Update Pendaftaran dan Biaya Pendidikan Pondok Pesantren Cipulus TA 2020/2021

Al-Hikamussalafiyah Cipulus merupakan salah satu lembaga pendidikan berbasis agama yang berlokasi di Nagrog, Wanayasa, Purwakarta, Jawa Barat. Berdiri sejak tahun 1840 silam, lembaga pendidikan yang lebih dikenal dengan nama Pondok Pesantren Cipulus tersebut menyelenggarakan studi untuk jenjang SD/MI, SMP, hingga SMA/SMK.

Sejarah Pondok Pesantren Cipulus

Pondok Pesantren Al-Hikamussalafiyah Cipulus (sumber: wikisantri.id)

Pondok Pesantren Al-Hikamussalafiyah Cipulus (sumber: wikisantri.id)

Seperti diutarakan sebelumnya, Pondok Pesantren Cipulus pertama kali didirikan pada tahun 1840 silam, dan kala itu dibangun oleh KH Muhammad/Ahmad bin Kiai Nurkoyyim, yang akrab disapa dengan panggilan Ajengan Emed. Ajengan Emed sendiri merupakan salah satu kesayangan Syeikh Maulana Yusuf Purwakarta, pahlawan besar Jawa Barat di abad ke-19.

Dengan berbekal ilmu yang dimiliki, Ajengan Emed mendirikan sebuah pondok pesantren sederhana yang berada di wilayah bekas ibukota Karawang, di Kecamatan Wanayasa, Kabupaten Purwakarta sekarang. Memimpin hingga akhir hayat, kepemimpinan pondok pesantren ini kemudian diteruskan oleh KH Nashir (1870-1900), KH M. Arief (1900-1920), Kiai Syu’eib (1920-1937), KH Masduki (1937-1942), dan KH Zaenal Abidin (1942-1957).

Pada tahun 1957, Pondok Pesantren Cipulus sempat bubar karena adanya gangguan keamanan akibat serangan DI/TII. Dengan alasan melindungi keberadaan pesantren dan para santri, KH Zaenal Abidin kala itu memilih untuk mengamankan diri, dengan sebagian santri ikut mengungsi bersama gurunya dan sebagian yang lain ikut dengan saudara-saudara mereka di luar kota yang dianggap lebih aman.

Selepas peristiwa tersebut, perkembangan pondok pesantren diklaim cukup pesat, dengan jumlah santri yang terus meningkat. Untuk memfasilitasi hal tersebut, pengelola kemudian membangun asrama pondokan yang sederhana, dengan tiang dari kayu yang dilapisi dinding dari bambu. Selain itu, masjid juga diperluas menjadi 0,5 hektar.

Pada tahun 1975, pondok pesantren ini diberi nama ‘Sukalaksana’. Kemudian, atas saran para tokoh serta simpatisan, nama Pondok Pesantren Sulaksana kemudian diganti lagi menjadi Pesantren ‘Al-Hikamussalafiyah’ yang berarti pesantren yang mengikuti jalan utama salaf. Nama tersebut kemudian digunakan hingga saat ini.

Materi Pelajaran di Pondok Pesantren Cipulus

Layaknya pondok pesantren lainnya, mata pelajaran di Pondok Pesantren Cipulus juga didominasi dengan pengetahuan agama Islam. Materi pokok yang diajarkan di antaranya , kitab-kitab kuning yang meliputi tauhid, fiqih, tata bahasa Arab, tasawuf, serta metode praktis dalam mendalami dan kitab kuning (amtsilati).

Di samping itu, Pondok Pesantren Cipulus juga mengajarkan materi yang lain seperti Tijan, Kifayatul Awam, Safinah, Taqrib, Riyadhul Badi’ah, Sulam Taufiq, Jurumiyah, Mutammimah, ‘Imrithi, Kailani, dan Nadzmul Maqshud. Santri pun diperkenankan mengikuti serangkaian ekstrakurikuler seperti muhadhoroh, pengajian tilawatil Al Quran, seni marawis dan hadrah, Bahasa Arab, dan lain-lain.

Santri Pondok Pesantren Al Hikamussalafiyah Cipulus (sumber: bisnispurwakarta.com)

Santri Pondok Pesantren Al Hikamussalafiyah Cipulus (sumber: bisnispurwakarta.com)

Meski demikian, Pondok Pesantren Cipulus memberlakukan beberapa larangan untuk menjaga kualitas pendidikan para santri. Para santri di antaranya dilarang melakukan semua pelanggaran syara’, dilarang membawa alat-alat elektronik (seperti radio, tape recorder, MP3, MP4, laptop) ke sekolah, dilarang membawa dan menyimpan handphone, serta dilarang membawa buku komik dan sejenisnya.

