Info Terkini Syarat & Biaya Administrasi Tabungan Dollar Bank Syariah Mandiri (BSM)

Hampir setiap orang kini sudah memiliki kesadaran untuk menyimpan uangnya di bank. Selain lebih aman, dengan menabung di bank Anda bisa memperoleh keuntungan berupa bunga dalam persentase tertentu yang biasanya dibayarkan oleh pihak bank per bulan langsung ke Anda. Bahkan bank-bank berbasis syariah pun juga menawarkan sejumlah keuntungan bagi Anda yang bersedia menabung dalam mata dolar AS (USD) seperti halnya Bank Syariah Mandiri atau yang lebih populer dengan nama BSM.

Ilustrasi: tabungan dollar (sumber: tirto.id)

Ilustrasi: tabungan dollar (sumber: tirto.id)

Bank Syariah Mandiri merupakan salah satu lembaga perbankan di Indonesia berbasis syariah yang didirikan pada tahun 1955 silam. Awalnya Bank Syariah Mandiri (BSM) mengusung nama Bank Industri Nasional dan baru resmi berganti nama menjadi Bank Syariah Mandiri pada tahun 1999. Hingga kini Bank Syariah Mandiri menjadi salah satu pilihan bank berbasis syariah yang disukai masyarakat Indonesia yang menginginkan sistem bagi hasil berasaskan Islami.

Selain menawarkan tabungan dengan satuan mata uang rupiah, Bank Syariah Mandiri juga memiliki tabungan dengan satuan mata uang dolar AS (US$). Bank Syariah Mandiri menawarkan Tabungan Dollar dengan sejumlah manfaat, antara lain dana tabungan (USD) yang dipastikan aman dan tersedia setiap saat, kemudian Anda bisa mengakses dana tersebut secara online di seluruh cabang Bank Syariah Mandiri, serta bonus bulanan yang akan diberikan ke rekening Tabungan Dollar milik sesuai dengan kebijakan yang dimiliki oleh Bank Syariah Mandiri.

Rekening tabungan dollar bisa memberikan Anda sejumlah keuntungan. Misalnya saja bebas melakukan konversi mata uang asing pada saat yang lebih menguntungkan, terutama jika Anda memiliki rekening dollar dan rupiah secara terpisah. Kemudian, selisih kurs jual maupun beli di bank biasanya lebih lebar dibandingkan jasa money changer. Sehingga apabila Anda mendapat kiriman dana dalam bentuk USD, Anda bisa menariknya secara tunai kemudian menukarkan dolar AS tersebut ke rupiah menggunakan jasa money changer.

Dengan Tabungan Dollar yang ditawarkan oleh Bank Syariah Mandiri alias BSM, Anda bisa menabung dalam mata uang dolar AS secara syariah dan memperoleh keuntungan sesuai dengan sistem syariah. Menariknya, Tabungan Dollar Bank Syariah Mandiri menetapkan bulanan yang relatif terjangkau, yakni USD0,5 saja atau sekitar Rp7 ribuan.

Persyaratan membuka rekening pun cukup mudah, Anda hanya perlu menyiapkan kartu identitas dan menyetorkan uang sebesar USD100 atau sekitar Rp1,4 jutaan jika dirupiahkan. Namun perlu diperhatikan bahwa saldo minimum yang dibiarkan mengendap dalam rekening Tabungan Dollar BSM adalah sebesar USD100 dan tak boleh diambil jika bukan untuk keperluan penutupan rekening. Berikut ini info terbaru rincian dan syarat pembukaan rekening Tabungan Dollar Bank Syariah Mandiri:

Biaya Administrasi Tabungan Dollar Bank Syariah Mandiri

biaya, administrasi, syarat, bank, syariah, mandiri, bsm, tabungan, dolar, syarat, pendaftaran, nasabah, perorangan, korporasi, tutup, rekening, kartu, identitas, NPWP, ketentuan, setoran, awal, saldo, minimum

