Info Terbaru Masa Aktif Tabungan BRI Simpedes dan BritAma

Saat ini, BRI menawarkan tabungan yang lengkap untuk masyarakat Indonesia, seperti Simpedes dan BritAma yang memiliki masa aktif sampai dormant dengan waktu sesuai jenis rekeningnya. Ketentuan besaran setoran awal dan saldo minimalnya tentu berbeda-beda untuk setiap produk tabungan BRI.

Ilustrasi: BRI/Bank Rakyat Indonesia (sumber: Liputan6)
Ilustrasi: BRI/Bank Rakyat Indonesia (sumber: Liputan6)

BRI atau Bank Rakyat Indonesia adalah salah satu bank milik pemerintah terbesar di Indonesia. Didirikan di Purwokerto, Jawa Tengah oleh Raden Bei Aria Wirjaatmadja tanggal 16 Desember 1895, mulanya BBRI dibangun untuk menjadi sebuah lembaga keuangan orang-orang pribumi. Tak heran hingga saat ini BRI konsisten untuk melayani masyarakat kecil, termasuk memberikan kemudahan kredit untuk kecil.

Bacaan Lainnya

BRI menawarkan produk tabungan yang lengkap untuk masyarakat Indonesia, di antaranya BritAma, Simpedes, Haji, hingga Junio. Tak hanya produk tabungan, BRI juga memiliki layanan e-banking mulai dari ATM, SMS Banking, Internet Banking, Mobile Banking, dan lainnya. Kemudahan lainnya bagi nasabah yang ingin melakukan transaksi transfer maupun pengecekan saldo lewat internet maupun telepon seluler.

Nah, sebelum membuka rekening di BRI, pastikan Anda mengetahui terlebih dahulu bahwa tiap rekening di bank biasanya memiliki masa aktif. Jika tabungan Anda selalu aktif diisi saldo atau melakukan transaksi, maka masa aktif bisa berlaku cukup lama. Namun, jika saldonya kosong dan tidak ada transaksi sama sekali, pihak bank biasanya akan menutupnya secara otomatis. Berikut masa aktif rekening BRI Simpedes dan BritAma sampai dormant.

Masa Aktif BRI BritAma sampai Dormant 

Ini adalah produk tabungan yang menawarkan beragam kemudahan, didukung fasilitas e-banking dan sistem real time online yang akan memungkinkan nasabah untuk bertransaksi kapanpun dan dimanapun. Saldo minimum yang mengendap di rekening BritAma adalah Rp50.000 dengan setoran awal Rp250.000 dan nasabah tidak akan dikenai denda apabila saldo di bawah saldo minimum per bulan. Hingga detik ini, besaran saldo dan setoran awal tersebut tidak berubah.

Rekening menjadi dormant apabila saldo nasabah di bawah saldo minimum dan tidak bertransaksi selama 540 hari. Rekening akan menjadi pasif pada hari ke-540 + 1 dan rekening close by system pada hari ke-541 + 1.

Masa Aktif BRI BritAma Bisnis sampai Dormant 

Tabungan BRI BritAma Bisnis memberikan keleluasaan lebih dalam bertransaksi, kejelasan dalam pencatatan, dan keuntungan lain yang menunjang transaksi dan kebutuhan bisnis. Berbeda dengan tabungan BritAma biasa, pada rekening BritAma Bisnis, saldo minimum yang mengendap adalah Rp50.000 dan nasabah akan dikenai denda Rp50.000 per bulan apabila jumlah saldo di bawah saldo minimum. 

Untuk setoran awal yang sebagai syarat pembukaan rekening BRI BritAma Bisnis, sebesar Rp1.000.000. Rekening menjadi dormant apabila saldo nasabah di bawah saldo minimum dan tidak bertransaksi selama 540 hari. Rekening akan menjadi pasif pada hari ke-540 + 1 dan rekening close by system pada hari ke-541 + 1.

Masa Aktif BRI BritAma Valas sampai Dormant 

Ini adalah tabungan dalam mata uang asing yang menawarkan kemudahan transaksi dan nilai tukar yang kompetitif dengan usia nasabah minimal 17 tahun dan maksimal 64 tahun. Untuk nilai setoran awal BRI BritAma Valas, yakni USD 50, AUD 50, SGD 65, EUR 50, CNY 350, AED 175, HKD 350, GBP 50, JPY 5,000, dan SAR 300. Tersedia dalam 10 jenis currency meliputi USD, AUD, SGD, CNY, EUR, AED, HKD, GBP, JPY, dan SAR. Masa aktif rekening BritAma Valas sendiri hanya diberikan BRI selama 90 hari. Nilai setoran tersebut relatif stabil hingga detik ini. 

Keuntungan nasabah BRI BritAma Valas meliputi adanya laporan mutasi rekening koran, dan gratis asuransi kecelakaan diri. Untuk asuransi kecelakaan, setiap nasabah dengan saldo minimum Rp500.000, berhak atas jaminan asuransi kecelakaan diri (personal accident) dengan nilai pertanggungan sebesar 250 % dari saldo terakhir atau maksimum sebesar Rp150 juta.

