Pengertian & Info Kisaran Biaya Appraisal KPR Bank di Indonesia

Saat hendak membeli sebuah properti seperti atau mengajukan kredit pemilikan alias KPR, ada sejumlah yang perlu Anda bayarkan di luarkan jual rumah itu sendiri. Biaya-biaya yang perlu Anda keluarkan tersebut biasanya tak jauh-jauh dari biaya , asuransi, provisi , notaris, pajak, hingga biaya appraisal atau survei aset properti.

properti - www.investopedia.com

properti - www.investopedia.com

Appraisal Bank merupakan penilaian yang dilakukan pihak bank untuk memeriksa kebenaran data antara pengajuan kredit dengan data yang ada di lapangan, sekaligus melakukan taksiran bangunan untuk mengetahui berapa nilai harga rumah yang diajukan dalam kredit. Pihak bank umumnya akan menaksir harga rumah sesuai dengan harga pasaran di daerah tersebut.

Agar memperoleh nilai appraisal yang tinggi, ada beberapa langkah yang bisa dilakukan, misalnya saja dengan renovasi kecil. Bila rumah sudah tua, tak ada salahnya untuk melakukan pengecatan ulang supaya rumah Anda tampak lebih sedap dipandang. Kemudian rumah juga harus tampak bersih dan terawat ketika appraisal bank dilakukan.

Baca juga  Update Terbaru Produk Tabungan Tanpa Biaya Bulanan (CIMB Niaga, Danamon, Maybank, Bank Mega, Bank Syariah)

Agar bisa lolos appraisal bank, rumah yang hendak diajukan harus memenuhi beberapa kriteria yang dimiliki oleh bank, yakni lebar jalan depan rumah sekitar 4 meter, bebas banjir, jauh dari lokasi kuburan, jauh dari sutet, dan rumah masih layak untuk dihuni.

Biaya appraisal bank sendiri sangat bervariasi, tergantung dari luas tanah dan bangunan, serta tergantung ketentuan bank yang memberikan kredit. Umumnya biaya appraisal yang diterapkan oleh sejumlah bank di Indonesia berkisar antara Rp 150 ribu hingga Rp 1,5 juta. Untuk mengetahui lebih detail seputar berapa nominal biaya appraisal, Anda bisa menanyakannya secara langsung ke pihak bank yang bersangkutan.

Sebagai gambaran, berikut ini kami rangkum informasi biaya appraisal dari sejumlah bank yang ada di Indonesia mulai dari Bank , , Bukopin, Commonwealth, HSBC, Mandiri, OCBC NISP, Panin, Permata, BRI, hingga .

Baca juga  Update Mengenai Berbagai Macam Produk Tabungan di BNI Syariah
Nama Layanan KPR BankBiaya Appraisal
KPR BNI GriyaRp 250 ribu – Rp 500 ribu
KPR BTN PlatinumRp 150 ribu
KPR Bank BukopinRp 150 ribu
KPR Bank CommonwealthSesuai tarif
KPR HSBCRp 250 ribu – Rp 500 ribu
KPR Mandiri DuoRp 250 ribu – Rp 500 ribu
KPR OCBC NISPPlafon kredit < Rp 5 miliar: bebas biaya

Plafon kredit Rp 5 miliar: sesuai tarif

KPR Panin BankRp 500 ribu
KPR Permata Bijak Bank PermataRp 500 ribu
KPR BRIRp 700 ribu – Rp 1,5 juta
KPR BCASesuai tarif
loading...
author
Pengamat produk dan harga komoditas. Saat ini tinggal di Kota Malang.

Leave a reply "Pengertian & Info Kisaran Biaya Appraisal KPR Bank di Indonesia"