Update Estimasi Biaya Hidup Mahasiswa di Bandung

merupakan salah satu kota besar di . Ibu kota Provinsi Jawa Barat ini banyak memiliki keunggulan, mulai dari sektor , bisnis, kuliner, hingga pendidikan. Selain terkenal sebagai sentra fashion Indonesia, di Bandung juga terdapat banyak universitas atau perguruan tinggi yang berkualitas. Maka tak heran jika Bandung menjadi destinasi kaum pendatang, utamanya bagi mereka yang ingin mengadu nasib ataupun melanjutkan kehidupan sebagai (kuliah).

Sebelum memutuskan untuk tinggal sementara di sebuah daerah atau kota, maka berbagai pertimbangan tentunya patut menjadi sebuah perhatian sejak awal. Hal ini dianggap sangat penting, terutama bagi Anda yang akan merantau dan tinggal terpisah dari orang tua (keluarga).

Biaya Hidup Mahasiswa di Bandung - medium.com

Mahasiswa di Bandung - medium.com

Apapun alasan kepindahan Anda ke sebuah kota tujuan, baik untuk bekerja atau melanjutkan pendidikan sebagai mahasiswa, masalah biaya hidup menjadi sebuah pertimbangan wajib yang harus diperhitungkan dengan baik. Karena jangan sampai Anda tinggal di sebuah kota yang tidak pernah Anda kenal sebelumnya, di mana sejumlah biaya hidupnya ternyata di luar jangkauan keuangan Anda. Hal tersebut tentunya akan sangat merepotkan.

Sebagian besar orang berpendapat bahwa semakin besar sebuah kota, maka akan semakin besar pula biaya hidup di sana. Hal seperti ini tentu wajib untuk Anda pahami dengan baik, sebelum Anda memutuskan untuk tinggal dan menetap di sebuah kota.

Pada dasarnya, beberapa kota di Indonesia memberikan banyak kemudahan bagi pendatang, di mana jumlah biaya hidup yang dibutuhkan ternyata terjangkau bagi hampir semua kalangan. Sebut saja Yogyakarta atau Solo, kedua kota ini tentu menjadi pilihan utama bagi banyak sekali pelajar, sebab biaya hidup di sana memang terbilang murah dan nyaman bagi kantong mahasiswa.

Namun hal ini tentu dibarengi dengan sejumlah pendapatan yang terbilang rendah pula, sebab UMK di kedua wilayah tersebut tidak terlalu tinggi. Artinya, jumlah biaya hidup tentu akan selalu sebanding dengan jumlah pendapatan rata-rata di sebuah kota, sehingga penduduk di sana dapat menyesuaikan penghasilannya dengan jumlah kebutuhannya.

Jika melihat Kota Bandung dan Jakarta, maka sudah jelas kedua kota ini termasuk ke dalam kota terbesar yang ada di Indonesia. Jadi, wajar saja jika biaya hidup di sana juga terbilang cukup tinggi. Meski keduanya termasuk kota besar, namun bagi Anda yang pernah berkunjung ke Bandung dan Jakarta, maka Anda tentu paham perbedaan keduanya. Bisa dipastikan, Ibu Kota akan mematok sejumlah biaya hidup yang lebih tinggi dari kota Bandung.

Berdasarkan pada survei biaya hidup yang dilakukan oleh Biro Pusat Statistik (BPS) di Kota Bandung tahun 2012, memperoleh hasil bahwa biaya hidup di Kota Kembang bisa mencapai Rp5.630.382 dengan rata-rata anggota keluarga sebanyak 4 orang. Perolehan nominal biaya hidup tersebut termasuk dalam peringkat nomor 15 tertinggi dari 82 kota yang ada di Indonesia. Rata-rata kebutuhan paling besar bagi masyarakat Bandung digunakan untuk membeli , tempat tinggal, air, listrik, gas, bakar kendaraan, serta transportasi dan komunikasi.