Ilustrasi: Tabungan BRI Valas (credit: Caricara)
Ilustrasi: Tabungan BRI Valas (credit: Caricara)

Masa Aktif BRI BritAma TKI sampai Dormant 

Merupakan produk tabungan untuk calon Tenaga Kerja Indonesia dengan beragam kemudahan dan didukung fasilitas e-banking dan sistem real time online. Saldo minimum yang mengendap pada rekening BritAma TKI adalah Rp20.000, sedangkan denda di bawah saldo minimum sebesar Rp10.000 per bulan.

Sebagai persyaratan, nasabah harus melakukan setoran awal BRI BritAma TKI sebanyak Rp20 ribu, sedikit naik dari tahun lalu yang hanya Rp10 ribu. Rekening menjadi dormant apabila saldo nasabah berada di bawah saldo minimum dan tidak bertransaksi selama 540 hari. Rekening akan menjadi pasif pada hari ke-540 + 1 dan rekening close by system pada hari ke-541 + 1.

Masa Aktif BRI BritAma Muda sampai Dormant 

BRI BritAma Muda adalah produk tabungan untuk anak muda yang memberikan beragam kemudahan dalam melakukan transaksi perbankan dengan fasilitas e-banking dan sistem real time online. Fitur ini akan memungkinkan nasabah untuk bertransaksi kapan saja dan di mana saja.

Hingga tahun 2023 ini, saldo minimum yang mengendap di rekening BritAma Muda masih sebesar Rp50.000 dan nasabah tidak akan dikenai denda apabila saldo di bawah saldo minimum per bulan. Rekening menjadi dormant apabila saldo nasabah di bawah saldo minimum dan tidak bertransaksi selama 540 hari. Rekening akan menjadi pasif pada hari ke-540 + 1 dan rekening close by system pada hari ke-541 + 1.

Masa Aktif BRI Simpedes sampai Dormant 

Simpedes adalah simpanan masyarakat dalam bentuk tabungan yang dilayani di BRI Unit, yang penyetorannya dapat dilakukan setiap saat dan frekuensi serta jumlah pengambilan tidak dibatasi sepanjang saldonya mencukupi. Saldo minimum yang ditahan pada rekening tabungan Simpedes BRI saat ini adalah Rp25 ribu, turun dari tahun lalu sebesar Rp50 ribu dengan denda di bawah saldo minimum per bulan Rp5.000. Rekening dianggap dormant apabila di bawah saldo minimum dan tidak bermutasi selama 365 hari berturut-turut, kecuali transaksi otomatis oleh sistem.

Masa Aktif BRI Simpedes TKI sampai Dormant 

Simpedes TKI adalah Tabungan Simpedes BRI yang hanya diperuntukkan bagi TKI dengan rekomendasi PPTKIS, yang bisa dilayani di seluruh BRI Unit. Penyetorannya dapat dilakukan setiap saat dan frekuensi serta jumlah pengambilan tidak dibatasi sepanjang saldonya mencukupi. 

Hingga saat ini, setoran awal BRI Simpedes TKI masih sebesar Rp10.000. Saldo minimum yang ditahan pada rekening Simpedes TKI adalah Rp10.000. Apabila saldo Anda di bawah saldo minimum, maka Anda akan dikenai denda sebesar Rp5.000 per bulan. Rekening dianggap dormant apabila di bawah saldo minimum dan tidak bermutasi selama 365 hari berturut-turut, kecuali transaksi otomatis oleh sistem.

Masa Aktif BRI BritAma X sampai Dormant 

Britama X merupakan rekening tabungan dengan desain kartu debit khusus yang elegan untuk anak muda. Nasabah akan diberikan fasilitas berupa asuransi kecelakaan hingga Rp150.000.000, e-banking, mobile banking, internet banking, SMS banking, dan bunga yang kompetitif. 

Hingga saat ini, setoran awal yang menjadi deposito buka rekening tetap sebesar Rp100.000. Persyaratan lainnya, pengguna rekening harus berusia 17 hingga 35 tahun. Rekening dianggap dormant apabila di bawah saldo minimum dan tidak bermutasi selama 365 hari berturut-turut, kecuali transaksi otomatis oleh sistem.

Masa Aktif BRI BritAma - (www.diatm.com)
Masa Aktif BRI BritAma – (www.diatm.com)

Masa Aktif BRI BritAma Rencana sampai Dormant 

BritAma Rencana merupakan tabungan investasi dengan setoran tetap bulanan yang dilengkapi fasilitas perlindungan asuransi jiwa bagi nasabah. Hingga saat ini, setoran awal tiap bulannya masih bisa ditentukan oleh pengguna rekening dengan jumlah minimal Rp100.000 dan jumlah maksimal Rp5.000.000. Nasabah bebas menentukan jangka waktu tabungan, yakni antara 1 hingga 2 tahun. Tabungan ini tidak memiliki masa dorman, tetapi bisa dihentikan setiap saat oleh nasabah (karena jatuh tempo atau hal lain).

Kebijakan mengenai masa aktif rekening tabungan BRI Simpedes dan BritAma sampai dormant di atas bisa berubah sesuai kebijakan BRI. Apabila Anda membutuhkan informasi lebih jelas terkait masa aktif rekening BRI sampai dormant, Anda dapat langsung datang ke kantor cabang BRI terdekat yang ada di kota Anda. Selain itu, Anda juga bisa menghubungi kontak BRI di nomor telepon 14017 dan 1500017 atau melalui email BRI callbri@bri.co.id.

[Update: Ditta]

Pos terkait