Selain ATM, banyak bank di Indonesia, termasuk BRI, yang telah menerapkan fitur perbankan berbasis teknologi digital untuk memudahkan transaksi nasabah, salah satunya internet banking. Seperti namanya, ini adalah kegiatan perbankan yang memanfaatkan jaringan internet, sehingga Anda tidak perlu lagi datang ke kantor cabang bank yang bersangkutan. Namun, untuk bisa mendapatkan layanan tersebut, biasanya nasabah harus memenuhi sejumlah persyaratan dan dikenakan biaya administrasi.
Jika Anda belum familiar, internet banking adalah salah satu jasa bank yang memungkinkan nasabah untuk mendapatkan informasi, melakukan komunikasi, dan mengadakan transaksi perbankan melalui jaringan, dan bukan merupakan bank yang hanya menyelenggarakan layanan perbankan melalui internet.[1] Dengan internet banking, nasabah dapat melakukan transaksi perbankan melalui perangkat handphone dan laptop dengan jaringan internet seperti melakukan transaksi di mesin ATM.[2]
Di Indonesia sendiri, sudah ada banyak bank yang menyediakan layanan internet banking, salah satunya Bank Rakyat Indonesia alias BRI. Dilansir dari situs resminya, internet banking BRI menawarkan beragam keunggulan seperti dapat dilakukan setiap saat, didesain mudah atau user friendly, aman untuk melakukan transaksi, dan tidak memerlukan perangkat tambahan.
Keunggulan Internet Banking BRI
- Cukup melakukan registrasi Internet Banking BRI di ATM BRI dan registrasi m-TOKEN di customer service unit kerja BRI terdekat, maka Anda sudah dapat bertransaksi.
- Desain mudah dimengerti dan digunakan, sehingga Anda tidak perlu membaca buku manual untuk menggunakan menu-menu dasar yang ada.
- Penggunaan internet banking dimaksudkan untuk memudahkan Anda melakukan transaksi perbankan pada berbagai situasi dan keadaan.
- Menggunakan teknologi kriptografi dengan menggunakan SSL yang akan mengacak dan menyandikan data transaksi.
- Karena m-TOKEN akan dikirimkan via SMS ke nomor handphone Anda, maka tidak diperlukan perangkat tambahan yang harus Anda bawa.
- Menggunakan m-TOKEN, dengan kode pengaman tambahan akan dikirim melalui SMS setelah pengguna melakukan permintaan m-TOKEN.
Selain untuk perorangan, BRI juga menyediakan internet banking untuk keperluan bisnis. Internet Banking Bisnis dari BRI ini menawarkan sejumlah kelebihan, seperti limit transaksi yang lebih besar dibandingkan mobile banking lainnya (mencapai angka Rp50 miliar untuk transfer sesama rekening BRI), simple soft token dan bebas biaya abonemen, serta kemudahan pengelolaan payroll dan tagihan.
fasilitas Internet Banking BRI
- Informasi rekening.
- Informasi saldo.
- Mutasi rekening.
- Transfer dana.
- Transfer antar rekening BRI.
- Transfer ke bank lain.
- Transaksi terjadwal.
- Tambah transfer.
- Lihat status.
- Pembayaran (voucher seluler, uang elektronik, voucher listrik, dll).
- Buka deposito.
- Disable/enable kartu ATM.
- Daftar SMS notifikasi.
- Menu management (ubah user ID, password, dan email).
Syarat Internet Banking BRI
- Merupakan nasabah tabungan BRI (BritAma, BritAma Junio atau Simpedes) yang memiliki kartu ATM BRI (BRI Card) dalam status aktif.
- Memiliki handphone dengan SIM card operator yang telah bekerja sama dengan BRI, seperti Telkomsel, Indosat, XL, telkom Flexy, Bakrie Telecom, dan Mobile-8.
- Memiliki alamat email untuk menerima email notifikasi transaksi internet banking BRI.
Jika syarat sudah terpenuhi, nasabah dapat melakukan registrasi awal di ATM BRI untuk membuat password yang akan digunakan untuk login internet banking BRI. Sementara itu, untuk registrasi m-TOKEN, bisa dilakukan di seluruh kantor cabang dan KCP BRI dengan melengkapi dan menandatangani formulir permohonan.
Biaya Internet Banking BRI
Jenis Transaksi | Biaya |
Transfer Antar Rekening BRI | Gratis |
Transfer ke Rekening Bank Lain | Rp6.500 per transaksi |
Transfer ke Rekening Bank Lain via BI Fast | Rp2.500 per transaksi |
Daftar biaya administrasi internet banking BRI di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk keterangan resmi pihak bank yang bersangkutan. Perlu Anda catat bahwa besaran tarif tersebut tidak terikat dan bisa berubah sewaktu-waktu. Meski demikian, jika dibandingkan ketentuan sebelumnya, biayanya saat ini masih tetap.
Sebagai informasi tambahan, BRI berhak atas pertimbangannya sendiri untuk mengubah, menambah, atau menarik biaya-biaya yang dibebankan kepada nasabah pengguna atas penggunaan fasilitas internet banking BRI. Saat mendaftar, nasabah pengguna otomatis menyetujui bahwa terhadap penggunaan fasilitas internet banking BRI akan dikenakan biaya administrasi bulanan dan/atau biaya transaksi, yang akan didebet secara otomatis dari rekening nasabah.
(Panca)
[1] Kiling, Indria Stevani, dkk. 2016. Analisis Faktor-Faktor Kunci Penggunaan Internet Banking (Studi Kasus pada PT. BNI (Persero) TBk. Kantor Cabang Manado). Jurnal EMBA, Vol. 4(5): 522-530.
[2] Ibid.
Betul bos, lebih enak pake internet banking. lebih praktis.