Update Pengertian dan Contoh Biaya Langsung (Direct Cost)

, mungkin hal ini tidak bisa dilepaskan dari keseharian kita. dibutuhkan ketika kita menginginkan suatu atau . Untuk bersekolah atau kuliah, kita perlu membayar biaya. Untuk mengurus dokumen perizinan, kita juga membutuhkan biaya. Selain itu, kebutuhan pokok sehari-hari, seperti listrik, air, dan telepon, kita juga memerlukan biaya.

Dalam ilmu akuntansi dan manajemen, biaya dapat diartikan sebagai pengorbanan ekonomis yang dibuat untuk memperoleh barang atau jasa. Biaya juga bisa berarti sesuatu yang berkonotasi sebagai penunjang yang harus dikorbankan untuk memperoleh tujuan akhir, yaitu mendatangkan laba. Selain itu, biaya juga bisa disebut sebagai kas atau nilai ekuivalen kas yang dikorbankan untuk mendapatkan barang atau jasa yang diharapkan memberikan manfaat saat ini atau di masa yang akan datang.

Biaya Langsung (Direct ) - www.cermati.com

Biaya sendiri dapat diklasifikasikan menjadi beberapa jenis atau golongan, seperti biaya tetap (fixed cost), biaya variabel (variable cost), biaya operasional (operational cost), biaya perawatan (maintenance cost), biaya (investment cost), hingga biaya produksi. Namun, pada artikel kali ini, kita akan membahas tentang biaya langsung atau direct cost.

Menurut Hilton (2005), biaya langsung merupakan “a cost that can be traced to a particular department is called a direct cost of a department”. Pengertian biaya langsung dapat diartikan sebagai biaya yang terjadi ketika penyebab satu-satunya adalah karena ada sesuatu yang harus dibiayai. Biaya langsung adalah biaya yang terjadi pada suatu segmen dan terjadinya karena segmen tersebut. Biaya ini merupakan biaya yang dapat ditelusuri dengan jelas dan nyata ke bagian segmen tertentu yang akan dianalisis.

Jika suatu merancang sebuah bangunan baru dan perlu menyewa seorang manajer proyek untuk mengawasi konstruksi tersebut, maka gaji manajer proyek yang bersangkutan bisa dikategorikan sebagai biaya langsung. Contoh lain biaya yang termasuk dalam biaya langsung di antaranya biaya kerikil, pasir, semen, dan upah pekerja yang terjadi pada proses produksi beton. Konsep biaya langsung ini lebih luas dibandingkan biaya pengertian baku langsung atau tenaga kerja langsung.

Dalam Rencana Biaya (RAB) untuk jasa konsultasi, Anda juga bisa menemukan contoh biaya langsung. Biaya langsung yang dimaksud adalah biaya langsung personel (tenaga ahli) untuk jasa konsultan, jasa lainnya dan untuk tenaga pendukung. Besarnya biaya langsung dihitung berdasarkan harga pasar yang berlaku dan wajar serta didasarkan pada dokumen yang dapat dipertanggungjawabkan yaitu melalui gaji yang telah diperiksa (audited payroll) disertai bukti pembayaran pajak terhadap gaji yang diterima.

Biaya langsung personel terdiri dari 2 (dua) bagian, yaitu biaya langsung personel untuk pengadaan jasa undangan internasional, dan biaya langsung personel untuk pengadaan jasa undangan nasional.

Biaya langsung personel bagi seorang tenaga ahli yang memberikan jasa konsultasi dihitung menurut jumlah satuan waktu tertentu (bulan, minggu, hari, dan jam) dikalikan dengan biaya langsung personel yang ditetapkan berdasarkan pengalaman profesional riil sejak lulus dari pendidikan tinggi, dan akreditasi dari asosiasi profesi, atau lembaga yang ditunjuk pemerintah (bagi konsultan perorangan).

Contoh Biaya Langsung - www.usatoday.com

Contoh Biaya Langsung - www.usatoday.com

Sedangkan, biaya langsung personel yang dihitung sudah mencakup gaji dasar (basic salary) (termasuk PPh), beban biaya sosial (social charge), beban biaya umum (overhead), tunjangan penugasan, dan keuntungan.

Bersama dengan biaya langsung, dikenal pula biaya tidak langsung atau indirect cost. Biaya tidak langsung merupakan biaya yang tidak dapat dikaitkan dengan objek biaya tertentu secara akurat. Biaya ini mencakup hal-hal seperti iklan dan pemasaran, depresiasi , persediaan perusahaan, akuntansi, dan penggajian. Bisa dibilang, biaya tidak langsung adalah beragam biaya yang berguna untuk mempertahankan seluruh perusahaan dan bukan hanya biaya-biaya yang terkait dengan pembuatan tertentu.

Salah satu jenis biaya tidak langsung adalah biaya umum, yang merupakan biaya yang bersama-sama dinikmati oleh sejumlah objek biaya. Gaji manajer proyek bisa menjadi biaya tidak langsung dari setiap jenis produk yang mereka hasilkan. Gaji manajer proyek ini disebut juga dengan biaya umum.

[Dian]

Baca juga  Kelebihan dan Harga GRC Board 3mm di Pasaran
loading...
author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Penyuka musik dan sedikit audiophile.

Leave a reply "Update Pengertian dan Contoh Biaya Langsung (Direct Cost)"