Namun bagi Anda yang merupakan seorang mahasiswa dan hendak kuliah di Bandung, sebenarnya ada banyak cara untuk menghemat pengeluaran bulanan selama hidup di sana. Cara berhemat selama di Bandung bisa dimulai dari pemilihan tempat tinggal sementara alias kost hingga biaya untuk makan.

Jika Anda hendak sewa rumah atau kost, Anda bisa memilih lokasi kost atau persewaan yang tidak terlalu jauh dari kampus, meskipun dengan fasilitas yang standar. Hal ini bisa menghemat pengeluaran karena Anda tidak perlu untuk mengeluarkan biaya tambahan yang terlalu besar untuk keperluan transportasi. Pilihan lainnya bisa juga kontrak satu rumah bersama dengan teman-teman, hal ini bisa lebih menekan biaya dengan bayar kontrakan secara patungan.

Biaya Hidup Mahasiswa di Bandung - www.dirumahku.com

Biaya Hidup Mahasiswa di Bandung - www.dirumahku.com

Namun, apabila letak tempat tinggal sementara Anda agak jauh dari kampus, atau jika Anda hendak bepergian, Anda bisa memanfaatkan fasilitas angkutan kota, bus, ataupun ojek online. Angkutan Kota atau biasa disebut ‘angkot’ merupakan transportasi umum yang paling mudah dijumpai di Bandung. Masing-masing angkot memiliki rute yang berbeda-beda sesuai dengan kode jurusan yang tertera.

Sementara untuk urusan makan, Bandung sebagai pusat kuliner tak pernah kehabisan alternatif makanan untuk Anda konsumsi. Bandung memang terkenal akan banyaknya jajanan yang unik, murah, dan lezat. Selama menjadi mahasiswa, Anda bisa menyisihkan uang sekitar Rp 10 ribu hingga Rp 15 ribu untuk menu makanan standar di warung.

Biaya Hidup Mahasiswa di Bandung

Jenis Pengeluaran Kisaran Biaya (Rp)
Kost Dengan Fasilitas Lengkapmulai 1.000.000 per bulan
Kost Hanya Kamar Kosong Tanpa Perabotmulai 500.000 per bulan
Makan di Warung10.000-15.000
Transportasi Angkutan Kota2.000-7.000
Transportasi Bus Damri3.000-10.000 tergantung rute
Transportasi Ojek Online2.000/kilometer dari kilometer pertama dengan tarif minimum 4.000

Untuk menekan anggaran selama hidup sebagai mahasiswa di Bandung, Anda juga dapat mencoba menjadi wirausaha. Bisnis yang Anda jalankan pun tidak perlu bisnis yang besar. Mulailah dari bisnis yang hanya membutuhkan modal kecil seperti berjualan makanan yang dapat Anda pasarkan ke teman-teman kampus. Siapa tahu dari bisnis kecil ini akan ada kesempatan yang terbuka untuk menjalankan usaha yang lebih besar.

Cara ini selain melatih jiwa wirausaha Anda, juga dapat sebagai cara memperoleh uang jajan tambahan. Cobalah juga untuk memperluas lingkup pertemanan Anda dan aktif baik di kampus atau di lingkungan kost Anda. Dengan demikian, Anda memiliki kesempatan untuk diundang ke berbagai cara dan mendapatkan makan gratis yang dapat menghemat biaya makan Anda di hari-hari tertentu.

Ke depannya, Anda juga akan lebih mudah mendapatkan seperti tentang lowongan pekerjaan dari orang-orang sekitar. Itulah beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk hidup hemat di kota Bandung atau mungkin kota lain di mana Anda akan tinggal.

(Penulis: Nurina Thirafi)

Baca juga  Info Harga Terbaru Indomie Mie Instan 1 Dus (All Varian/Rasa)
loading...
  1. author

    Rahmad hidayat1 tahun ago

    Rekomendasikan untuk kost2an murah dong sekitaran Univ.padjajaran

    Reply
    • author

      redaktur1 tahun ago

      Terimakasih atas responnya.
      Semoga nextime kita bisa masukkan juga infonya

Leave a reply "Update Estimasi Biaya Hidup Mahasiswa di Bandung"