Dikutip dari akun Facebook resminya, saat ini SMK Al-Badar yang berada di bawah naungan Pondok Pesantren Al-Hikamussalafiyah Cipulus telah menerima baru untuk tahun 2020/2021. Berikut kami sajikan informasi terkini pendidikan di SMK Al-Badar.

Biaya Pendidikan Pondok Pesantren Cipulus

KomponenBiaya
PendaftaranRp300.000
Ta’arufRp250.000
SPPRp550.000 per bulan
Asuransi dan OSISRp200.000
Dana Sumbangan PembangunanRp2.500.000
Biaya praktikumRp500.000 per semester
Ujian pra semesterRp250.000

Jika dibandingkan tahun lalu, terdapat perubahan tarif biaya pendidikan di SMK Al-Badar yakni pada nominal SPP-nya per bulan. Tahun lalu, SPP di SMK Al-Badar sebesar Rp250 ribu, kini naik dua kali lipat menjadi Rp500 ribu per bulan.

Ketentuan Pembayaran:

  • Untuk pembayaran biaya , biaya ta’aruf, dan biaya asuransi plus OSIS, dibayarkan pada awal pendaftaran.
  • Untuk pembayaran SPP di awal masuk, dibayarkan dua bulan.
  • Untuk pembayaran Dana Sumbangan Pembangunan (DSP) dan biaya praktik, dibayarkan minimal 50 persen saat pertama kali masuk.
  • Total pembayaran awal sebesar Rp3.550.000, dengan sisa pembayaran bisa diangsur selama satu tahun.
  • Komponen biaya di atas belum termasuk pembiayaan pakaian atau seragam sekolah (seperti seragam pramuka, seragam putih abu-abu, baju olahraga, dan almamater), yang nantinya disediakan pihak koperasi sekolah.

Koperasi sekolah juga menyediakan perlengkapan sehari-hari seperti pakaian, sarung, peci, baju takwa, perlengkapan tidur, dan perlengkapan mandi.

Syarat Pendaftaran Pondok Pesantren Cipulus

Pondok, pesantren, pendidikan, biaya, santri, pendaftaran, SMK, SD, jenjang, fotokopi, syarat, informasi, jadwal, kampus, materi, pelajaran

SMK Al-Badar Pondok Pesantren Cipulus Alhikmaussalafiyah, Purwakarta (cipulus.blogspot.com)

Untuk bisa melanjutkan pendidikan di SMK Al-Badar Pondok Pesantren Al-Hikamussalafiyah, calon siswa wajib memenuhi beberapa persyaratan sebagai berikut.

  • Berkelakuan baik dan berbadan sehat atau tidak cacat.
  • Umur maksimal 20 tahun ketika melakukan pendaftaran.
  • Menyerahkan fotokopi ijazah terakhir yang telah dilegalisir sebanyak dua lembar.
  • Menyerahkan fotokopi SKHUN atau DANEM sebanyak dua lembar.
  • Menyerahkan surat kelakuan baik dari sekolah asal sebanyak satu lembar.
  • Menyerahkan fotokopi NISN sebanyak dua lembar.
  • Menyerahkan fotokopi Akta Kelahiran sebanyak dua lembar.
  • Menyerahkan fotokopi KTP ayah dan ibu atau wali murid sebanyak dua lembar.
  • Menyerahkan fotokopi Kartu Keluarga sebanyak dua lembar.
  • Menyerahkan fotokopi KIP atau KIS murid sebanyak dua lembar (jika ada).
  • Menyerahkan pasfoto berwarna terbaru (latar merah) ukuran 3 x 4 sebanyak empat lembar dan ukuran 2 x 3 sebanyak tiga lembar.

Usai melengkapi berkas pendaftaran, Anda dapat menyimak agenda pada masing-masing jalur pendaftaran yang telah dibuka mulai 20 Maret 2020.

Jadwal Pendaftaran dan Informasi Kontak Pesantren Cipulus

Jalur Pendaftaran SMK Al-Badar Pondok Pesantren Al-HikamussalafiyahTanggal
Gelombang 120 Maret – 20 Mei 2020
Gelombang 221 Mei – 20 Juli 2020

Pendaftaran tahun akademik 2020/2021 dibuka setiap hari Senin hingga Minggu mulai pukul 08.00 sampai dengan 16.00 WIB di Kampus SMK Al-Badar. Untuk informasi lebih lengkap, silakan menghubungi nomor ponsel 0878 2742 9485 atau 0857 5942 2003.

[Update: Ditta]

Baca juga  Info Terbaru Rincian Biaya Kuliah S3 di Binus (Universitas Bina Nusantara)
loading...
author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Penyuka musik dan sedikit audiophile.

Leave a reply "Update Pendaftaran dan Biaya Pendidikan Pondok Pesantren Cipulus TA 2020/2021"