Update Harga Kitab Al Majmu’ Syarah Muhadzab per Jilid dan 1 Set

Anda yang saat ini sedang memperdalam ilmu agama mungkin sudah pernah mendengar tentang Kitab Majmu’ Syarah Muhadzab. Kitab karya Al-Imam An-Nawawi ini adalah buku referensi fikih terbesar madzhab Asy-Syafi’i secara khusus dan fikih Islam secara umum, serta disebut-sebut sebagai kekayaan klasik Islam yang murni. Jika harga satu jilid bukunya berkisar ratusan ribu rupiah, maka seri kitab ini dilepas dengan harga mencapai jutaan rupiah.

lustrasi: Pria Mencari Kitab (sumber: dakwahpost.com)
lustrasi: Pria Mencari Kitab (sumber: dakwahpost.com)

Resensi Kitab Al Majmu’ Syarah Muhadzab

Kitab Al-Majmu’ adalah kitab karya Imam An-Nawawi yang menjadi rujukan dan referensi terbesar dan terpenting di dalam madzhab Asy-Syafi’i. Bahkan tidak hanya di dalam madzhab Asy-Syafi’i, kitab Al-Majmu’ juga menjadi referensi mazhab lainnya lantaran menyajikan uraian muqoronah antara mazhab yang lainnya atau perbandingan madzhab. Namun sayang kitab Al-Majmu’ ini tidak sepenuhnya ditulis oleh Imam An-Nawawi, karena beliau menulis dan mensyarahkan kitab ini hanya sampai bab riba dan masih tersisa beberapa bab di dalam kitab Al-Muhadzab yang belum Imam An-Nawawi syarahkan.

Bacaan Lainnya

Imam An-Nawawi diketahui wafat sebelum menyelesaikan kitab Al-Majmu’ pada usia 45 tahun. Sebelum wafat, beliau merasa sudah tidak sanggup lagi untuk menyelesaikan kitab Al-Majmu’, sehingga memberi wasiat kepada muridnya, yaitu Ibnu Al-‘Atthor untuk menyempurnakan kitab tersebut. Sayangnya, Ibnu Al-‘Atthor tidak berhasil dalam menyempurnakannya.

Setelah kurang lebih satu abad, muncul seorang ulama yang mengagumi beliau dan mencoba menyelesaikan kitab Al-Majmu’ Syarah Al-Muhadzab, yaitu Imam Taqiyuddin As-Subki (756 H). Dia adalah kebanggaan bangsa Mesir dan ulamanya. Namun, imam yang andal dalam bidang fiqh ini hanya mampu menyelesaikan syarah kitab Al-Muhadzab ini sampai pada bab Ar-Rodd Bi Al-‘Aib. Terhentinya penyempurnaan kitab Al-Majmu’ yang dikerjakan oleh Imam As-Subki ini karena beliau wafat sebelum menyelesaikannya.

Setelah itu, kitab ini menjadi manuskrip di beberapa perpustakaan, di Timur dan Barat. Seiring berjalannya waktu, kitab tersebut menuju dunia penerbitan hingga para ahli fiqh dapat memanfaatkannya dan para ahli hukum boleh mengambil isinya. Kemudian disambung kembali syarahnya oleh Al-‘Alim Al-Faqih As-Syeikh Muhammad Najib bin Ibrahim Al-Muthi’ yang mengikut metode kedua imam sebelumnya. Akhirnya, kitab Al-Majmu’ Syarah Al-Muhadzab ini telah disempurnakan oleh tiga para ulama, yaitu Imam An-Nawawi, Imam As-Subki, dan Imam Al-Muthi’.

Kitab yang disebut fenomenal ini mempunyai karakter khusus yang membuatnya berbeda dari segi metodologi ilmu yang akurat, menjadikannya berada di tempat teratas dibandingkan buku ensiklopedi-ensiklopedi fikih lainnya, baik klasik dan kontemporer. Walaupun fokus pada madzhab Asy-Syafi’i, ternyata Kitab Al Majmu’ Syarah Muhadzab juga dipenuhi dengan pendapat-pendapat fiqih dari beberapa imam madzhab lainnya seperti Hanafi, Hambali, maupun Maliki.

