Jadwal Pendaftaran dan Biaya Pondok Pesantren Az-Zikra TA 2023/2024

Jika KH Abdullah Gymnastiar (atau AA Gym) memiliki pondok pesantren yang dinamakan Daarut Tauhiid, maka Ustaz Arifin Ilham juga ‘tidak mau kalah’ dengan mendirikan Pondok Pesantren Az-Zikra. Pondok ini berlokasi di kawasan Sentul, Kota Bogor dan telah dibangun sejak tahun 2012 lalu, serta diklaim memiliki ratusan lulusan yang tersebar di kawasan Jabodetabek, Kalimantan, Sumatera, Sulawesi, , hingga luar negeri seperti Jepang. Biaya studi di Pondok Pesantren Az-Zikra terbilang bervariasi, tergantung program pilihan.

Pondok Pesantren Al Quran dan Sunnah Az-Zikra/PPASA (sumber: langit7.com)
Pondok Pesantren Al Quran dan Sunnah Az-Zikra/PPASA (sumber: langit7.com)

Profil Pondok Pesantren Az-Zikra

Pembangunan Pondok Pesantren Al Quran dan Sunnah Az-Zikra (PPASA) dirintis oleh KH Muhammad Arifin Ilham sejak tahun 2012 lalu. Ustaz Arifin Ilham sendiri adalah salah seorang pendakwah atau dai yang cukup kondang di Indonesia. Pria yang lahir di Banjarmasin pada tanggal 8 Juni 1969 tersebut cukup sering muncul dalam siaran agama di beberapa stasiun televisi swasta, dan juga sempat mendirikan majelis taklim bernama Adz-Dzikra pada tahun 2000 silam.

Bacaan Lainnya

Tarbiyah atau pendidikan di pesantren ini langsung di bawah Ustaz Arifin Ilham dengan tim dewan Asatidz Az-Zikra. Pada tahun ajaran 2015, pondok ini memulai program SPM unggulan Tahfidzul Quran, bahasa Arab, dan bahasa Inggris, yang bertujuan untuk mendidik generasi yang soleh, dengan tetap menerima pendidikan umum yang seiring sejalan dengan materi unggulan pesantren.

Secara umum, misi Pondok Pesantren Az-Zikra adalah menyelenggarakan pendidikan Islam yang sesuai dengan pemahaman Ahlus sunnah wal jama’ah. Selain itu, membekali peserta didik atau santri dengan ilmu yang bersumber dari Al Quran dan hadis Nabi Muhammad SAW, serta teknologi dan keterampilan yang bermanfaat; mewujudkan lingkungan pendidikan Islami berdasarkan kesalihan ilmu dan keikhlasan amal; mewujudkan generasi Robbaniy yang mandiri dan berprestasi; serta meningkatkan layanan pendidikan yang bermutu.

Untuk mencapai tujuan tersebut, Pondok Pesantren Az-Zikra telah didukung dengan tenaga pengajar yang diklaim merupakan lulusan Sarjana atau S1 Pendidikan atau sesuai kompetensi dari dalam dan luar  negeri, bermanhaj Ahlus sunnah wal jama’ah, berpengalaman dan aplikatif serta mediatif, juga tenaga pendidikan tahfidz dan diniyah berpengalaman.

Pondok Pesantren Az-Zikra sendiri sudah didukung fasilitas guna memperlancar aktivitas belajar dan mengajar. Selain masjid dan aula yang megah, kondusif, dan representatif, pondok pesantren ini juga memiliki gedung (ruang , asrama, perpustakaan, laboratorium komputer, dan ruang makan yang diklaim sehat dan bersih serta ber-AC), lapangan olahraga (futsal, basket, bulutangkis), kantin dan minimarket Islami, ruang MCK bersih dan sehat, ruang UKS, serta mobil ambulans.

Jenjang Studi Pondok Pesantren Az-Zikra

  • RA Az-Zikra (Raudhatul Athfal) setingkat TK. RA Az-Zikra (Raudhatul Athfal) merupakan jenjang pendidikan anak usia dini dalam bentuk pendidikan formal, di bawah pengelolaan Kementerian Agama dan binaan KH Muhammad Arifin Ilham sejak tahun 2012.
  • MI Plus Az-Zikra (Madrasah Ibtidaiyah) setingkat SD. MI Plus Az-Zikra adalah Madrasah yang dirintis dan dibina oleh KH Muhammad Arifin Ilham pada tahun 2017 dibawah naungan Yayasan Az-Zikra. Struktur kurikulum mengolaborasikan antara Kurikulum Kementerian Agama RI dan Kurikulum Tahfidz.
  • SMP-IT Az-Zikra (Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu). Sekolah ini menggunakan kurikulum SMP 2013 dan telah terakreditasi B.
  • MA Plus Az-Zikra (Madrasah Aliyah) setingkat SMA. MA Plus Az-Zikra adalah sekolah yang setara dengan SMA jurusan IPS yang terintegrasi dengan program pendidikan pesantren selama 3 tahun boarding.
Santri Pondok Pesantren Az-Zikra (sumber: ponpes-azzikra.org)
Santri Pondok Pesantren Az-Zikra (sumber: ponpes-azzikra.org)