Menabung uang dollar

KeteranganBiaya
Minimum setoran awalUSD100 (Rp1,4 jutaan)
Saldo minimumUSD100 (Rp1,4 jutaan)
Biaya administrasi maksimumUSD0,5 (Rp7 ribuan)
Biaya tutup rekeningUSD5 (Rp72 ribuan)
Bonus bulananSesuai dengan kebijakan BSM
Biaya di bawah saldo minimumTidak ada
Biaya penarikan sebelum jatuh tempo0%
Biaya lain-lainTidak ada

Ketentuan Tabungan Dollar Bank Syariah Mandiri:

  1. Berdasarkan prinsip syariah dengan akad wadi’ah yad dhamanah
  2. Minimum setoran awal USD100 atau sekitar Rp1,4 jutaan jika dirupiahkan. Ini merupakan syarat saat pertama kali ingin membuka BSM Tabungan Dollar.
  3. Saldo minimum USD100. Dana mengendap di Tabungan Dollar BSM dengan saldo minimum tidak bisa ditarik, kecuali jika ingin menutup rekening BSM Tabungan Dollar.
  4. Biaya administrasi maksimum USD0,5. Biaya administrasi yang dibebankan kepada nasabah setiap bulannya dengan memotong saldo yang ada per bulan. Untuk Tabungan Dollar BSM tidak ada batasan minimal saldo seperti tabungan umum lainnya.
  5. Biaya tutup rekening USD5. Ketika tabungan dollar sudah tidak ingin digunakan maka Anda dapat menutup akun rekening langsung ke bank BSM. Untuk setiap penutupan rekening tabungan dollar BSM, Anda sebagai nasabah akan dikenakan biaya USD5.

Syarat Pendaftaran Tabungan Dollar Bank Syariah Mandiri

Ilustrasi: tabungan dollar Bank Mandiri Syariah (twitter: @syariahmandiri)

Ilustrasi: tabungan dollar Bank Mandiri Syariah (twitter: @syariahmandiri)

  1. Calon nasabah merupakan warga negara Indonesia (WNI)
  2. Calon nasabah berusia minimal 17 tahun dan maksimal 65 tahun.
  3. Menunjukkan kartu identitas baik berupa KTP, SIM, atau Paspor nasabah.
  4. Menunjukkan NPWP (jika ada).
  5. Menyerahkan setoran awal USD100.

Dengan Tabungan Dollar Bank Syariah Mandiri, Anda bisa melakukan penarikan dan setoran uang dalam satuan dolar AS setiap saat dan di mana saja sesuai dengan ketentuan Bank Syariah Mandiri. Sebab dana (USD) terbilang aman dan tersedia setiap saat. Anda juga dapat meminta fitur-fitur tambahan seperti fasilitas e-, baik BSM Mobile dan BSM Net serta BSM Card yang berfungsi sebagai kartu sekaligus debit. Namun perlu diketahui bahwa Tabungan Dollar Bank Syariah Mandiri ini hanya berlaku untuk nasabah perorangan saja, dan belum berlaku untuk nasabah korporasi. Belum lagi bonus bulanan yang diberikan kepada nasabah telah disesuaikan dengan regulasi BSM.

Apabila Anda berminat membuka rekening Tabungan Dollar di Bank Syariah Mandiri, Anda bisa langsung melengkapi seluruh persyaratan yang dibutuhkan mulai dari membawa kartu identitas, NPWP (jika ada), dan menyiapkan uang setoran awal sebanyak USD100. Kemudian jika Anda ingin menanyakan berbagai info yang kurang Anda mengerti seputar Tabungan Dollar Bank Syariah Mandiri, Anda bisa langsung bertanya ke pihak Customer Service (CS) kantor cabang Bank Syariah Mandiri (BSM) yang ada di kota Anda.

[Update: Ditta]

Baca juga  Update Biaya Administrasi Potongan ATM BRI per Bulan
loading...
author
Pengamat produk dan harga komoditas. Saat ini tinggal di Kota Malang.

Leave a reply "Info Terkini Syarat & Biaya Administrasi Tabungan Dollar Bank Syariah Mandiri (BSM)"