Manfaat dan Update Harga Minyak Zaitun Mustika Ratu (75ml dan 175ml)

Minyak zaitun merupakan salah satu bahan alami yang dipercaya dapat memberikan sejuta manfaat bagi kecantikan karena memiliki kandungan vitamin yang terbilang tinggi. Saat ini, sudah banyak produsen yang memanfaatkan minyak zaitun dalam produk-produk kecantikan mereka, salah satunya Mustika Ratu. Dijual dengan cukup terjangkau, minyak zaitun Mustika Ratu dapat Anda beli di Indomaret dan Alfamart.

Harga, konsumen, minyak, zaitun, produk, produsen, tradisional, vitamin, Mustika Ratu, brand, kosmetik, olive oil, review, kandungan, manfaat, body scrub, body butter, 175ml, 75ml, 200gr, shower, gel, situs, jual, beli, online, jerawat, konsumsi, alami, wajah, rambut, payudara, perawatan, kecantikan, kanker, zat, antioksidan, murni,
Menuangkan minyak zaitun (sumber: ambrosus.com)

Sebelum membahas mengenai minyak zaitun produksi Mustika Ratu, kita ulas sedikit terlebih dahulu mengenai minyak zaitun. Minyak zaitun, atau dalam bahasa Inggrisnya disebut sebagai olive oil, merupakan minyak, yang seperti namanya, diperoleh dari buah zaitun (Olea europaea), pohon tradisional yang berasal dari basin Mediterania.

Bacaan Lainnya

Minyak zaitun berasal dari pohon zaitun yang tumbuh lambat, memiliki batang keriput dan abu-abu ramping dengan cabang pecah-pecah. Pohon zaitun bisa tumbuh hingga 50 meter di habitat alami mereka dan hidup selama lebih dari 500 tahun. Buah ini memiliki bentuk bulat gemuk dengan warna hijau ketika mentah dan berubah menjadi kekuning-kuningan ketika sudah mulai masak.

Gradasi Kualitas Minyak Zaitun

  • Extra virgin, dihasilkan dari zaitun berkualitas unggul dan hanya boleh memiliki keasaman alami kurang dari 1%.
  • Virgin, diproses secara mekanik (dengan perasan) tanpa panas yang mengubah tingkat keasaman menjadi antara 1-5%.
  • Pure, campuran dari minyak zaitun sulingan (diolah dengan uap dan bahan kimia). Tingkat keasaman berkisar 3-4% dan paling sering digunakan untuk memasak.
  • Extracted and refined, dibuat dari sisa perasan pertama, dengan menggunakan pelarut kimia, kemudian minyak virgin ditambahkan sebagai penguat rasa.
  • Pomace, dibuat dengan ekstraksi kimia dari residu yang tersisa setelah perasan dan pemrosesan kedua dengan kandungan keasaman 5-10%, minyak virgin ditambahkan sebagai penguat rasa.[1]

Manfaat Minyak Zaitun

Sejak zaman Romawi kuno, minyak zaitun telah dimanfaatkan sebagai salah satu bahan perawatan kecantikan. Pasalnya, minyak ini memiliki kandungan lemak, vitamin E, vitamin K, dan sedikit sekali zat besi. Minyak zaitun telah digunakan dalam berbagai keperluan seperti obat-obatan, masakan, sabun, bahan bakar untuk lampu tradisional, dan bahkan kosmetik. Minyak zaitun dapat dicampurkan ke dalam makanan, dioleskan ke sebagai pelembut dan lip gloss, dan mengatasi bibir pecah-pecah. Selain itu, minyak zaitun bisa dipakai untuk melembutkan kulit yang kering dan retak-retak misalnya pada siku dan tumit.

Untuk , minyak zaitun dapat digunakan untuk menghapus sisa-sisa make-up di wajah. Saat ini, banyak produsen yang meluncurkan produk cleansing oil, yang salah satu kandungan bahannya adalah minyak zaitun. Menurut dokter kulit, cleansing oil cenderung bebas bahan kimia paraben yang berbahaya karena terbuat dari bahan alami dan tidak menghilangkan minyak alami di wajah.

Sementara itu, untuk kulit tubuh, minyak zaitun ternyata dapat mengatasi masalah kulit kering sekaligus melembapkan kulit. Minyak zaitun mirip dengan minyak alami yang diproduksi oleh kulit, sehingga mudah diserap dengan baik ke dalam kulit. Minyak ini biasanya tidak menyebabkan alergi, tetapi disarankan untuk tidak dioleskan ke kulit yang berjerawat. Menurut salah satu penelitian, minyak zaitun bahkan dapat membantu melindungi tubuh dari serangan kanker kulit.

Zat antioksidan dan anti-inflamasi yang ada dalam minyak zaitun diduga dapat membuat kulit menjadi halus dan lebih berseri. Selain dioleskan ke kulit, mengonsumsi minyak zaitun juga dapat memberi Anda manfaat antioksidan yang berguna melucuti radikal bebas dan mengurangi peradangan yang mempengaruhi kerutan dan kekencangan kulit.

Ilustrasi: minyak zaitun (sumber: healthline.com)
Ilustrasi: minyak zaitun (sumber: healthline.com)

Review Minyak Zaitun Mustika Ratu

Sebagai salah satu produsen produk kecantikan yang cukup ternama, Mustika Ratu pun tidak ketinggalan untuk meluncurkan produk minyak zaitun bagi konsumen di Indonesia. Namun, kandungan dalam produk minyak zaitun produksi Mustika Ratu ini tidak seratus persen minyak zaitun, dan karena merupakan produk kecantikan, minyak zaitun buatan Mustika Ratu ini juga tidak dapat dikonsumsi seperti halnya minyak zaitun murni.

