Persyaratan Pendaftaran Mahasiswa Baru & Biaya Kuliah di STFM Tangerang

Tinggi Farmasi Muhammadiyah (STFM) merupakan salah satu swasta. STFM Tangerang memiliki dua kampus. Kampus pertama ada di Jalan Syekh Nawawi, dan kampus kedua di Jalan Bhakti Manunggal.

Sekolah Tinggi Farmasi Muhammadiyah (STFM) merupakan salah satu kampus swasta. STFM Tangerang memiliki dua lokasi kampus. Biaya studi (kuliah) terdiri dari beberapa komponen di antaranya BPP, BOP, daftar ulang per semester, biaya administrasi, uang kuliah awal, orientasi kampus.

Mahasiswa farmasi melakukan penelitian

Sekolah Tinggi Farmasi (STF) Muhammadiyah telah mendapat izin penyelenggaraan dan pengelolaan kegiatan pembelajaran Program Studi Farmasi jenjang Strata satu (S1) dan program Diploma III (D3) berdasarkan SK Mendiknas No, 197/D/ 0/2005. Dengan berdirinya STF Muhammadiyah didirikan dengan tujuan, salah satunya menunjang kegiatan Pemda dalam meningkatkan SDM Masyarakat Provinsi Banten, khususnya Kota Tangerang yang kini telah menjadi kota industri yang memerlukan tenaga pelayanan dan distribusi bidang farmasi dalam lingkungan Industri.

Pada tahun 2018, STFM Tangerang kembali membuka pendaftaran mahasiswa baru melalui beberapa jalur, seperti jalur reguler, jalur undangan atau prestasi, dan program beasiswa kader Muhammadiyah.

Penerimaan mahasiswa baru akan rutin dilaksanakan pada setiap gasal. Seleksi dilaksanakan pada calon mahasiswa dengan kriteria yang memenuhi persyaratan dasar-dasar keilmuan khusus (diutamakan bidang MIPA). Hal itu didasari karena misi utama STFM Tangerang yaitu mencetak mahasiswa yang unggul dan profesional di bidang farmasi serta mampu menggabungkan dua kompetensi sekaligus yaitu riset dan kewirausahaan.

Proses penerimaan mahasiswa baru pada semua program studi (prodi) S1 akan dilaksanakan oleh Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru Program dengan koordinasi Program Studi. Jumlah mahasiswa baru yang diterima telah ditetapkan berdasarkan rasio dosen per prodi.

Biaya

STFM Tangerang membebankan biaya kuliah bagi setiap mahasiswanya. Biaya studi (kuliah) terdiri dari beberapa komponen, di antaranya:

  • Biaya Pengembangan Pendidikan (BPP) atau Uang Bangunan dan Biaya Operasional Pendidikan (BOP)
  • Biaya daftar ulang per semester
  • Biaya administrasi
  • Uang kuliah awal (besarnya akan ditetapkan berdasarkan keputusan Senat STFM)
  • Uang orientasi kampus, jas almamater, wisuda, KKN. Biaya-biaya ini telah diperhitungkan dalam UKT (Uang Kuliah Tunggal). Sedangkan, biaya di luar UKT meliputi biaya PKL, ujian skripsi, dan lainnya

Nominal biaya-biaya di atas, dilansir dari situs resminya, belum ada informasinya. Sebagai gambaran, biaya pendaftaran (pembelian formulir) dibanderol Rp 350.000. Sedangkan ketentuan lain pembayaran UKT akan ditentukan lebih lanjut.

Syarat Pendaftaran

Sekolah Tinggi Farmasi Muhammadiyah (STFM) merupakan salah satu kampus swasta. STFM Tangerang memiliki dua lokasi kampus. Biaya studi (kuliah) terdiri dari beberapa komponen di antaranya BPP, BOP, daftar ulang per semester, biaya administrasi, uang kuliah awal, orientasi kampus.

Aktivitas di laboratorium farmasi

  • Lulusan SMA/SMK/MA sederajat.
  • Lulusan D-III (D3) Farmasi alih jenjang ke S1 Farmasi.
  • Mahasiswa transfer dari perguruan tinggi lain yang memiliki prodi sama sesuai dengan aturan DIKTI.
  • Pendaftar dengan nilai rata-rata 7,5 akan diberi kebebasan masuk tanpa tes.
  • Mengumpulkan berkas pendaftaran yang meliputi fotokopi ijazah yang dilegalisasi. Jika belum memiliki ijazah, dapat menggunakan Surat Keterangan Lulus/rapor semester 5. Selain ijazah atau SKL/rapor, pendaftar juga wajib mengumpulkan foto ukuran 3x4.
  • Fotokopi piagam atau prestasi lomba baik di bidang akademik atau non-akademik (jalur undangan)
  • Fotokopi KTP
  • Surat keterangan tidak buta warna
  • Khusus pendaftar jalur beasiswa, diwajibkan melampirkan surat rekomendasi dari PDM yang menyatakan bahwa yang bersangkutan adalah aktivis kader Muhammadiyah, dan fotokopi kartu anggota Muhammadiyah.

