Update Ongkir Sentral Cargo Jalur Darat, Laut, dan Udara

Apakah Anda sedang bingung mencari jasa antar barang yang tepat? Jika iya, tidak ada salahnya untuk mencoba menggunakan jasa Sentral Cargo. Perusahaan jasa yang menyediakan layanan antar barang tersebut diklaim memiliki ongkir yang tergolong murah untuk berbagai macam jalur, seperti jalur darat, laut, dan udara.

Keunggulan Sentral Cargo

Sebelum membahas lebih detail mengenai Sentral Cargo, Anda juga perlu mengetahui seluk beluk munculnya bisnis kuris seperti ini. Berawal dari penggunaan transportasi sebagai pengangkut manusia, ternyata transportasi kini bisa dipakai untuk mengangkut barang dengan kondisi yang aman sampai tujuan.

Ilustrasi: Aktivitas Sebelum Pengiriman Barang (credit: Ailani)

Ilustrasi: Aktivitas Sebelum Pengiriman Barang (credit: Ailani)

Bisa dibilang, transportasi adalah salah satu komponen penting dalam melakukan bisnis perdagangan internasional maupun . Dalam hal perdagangan menggunakan transportasi, terjadi proses inbound dan outbound logistic untuk menyalurkan barang kepada konsumen sesuai dengan alamatnya.[1] Hal inilah yang menjadi awal dari pergerakan bisnis di bidang antar atau kirim barang yang juga dilakukan oleh Sentral Cargo.

Sentral Cargo sendiri hingga saat ini menjadi salah satu agen kurir yang diminati oleh masyarakat, terutama bagi pebisnis yang menjual barangnya secara online. Hal ini karena Sentral Cargo memiliki kualitas yang bermutu, dilihat dari fasilitas dan keunggulan yang ditawarkan.

Baca juga  Update Tarif Baru Layanan ESL Express ke Berbagai Kota di Indonesia

Sentral Cargo sebagai agen cargo resmi, akan diprioritaskan oleh maskapai penerbangan untuk mengirim barang melalui jalur udara di pagi hari. Sehingga, barang dapat diterima oleh konsumen tepat waktu. Sentral Cargo juga telah memprioritaskan keamanan dan kecepatan dalam mengantar barang para konsumennya. Bahkan, setiap kendaraan telah dilengkapi GPS, CCTV 24 jam, dan ditangani oleh para yang profesional.

Dalam melakukan proses pengiriman barang, Sentral Cargo tidak hanya memperhatikan durasi waktu pengiriman. Perusahaan juga perlu melakukan pengecekan dan mencermati ongkir yang dipilih oleh pelanggan. Ada beberapa faktor yang dapat memengaruhi ongkir dari sebuah pengiriman barang yang dilakukan konsumen melalui Sentral Cargo.

Faktor Penentu Ongkir Sentral Cargo

  • Beban atau dari barang atau dokumen yang akan dikirim oleh konsumen melalui Sentral Cargo akan memengaruhi ongkir yang berlaku. Semakin tinggi angka pada beban barang yang dikirim, maka semakin mahal tarif pengirimannya.
  • Proses Pengiriman. Semakin rumit proses pengiriman suatu barang, maka semakin mahal pula ongkirnya. Jika barang harus dikirim satu kali untuk beberapa kali pengiriman, maka tarif pengirimannya akan lebih mahal dibanding dengan barang yang tidak perlu dikirim ke beberapa alamat.
  • Jarak Antar. Tujuan alamat pengiriman barang memiliki pengaruh besar terhadap ongkir yang berlaku. Semakin jauh alamat yang dituju, maka semakin mahal pula tarif pengirimannya.
  • Jenis Pengiriman. Sentral Cargo menawarkan beberapa jenis layanan dengan tarif yang berbeda, ada jenis layanan dengan ongkos pengiriman yang murah dan ada juga yang mahal. Jenis pengiriman tersebut didasarkan pada durasi pengiriman barang.
Baca juga  Info Terbaru Tarif Go-Send, Layanan Kurir Barang dari Go-Jek

Setelah Anda mengetahui keunggulan dari Sentral Cargo serta faktor-faktor yang memengaruhi ongkirnya, pastikan Anda mengetahui tarif pengiriman barang sesungguhnya sebelum menggunakan jasa Sentral Cargo.

Ongkir Sentral Cargo - sentralcargo.co.id

Ongkir Sentral Cargo - sentralcargo.co.id

Tarif Kirim Sentral Cargo Jalur Darat, Laut, Udara

Kota Asal-TujuanBiaya Pengiriman per KgDurasi
Jakarta – BandungRp20.000 (elektronik)

Rp10.000 (non elektronik)

1-2 hari
Jakarta – SemarangRp20.500 (udara)

Rp50.000 (darat)

1-2 hari
Jakarta – PalembangRp26.000 (udara)

Rp70.000 (darat)

1-3 hari
Jakarta – DenpasarRp26.500 (udara)

Rp80.000 (darat)

3-4 hari
Jakarta – PontianakRp36.000 (udara)

Rp60.000 (darat)

8-9 hari
Jakarta - MedanRp34.000 (udara)

Rp100.000 (darat)

5-7 hari
Jakarta - BalikpapanRp42.500 (udara)

Rp85.000 (darat)

7-10 hari
Jakarta - MakassarRp45.500 (udara)

Rp80.000 (darat)

7-10 hari

Pada tahun 2021 ini, Sentral Cargo melayani pengiriman via jalur darat dan udara. Untuk pengiriman Jakarta-Bandung tarifnya masih sama seperti tahun 2020 lalu, yakni Rp20.000 untuk barang elektronik, namun kini juga berlaku tarif khusus untuk barang non elektronik yang lebih murah, hanya Rp10 ribu saja.

Perlu Anda ketahui bahwa ongkir Sentral Cargo di atas tidak terikat dan dapat berubah sewaktu-waktu, sesuai dengan kebijakan pengelola. Selain kota-kota di atas, Sentral Cargo juga melayani pengiriman ke berbagai macam kota lainnya melalui jalur yang sama. Untuk mengetahui secara detail mengenai tarif pengiriman barang Sentral Cargo lainnya, Anda bisa melakukan pengecekan tarif terlebih dahulu.

Mengecek tarif pengiriman Sentral Cargo tidaklah sulit. Anda hanya perlu mengunjungi situs resmi Sentral Cargo dan mengetikkankota asal dan tujuan di bagian bawah website (dalam format yang telah disediakan). Setelah itu, klik cek tarif, maka ongkirakan muncul di bagian kanan tabel.

[Update: Dian]

[1]Mulyati, Erna &Aghitsna Iqbal Alif. 2013. Perencanaan Tarif Ideal Pengiriman Barang Berdasarkan Metode Perhitungan Biaya Operasional Kendaraan (BOK). JITI, Vol. 12(2):213-222.

Baca juga  Update Tarif Pengiriman KALOG (Kereta Api Logistik)
author

Leave a reply "Update Ongkir Sentral Cargo Jalur Darat, Laut, dan Udara"