Update Info Perkiraan Biaya Hidup & Kuliah di Kanada

Kanada merupakan yang masih termasuk dalam wilayah Amerika Utara. Walau termasuk sebagai bagian Amerika, kehidupan di Kanada rupanya masih banyak terpengaruh oleh budaya dan tradisi dari Inggris dan Perancis yang merupakan sisa-sisa masa kolonial. Walau demikian, budaya di Kanada kini sudah mulai terpengaruh dengan kebudayaan Amerika Serikat. Taraf hidup dan pendidikan yang ada di Canada juga cukup baik, tak heran bila banyak warga yang bercita-cita untuk tinggal dan melanjutkan studi di Kanada.

biaya, hidup, di, kanada, program, universitas, internasional, perkiraan, anggaran, studi, dan, rincian, mahasiswa, transportasi, makanan, akomodasi, hukum, relatif, pelajar, kuliah

Ilustrasi: di Kanada

Kanada juga dikenal sebagai negara yang aman dan nyaman untuk hidup maupun belajar, sebab tingkat kejahatan di sana begitu rendah. Bahkan berdasarkan survei dari PBB, Kanada termasuk posisi ke-5 negara di dunia dengan kondisi politik dan ekonomi yang stabil. Hal ini juga yang menjadi salah satu alasan mengapa berita-berita tentang tindakan kriminal, terorisme, hingga konflik di Kanada pun jumlahnya sedikit.

Salah satu hal yang unik dari Kanada adalah penggunaan satuan mata sendiri yang berbeda dari Amerika Serikat, yakni dolar Kanada atau bisa disingkat menjadi CAD (CA$). Saat ini 1 dolar Kanada sama dengan Rp 11.170,61 jika dirupiahkan, terpaut beberapa ribu rupiah saja dengan dolar AS. Jika dibandingkan dengan Amerika Serikat, di Kanada termasuk murah. Tak hanya itu, biaya , transportasi, dan kuliah di Kanada pun relatif lebih rendah dibandingkan AS.

Baca juga  Pendaftaran dan Biaya Masuk Pondok Pesantren Al Binaa TA 2019/2020

Ada banyak pilihan universitas berkualitas di Kanada yang menyediakan sejumlah program pendidikan yang dapat Anda sesuaikan dengan bakat dan minat Anda. Anda bisa memilih hendak melanjutkan gelar S1 saja atau sekaligus mencapai gelar magister dan PhD di Kanada. Berikut kisaran biaya kuliah di Kanada.

Biaya Kuliah di Kanada

JurusanKisaran Biaya Dalam Dolar KanadaRupiah
Sarjana Kedokteran GigiCAD 21000Rp 234 jutaan
Sarjana HukumCAD 11400Rp 127 jutaan
Sarjana Ilmu SosialCAD 850Rp 9,4 jutaan
Sarjana PendidikanCAD 2000Rp 22,3 jutaan
Master & PhD MBACAD 27500Rp 307 jutaan
Master & Ph EngineeringCAD 37000Rp 413 jutaan
Master & Ph DesignCAD 2000Rp 22,3 jutaan
Master & Ph HumanitiesCAD 1800Rp 20 jutaan

Perlu diketahui bahwa biaya kuliah di setiap universitas yang ada di Kanada bisa berbeda-beda satu sama lain. Oleh sebab itu, apabila Anda membutuhkan informasi yang lebih jelas tentang biaya kuliah di sebuah kampus, Anda bisa langsung mengakses situs resmi kampus tersebut atau bertanya melalui e-mail dan kontak lainnya.