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya mengenai jalur penerimaan mahasiswa baru, STFM Tangerang setidaknya membuka 3 jalur. Untuk program reguler, akan dilaksanakan dengan ujian atau tes tulis. Program reguler dibuka untuk semua prodi S1 dan D3. Program reguler ditujukan untuk semua lulusan sebelum tahun 2018 dan lulusan tahun 2018.

Sementara itu, untuk program jalur undangan akan dilaksanakan tanpa tes tulis. Mahasiswa yang nantinya diterima melalui jalur undangan akan diwajibkan membayar BPP dan BOP sesuai ketentuan jalur reguler gelombang pendaftaran. Program ini juga dibuka untuk prodi S1 dan D3. Jalur undangan sendiri terdiri dari jalur prestasi lomba di bidang akademik dan non-akademik.

Untuk jalur beasiswa, berbeda dengan kedua jalur sebelumnya, jalur ini mewajibkan pendaftar mengikuti tes tulis dan wawancara. Peserta beasiswa yang lulus nantinya bisa mendapatkan potongan BPP sebesar 50 persen dan potongan BOP sebesar persentase yang sama ketika kuliah berjalan dengan syarat IPK 3,70. Untuk IPK 3,5 maka akan dipotong biaya sebesar 30 persen, dan IPK 3,00 akan dipotong sebesar 15 persen.

Jadwal Pendaftaran

Sekolah Tinggi Farmasi Muhammadiyah (STFM) merupakan salah satu kampus swasta. STFM Tangerang memiliki dua lokasi kampus. Biaya studi (kuliah) terdiri dari beberapa komponen di antaranya BPP, BOP, daftar ulang per semester, biaya administrasi, uang kuliah awal, orientasi kampus.

Pengobatan medis, bidang yang digeluti sekolah farmasi

Berdasarkan informasi di situs resmi STFM Tangerang (stfm.ac.id), jadwal penerimaan mahasiswa baru di tahun 2018 belum ada informasi terbaru. Tetapi, apabila melihat jadwal di tahun 2017, pendaftaran sudah dimulai dari bulan Januari-Maret untuk gelombang I, dilanjutkan di bulan April-Juni untuk gelombang II, dan gelombang III dimulai dari bulan Juli-Agustus. Untuk informasi lebih lanjut mengenai jadwal terbaru, Anda bisa menghubungi pihak kampus.

Pelaksanaan kegiatan penerimaan mahasiswa baru (PMB) di STFM Tangerang menerapkan sistem one day service yang diawali dengan membayar biaya pendaftaran, mengisi formulir pendaftaran, mengikuti tes dengan sistem , mengikuti tes wawancara, menerima SK kelulusan dari panitia, kemudian membayar biaya kuliah awal yang meliputi BPP, BOP, infak, dan perpustakaan di rekening bank yang ditunjuk. Berdasarkan informasi PMB tahun lalu, rekening yang digunakan adalah rekening Bank BNI Syariah.

Setelah selesai membayar biaya kuliah awal, mahasiswa baru kemudian menyerahkan berkas administrasi yang meliputi KTP, fotokopi ijazah legalisasi, dan transkrip nilai. Kemudian mengisi KRS online dan menyerahkan printout KRS ke dosen wali. Lalu, menyerahkan berkas KRS ke bagian BAAK.

Untuk memperoleh informasi lebih lanjut, Anda bisa menghubungi pihak kampus melalui info kontak berikut ini.

STFM (Sekolah Tinggi Farmasi Muhammadiyah) Tangerang

Kampus I (A):
Jalan Syekh Nawawi (Raya Pemda) KM.4 Nomor 3, Matagara, Tigaraksa, Kabupaten Tangerang
Telepon (021) 2986 7307

Kampus II (B):
Jalan Bhakti Manunggal nomor 5, Salahaur, Rangkasbelitung, Kabupaten Lebak, Banten
Telepon (0252) 205884

Baca juga  Biaya Kuliah Terbaru Universitas Pelita Harapan (UPH)
loading...
author
Literatur akuntansi sudah digeluti hingga pendidikan pascasarjana. Bagiku ini adalah seni pencatatan dan pengikhtisaran transaksi keuangan dan penafsiran akibat suatu transaksi terhadap suatu unit ekonomi.

Leave a reply "Persyaratan Pendaftaran Mahasiswa Baru & Biaya Kuliah di STFM Tangerang"