Isi Kitab Majmu’ Syarah Muhadzdzab membahas beragam topik, mulai dari thaharah, salat, jenazah dan zakat, puasa, I’tikaf, haji, aqiqah, nadzar, diyat (denda) dan memerangi para pemberontak, sair (hijrah) dan jihad, hudud, putusan hukum dan pengakuan, dhaman (penjaminan, al ghasab (merampas), wadi’ah, al ariyah (pinjaman), syuf’ah, qiradh (permodalan), musaqah, ijarah, dan sebagainya.

Apabila Anda membutuhkan Kitab Majmu’ Syarah Muhadzab untuk menambah ilmu fiqih Anda, maka Anda bisa mencarinya di sejumlah yang menjual buku-buku agama Islam. Namun, jika Anda kesulitan menemukannya di terdekat, Anda juga bisa mencarinya secara online di sejumlah situs e-commerce yang ada di Indonesia. Perlu diingat bahwa harga Kitab Majmu’ Syarah Muhadzab di setiap tempat kemungkinan bisa berbeda-beda.

Harga Kitab Majmu’ Syarah Muhadzab

Kitab Al Majmu' Syarah Muhadzab - www.tokopedia.com
Kitab Al Majmu’ Syarah Muhadzab – www.tokopedia.com
Jilid Kitab Majmu’ Syarah Muhadzab Kisaran Harga
Kitab Majmu’ Syarah Muhadzab jilid 31 Rp165.000
Kitab Majmu’ Syarah Muhadzab jilid 30 Rp170.000
Kitab Majmu’ Syarah Muhadzab jilid 14 Rp187.000
Kitab Majmu’ Syarah Muhadzab jilid 27 Rp189.000
Kitab Majmu’ Syarah Muhadzab Jilid 3 Rp190.000
Kitab Majmu’ Syarah Muhadzab jilid 23 Rp199.900
Kitab Majmu’ Syarah Muhadzab jilid 24 Rp203.000
Kitab Majmu’ Syarah Muhadzab jilid 6 Rp211.000
Kitab Majmu’ Syarah Muhadzab jilid 11 Rp211.000
Kitab Majmu’ Syarah Muhadzab Jilid 22 Rp213.000
Kitab Majmu’ Syarah Muhadzab jilid 7 Rp215.000
Kitab Majmu’ Syarah Muhadzab jilid 2 Rp225.000
Kitab Majmu’ Syarah Muhadzab Jilid 32 Rp228.000
Kitab Majmu’ Syarah Muhadzab jilid 1-14 Rp1.800.000
Kitab Majmu’ Syarah Muhadzab jilid 1-23 Rp2.480.000
Kitab Majmu’ Syarah Muhadzab jilid 1-27 Rp2.945.000
Kitab Majmu’ Syarah Muhadzab jilid 1-22 Rp3.454.500
Kitab Majmu’ Syarah Muhadzab 1 set 32 jilid lengkap Rp5.146.000

Harga kitab Majmu’ Syarah Muhadzab di atas telah kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk situs jual beli online. Jika dibandingkan dengan penawaran sebelumnya, harga Majmu’ Syarah Muhadzab saat ini di pasaran terpantau fluktuatif. Misalnya, Kitab Majmu’ Syarah Muhadzab Jilid 32 yang semula dijual dengan harga Rp176 ribu, naik menjadi Rp228 ribu. Sementara itu, harga Kitab Majmu’ Syarah Muhadzab jilid 31 sedikit turun dari Rp179 ribu menjadi Rp165 ribu.

Apabila Anda membutuhkan koleksi lengkap Kitab Majmu’ Syarah Muhadzab sebagai bahan penambah ilmu pengetahuan Anda, maka sebaiknya belilah dalam jilid lengkap. Namun jika membeli Kitab Majmu’ Syarah Muhadzab jilid lengkap Anda rasa terlalu mahal dan tidak sesuai dengan budget, Anda juga bisa mencari Kitab Majmu’ Syarah Muhadzab yang dijual per jilid.

Anda bisa membeli jilid Kitab Majmu’ Syarah Muhadzab yang membahas isi atau topik yang Anda butuhkan saja. Saat ini, juga banyak beredar Kitab Majmu’ Syarah Muhadzab berformat pdf yang memungkinkan untuk di-download dan Anda baca di mana saja meskipun tingkat keaslian isi terjemahannya mungkin bisa saja berbeda dari aslinya.

[Update: Ditta]

Pos terkait