Biaya Hidup di Kanada

Ketika Anda memutuskan untuk kuliah di Kanada, maka Anda sudah harus memperhitungkan berapa biaya hidup yang dibutuhkan jika ingin berkuliah di sana dalam jangka waktu sekitar 3-4 tahun. Ada beberapa komponen biaya yang perlu Anda ketahui, antara lain:

biaya, hidup, di, kanada, program, universitas, internasional, perkiraan, anggaran, studi, dan, rincian, mahasiswa, transportasi, makanan, akomodasi, hukum, relatif, pelajar, kuliah

Sudut kota Vancouver, Kanada

Akomodasi

Di Kanada ada beberapa pilihan tempat tinggal dengan harga yang juga bervariasi, misalnya saja tempat tinggal siswa (student residence) atau yang kerap disebut . Biaya tinggal di berkisar antara CAD 250-625 per bulan atau sekitar Rp 2,7 jutaan – Rp 6,9 jutaan jika dirupiahkan. Lalu ada homestay yang disediakan oleh pihak universitas dengan tarif CAD 400-800 per bulan (Rp 4,4 jutaan – Rp 8,9 jutaan), dan yang terakhir adalah sharing apartment dengan harga sewa antara CAD 250-700 per bulan (Rp 2,7 jutaan – Rp 7,8 jutaan).

Baca juga  Update Pendaftaran dan Biaya Pondok Pesantren Asshiddiqiyah TA 2019/2020

Untuk kebutuhan tempat tinggal, terutama yang menyewa atau studio biasanya akan dikenai biaya tambahan seperti utilitas dasar (listrik, air, pemanas, sampah) sebesar CAD 150 per bulan (Rp 1,6 jutaan) dan internet CAD 57 per bulan (Rp 636 ribuan).

Makanan

Satu hal yang perlu Anda ingat saat tinggal di Kanada adalah jangan terlalu menghamburkan uang untuk membeli makanan. Solusi yang dapat Anda lakukan adalah mencari beberapa supermarket yang menjual bahan makanan dasar dan kebutuhan sehari-hari dengan harga yang relatif terjangkau seperti Canadian Superstore, Walmart, dan No Frills. Setiap bulannya untuk berbelanja makanan setidaknya Anda akan menghabiskan CAD 200-250 (Rp 2,2 jutaan – Rp 2,7 jutaan).

Transportasi

Bagi Anda yang merupakan terdaftar di universitas Kanada dan memiliki usia antara 18-25 tahun wajib bersyukur. Pasalnya Anda akan memperoleh keuntungan berupa diskon atau potongan harga ketika hendak membeli tiket transportasi bulanan. Total harga tiket transportasi bulanan mencapai sekitar CAD 91 atau Rp 1 jutaan bila dirupiahkan. Taksi juga menjadi salah satu transportasi umum yang banyak digunakan di Kanada, tarif naik taksi biasanya berkisar CAD 2-6 per km atau sekitar Rp 22 ribuan – Rp 66 ribuan.

Baca juga  Biaya Pondok Pesantren Islam Hidayatunnajah Bekasi TA 2019/2020

Berikut beberapa rincian pengeluaran lain saat hidup di Kanada:

Biaya Hidup di Kanada

Rincian PengeluaranBiaya Dalam Dolar KanadaBiaya Dalam Rupiah
Tarif bus sekali jalanCAD 2 – CAD 3Rp 22 ribuan – Rp 33 ribuan
Pemakaian telepon lokalCAD 0.25Rp 2 ribuan
Makanan restoranCAD 10 – CAD 25 per orangRp 110 ribuan – Rp 278 ribuan
MenontonCAD 8.50 – CAD 12Rp 94 ribuan – Rp 133 ribuan
Pengiriman surat di dalam KanadaCAD 0.52Rp 5 ribuan
Mengirim surat internasionalCAD 1.55Rp 17 ribuan

Rincian biaya hidup di Kanada di atas hanyalah perkiraan kasar agar Anda setidaknya bisa memperoleh bahan perbandingan dan membantu dalam perencanaan anggaran ketika hendak melanjutkan studi dan hidup di Kanada. Jika Anda membutuhkan perkiraan yang lebih rinci, Anda mungkin bisa bertanya ke sesama pelajar yang pernah tinggal dan berkuliah di Kanada.

[: Nurina Thirafi]

loading...
author
Pengamat produk dan harga komoditas. Saat ini tinggal di Kota Malang.

Leave a reply "Update Info Perkiraan Biaya Hidup & Kuliah di Kanada"