu, karena Malaysia merupakan negara yang multikultur, maka variasi menu di sini sangat beragam. Biaya makanan diperkirakan sekitar RM 450-600 (Rp 1,4 jutaan – Rp 1,8 jutaan). Ini didasarkan pada biaya sekitar RM 15-20 (Rp 47-62 ribuan) untuk 3 kali makan per hari.

Transportasi

Transportasi umum di Malaysia sangat praktis. Anda bisa naik bus, MRT, atau kereta untuk bepergian ke suatu tempat. Perjalanan dengan transportasi umum biasanya menghabiskan dana sekitar RM 30-50 atau sekitar Rp 93 ribuan hingga Rp 155 ribuan per bulan.

Telekomunikasi

Paket ponsel dan internet di Malaysia juga beragam. Rata-rata siswa yang tinggal di Malaysia menghabiskan biaya sekitar RM 30-80 (Rp 93 ribuan – Rp 250 ribuan) per bulan untuk keperluan komunikasi dan internet.

Biaya Lain-Lain

Biaya pribadi bulanan di Malaysia sangat tergantung dari gaya hidup Anda. Jika Anda bisa berhemat, maka kira-kira biaya pribadi bulanan yang dibutuhkan sekitar RM 100-200 (Rp 310 ribuan hingga Rp 622 ribuan) saja.

(Penulis: Dian Kartika)

Baca juga  Update Harga Gula Pasir 1 Kg Tahun 2018
loading...
author
Anak band yang gak suka nonton boyband. Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Pernah dipaksa baca berita infotainmen tiap hari sampai akhirnya memutuskan lebih suka info teknologi yang lebih sedikit gosip.

Leave a reply "Update Info Terbaru Rincian Biaya Hidup di Malaysia"