Minyak zaitun Mustika Ratu disebutkan mengandung bahan seperti Olea europaea (olive) fruit oil, terminalia bellerica fruit, jasminum officinale (jasmine) flower oil, rosa damascena (rose) flower oil, tocopheryl acetate, CI 61565, dan tambahan dua biji atau satu biji buah mojokeling. Hadir dalam kemasan botol, minyak zaitun Mustika Ratu diklaim memiliki kegunaan utama untuk rambut, kulit, dan wajah.

Untuk penggunaan rambut, minyak zaitun ini disebutkan mampu membuat rambut konsumen tumbuh dengan lebat, memiliki akar yang kuat, dan juga mencegah rambut rontok. Untuk menggunakan minyak zaitun Mustika Ratu pada rambut, konsumen cukup mengoleskan sedikit minyak secara merata ke seluruh bagian rambut dan kulit kepala sebelum tidur di malam hari. Jangan lupa, lakukan pemijatan ringan di kulit kepala agar minyak zaitun lebih cepat meresap.

Sementara itu, untuk wajah, minyak zaitun Mustika Ratu dikatakan telah mengandung vitamin A dan vitamin E yang bermanfaat untuk mengencangkan kulit wajah, menghaluskan dan melembutkan kulit wajah, serta menghilangkan keriput di wajah. Di samping itu, minyak ini disebutkan juga cocok untuk wajah berjerawat.

Untuk penggunaan di wajah, konsumen cukup mengoleskan minyak pada wajah secukupnya, lalu biarkan selama beberapa menit. Setelah itu, bilas wajah sampai bersih. Minyak zaitun Mustika Ratu akan masuk ke dalam pori-pori wajah dan mengangkat kotoran sehingga akan menghentikan pertumbuhan jerawat. Namun, sebelum melakukan kegiatan ini, konsumen disarankan untuk membersihkan wajah mereka dari , debu, dan lainnya.

Di samping itu, Mustika Ratu juga mengklaim bahwa minyak zaitun produksi mereka dapat digunakan untuk merawat payudara, yang seperti diketahui, merupakan aset berharga bagi setiap perempuan. Untuk merawat payudara, konsumen cukup menggunakan satu sendok makan minyak zaitun Mustika Ratu, usapkan pada kedua telapak tangan, dan memulai memijat payudara mulai dari bagian ketiak sampai putting selama beberapa menit. Lakukan kegiatan ini sebelum tidur, dan keesokan paginya, bilas bekas minyak ketika Anda mandi. Ritual ini disarankan dilakukan di atas 2 sampai 3 kali seminggu untuk mendapatkan manfaat yang optimal.

Nah, setelah mengetahui kandungan dan manfaat minyak zaitun Mustika Ratu, lalu berapa harga minyak tersebut di ? Pada tahun 2019 lalu, minyak zaitun Mustika Ratu kemasan 75 ml dijual seharga Rp20.000, sedangkan kemasan lebih besar 175 ml seharga Rp31.800. Kemudian, pada 2020, harga minyak zaitun Mustika Ratu kemasan 75 ml naik menjadi Rp28.200 dan sedangkan kemasan 175 ml dijual seharga Rp38.100. Berikut kami sajikan info harga jual minyak zaitun Mustika Ratu saat ini.

Varian minyak zaitun Mustika Ratu (sumber: mustika-ratu)
Varian minyak zaitun Mustika Ratu (sumber: mustika-ratu)

Harga Minyak Zaitun Mustika Ratu

Kemasan Minyak Zaitun Mustika Ratu Harga
Minyak Zaitun Mustika Ratu 75 ml Rp15.900
Minyak Zaitun Mustika Ratu 175 ml Rp41.600

Informasi harga minyak zaitun di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk apotek online. Saat ini, di minimarket hanya tersedia minyak zaitun Mustika Ratu kemasan 175 ml. Di Indomaret misalnya, minyak zaitun Mustika Ratu 75 ml dijual seharga Rp34.400, sedikit turun dari tahun lalu yang mencapai Rp38.900 per botol. Sementara itu, harga minyak zaitun Mustika Ratu 175 ml di Alfamart relatif stabil di angka Rp40 ribuan.

Selain minyak zaitun Mustika Ratu, di pasaran juga tersedia minyak zaitun merk lain yang dapat dijadikan alternatif. Sebagai gambaran, berikut berbagai merk produk dan kisaran harganya.

Harga Minyak Zaitun Lainnya

Merk Minyak Zaitun Harga
Azalea Zaitun Oil 75 ml Rp15.000
Wardah Pure Olive Oil 50 ml Rp27.000
Minyak Zaitun Sariayu 30 ml Rp30.500
Ovale Olive Oil 100 ml Rp35.600
Herborist Minyak Zaitun 150 ml Rp37.300

Daftar harga tersebut kami rangkum dari beberapa situs jual beli online, dan mungkin bisa berbeda-beda di masing-masing wilayah. Anda dapat menelusuri sejumlah marketplace untuk memperoleh harga terbaik. Selain itu, Anda juga dapat datang langsung ke sejumlah toko kosmetik untuk memeriksa stok barang yang tersedia.

[Update: Ditta]

[1] Orey, Cal. 2008. Minyak Zaitun. Jakarta: Hikmah, hlm. 12.

Pos terkait