Kurikulum pendidikan yang dijalankan Pondok Pesantren Az-Zikra merupakan perpaduan urikulum pendidikan nasional dan Islam, dengan beberapa program unggulan boarding school, mencakup Tahfidzul Quran, bahasa Arab, dan bahasa Inggris. Sementara itu, materi utama pengayaan mencakup Aqidah Ahlus sunnah wal jama’ah, Fiqih praktis ibadah (Imam Syafi’i rohimmahulloh), dan Adab Islami (Akhlaqul Karimah). Sebagai gambaran, berikut kami rangkum biaya pendidikan di Pesantren Az Zikra untuk tahun ajaran 2023/2024.

Biaya Pondok Pesantren Az-Zikra TA 2023/2024

Jenjang StudiBiaya Awal MasukBiaya
Raudhatul Athfal (RA) Az-ZikraRp8.200.000Rp400.000
Madrasah Ibtidaiyah (MI) Plus Az-ZikraRp10.800.000Rp450.000
SMP Az-Zikra (Non Boarding)Rp9.150.000Rp500.000
SMP Az-Zikra (Boarding)Rp16.000.000Rp2.450.000
Madrasah Aliyah (MA) Az-Zikra (Boarding)Rp16.950.000Rp2.500.000

Keterangan:

  • Biaya masuk sudah terdiri dari wakaf pembangunan & sarana pendidikan, seragam (gamis,  baju olahraga, koko/jubah, dan jubah outer bagi putra), buku paket 1 tahun, kegiatan 1 tahun, ekstrakurikuler 1 tahun, kesehatan 1 tahun, SPP awal masuk.
  • Biaya pendaftaran sebesar Rp350.000.

Biaya Pesantren Az-Zikra kami rangkum dari situs resmi lembaga yang bersangkutan. Sebagai perbandingan, tahun akademik 2022/2023 lalu, biaya masuk MA Plus Putra sebesar Rp27,4 jutaan dengan besaran SPP Rp2,63 juta per bulan, sedangkan biaya masuk Muadalah putra sebesar Rp26,4 juta dengan SPP sebesar Rp2,46 juta per bulan.

Pondok Pesantren Az-Zikra (sumber: tempo)
Pondok Pesantren Az-Zikra (sumber: tempo)

Syarat Pendaftaran Pesantren Az-Zikra

  • Membayar biaya pendaftaran formulir.
  • Mengikuti tes tertulis dan wawancara.
  • Membayar biaya pendidikan.
  • Fotokopi Akta Kelahiran.
  • Fotokopi Kartu Keluarga.
  • Fotokopi kartu NISN.
  • Menyerahkan rapor terakhir.
  • Fotokopi SKHUN.
  • Fotokopi Ijazah Negeri.
  • Foto berbentuk CD-Rom (pakaian putih dan peci songkok).
  • Mengikuti Tes Kesehatan, Tes Laboratorium & Rontgen Thorax (di ponpes).
  • Surat Kemendiknas bagi peserta yang berasal dari luar negeri (WNA)
  • Memiliki dasar agama Islam, seperti dapat membaca Al Quran dengan baik dan dapat menulis dan membaca tulisan Arab dengan lancar.

Jadwal Pendaftaran Pesantren Az-Zikra TA 2023/2024

Periode PendaftaranTanggal
Gelombang 1Oktober – Desember 2022
Gelombang 2Januari – Maret 2023
Gelombang 3April – Juni 2023

Pihak ponpes memberikan diskon dari Infaq Bangunan/Dana Pendidikan bagi peserta yang mendaftar pada gelombang 1 sebanyak 30%, gelombang 2 sebesar 20% dan gelombang 3 sebesar 10%. Jika Anda membutuhkan informasi lebih lengkap, Anda bisa datang langsung ke lokasi pondok di Komplek Masjid Az Zikra, Cibadung, Gunung Sindur, Bogor, atau menghubungi nomor telepon (021) 2931 1234 atau 0821 1441 7700.

[Update: Ditta]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2 Komentar