Jadwal, Persyaratan & Biaya Santri Baru Pesantren Binaul Ummah

Pondok Pesantren (ponpes) Binaul Ummah Kuningan merupakan salah satu ponpes yang beralamat di Jalan Raya Cipari, Kelurahan Cipari, Kabupaten Kuningan, . Ponpes ini berdiri sejak 2002.

Pesantren Binaul Ummah Kuningan (Youtube: Binaul Ummah Kuningan)

Ponpes tersebut menyediakan berbagai jenjang pendidikan, mulai dari RA Binaul Ummah, MDTA Binaul Ummah, Menengah Pertama (SMP) yang berdiri pada tahun 2007, dan Menengah Atas (SMA) yang berdiri pada tahun 2010.

Kurikulum yang diajarkan di ponpes tersebut antara lain Bahasa , Arab, , dan digital yang aplikatif, kurikulum Diknas dengan muatan Islamisasi dan sosial, kurikulum khusus pesantren dengan orientasi pemenuhan muwashofaat (karakter) calon teknokrat dan birokrat, dan lainnya.

Di tahun pelajaran 2018/2019 ini, Ponpes Binaul Ummah memberlakukan biaya pendidikan bagi para santrinya, yang terdiri dari beberapa komponen biaya. Berikut rincian biayanya.

Biaya Pendidikan Yayasan Pondok Pesantren Binaul Ummah Kuningan

Pesantren Binaul Ummah Kuningan (binaulummah-kng.ponpes.id)

Komponen Biaya SMP (Rp) SMA (Rp)
Infak pembangunan masjid 2.500.000 2.500.000
Wakaf tanah 300.000 300.000
Akomodasi (3 tahun) 1.500.000 1.500.000
Tatib dan kalender 60.000 60.000
Rihlah santri 300.000 300.000
Seragam (4 stel) dan jas almamater 900.000 900.000
Infak bulanan (Juli 2018) 1.000.000 1.000.000
MOS/MATASABA (masa ta’aruf santri baru) 350.000 350.000
Ujian pondok dan sekolah 100.000 100.000
Rapor pondok 50.000 50.000
paket sekolah 1.200.000 1.500.000
Buku paket pondok 700.000 700.000
OSBU (per tahun) 250.000 250.000
Komputer (per tahun) 200.000 200.000
Psikotes 100.000 100.000
Kegiatan tahunan santri 250.000 250.000
Simpanan Pokok Koperasi 120.000 120.000
Total 9.880.000 10.180.000

Kegiatan Santri Baru

Kegiatan Tanggal
Pendaftaran
Jalur Prestasi 1 Desember 2017-17 Februari 2018
Jalur 1 Desember 2018-25 Maret 2018
Tes Masuk 25 Maret 2018
Pengumuman Kelulusan
Jalur Prestasi 24 Februari 2018
Jalur Tes 31 Maret 2018
Daftar Ulang
Jalur Prestasi 1-31 Maret 2018
Jalur Tes 2-30 April 2018

Catatan: Tempat tes di Kuningan dan Lampung

Prosedur Pendaftaran

Pesantren Binaul Ummah Kuningan (Youtube: Binaul Ummah Kuningan)

Semua pendaftaran peserta Penerimaan Santri Baru dilakukan secara online melalui psb.binaulummah-kng.ponpes.id dengan prosedur sebagai berikut:

  • Pendaftar melakukan pengisian pendaftaran melalui laman psb.binaulummah-kng.ponpes.co.id dengan cara klik menu pendaftaran, kemudian masuk ke Daftar Online. Masukkan NISN Calon Santri, sistem akan melakukan verifikasi NISN, apabila NISN yang dimasukkan valid maka akan muncul pendaftaran. Isi pendaftaran tersebut secara lengkap dan benar.
  • Setelah melakukan pendaftaran, pendaftar resmi menjadi peserta dengan status ‘Menunggu status pembayaran’.
  • Setelah melakukan pendaftaran secara online, pendaftar melakukan pembayaran secara tunai (datang langsung ke Ponpes Binaul Ummah) maupun melalui transfer bank melalui Rekening Bank Muamalat 1320003439 an. Yayasan Binaul Ummah. Pada saat melakukan transfer, peserta WAJIB mencantumkan NISN pada berita pengiriman (untuk transfer tunai via teller) atau pada nomor referensi transfer (untuk transfer via ATM).
  • Setelah melakukan pembayaran, peserta harus melakukan konfirmasi pembayaran melalui laman psb.binaulummah-kng.ponpes.id. Klik menu Pendaftaran -> Konfirmasi Pembayaran. (konfirmasi pembayaran dilakukan Maksimal 3x24 jam setelah melakukan pendaftaran, apabila melebihi batas waktu tersebut maka pendaftar harus melakukan pendaftaran dari awal). Setelah melakukan konfirmasi pembayaran, status peserta akan berubah menjadi : Menunggu verifikasi pembayaran.
  • Panitia akan melakukan pengecekan terhadap konfirmasi pembayaran dari peserta, jika informasi pembayaran valid maka status peserta berubah menjadi : Terdaftar.
  • Peserta dapat melakukan pengecekan verifikasi pembayaran melalui laman psb.binaulummah-kng.ponpes.id. Klik menu Pendaftaran -> Cek Pendaftaran. Apabila status peserta sudah Terdaftar, maka peserta dapat mencetak Kartu Peserta Tes.
  • Proses pendaftaran telah selesai, simpan dengan baik Kartu Peserta Tes beserta Bukti Transfer Pembayaran.
  • Bagi peserta Jalur Prestasi, ditambah persyaratan mengirimkan fotokopi rapor 5 semester terakhir yang telah dilegalisasi (untuk pendaftar SMP fotokopi rapor yang dikirimkan adalah rapor Kelas IV, V, dan VI semester pertama), fotokopi piagam penghargaan (jika ada), fotokopi piagam tahfidz/hafalan Al-Qur’an (jika ada), foto rontgen thorax terbaru beserta hasil pemeriksaan, dan surat keterangan sehat dari dokter dikirim ke panitia PSB Binaul Ummah Kuningan.

Bagi calon santri yang dinyatakan lulus Seleksi Penerimaan Santri Baru (PSB), dapat melakukan registrasi yang meliputi pembayaran biaya pendidikan yang telah ditetapkan. Waktu pelaksanaan daftar ulang santri baru Jalur Prestasi yaitu tanggal 1-31 Maret 2018. Sedangkan, untuk pembayaran biaya pendidikan, dapat dilakukan dengan cara bertahap atau dilunasi sekaligus pada waktu pelaksanaan daftar ulang.

Pesantren Binaul Ummah Kuningan (Youtube: Binaul Ummah Kuningan)

Apabila Anda akan melakukan pembayaran secara bertahap, maka bisa melakukannya dalam dua tahap. Dan, untuk batas waktu pelunasan tahap kedua, paling lambat adalah tanggal 21 Juli 2018. Mengenai teknis pembayaran, dapat dikoordinasikan dengan bagian keuangan. Bagi peserta yang tidak melakukan pembayaran biaya pendidikan sampai dengan batas waktu yang ditentukan, secara otomatis akan dinyatakan mengundurkan diri.

Lalu, untuk pembayaran tunai, bisa dilakukan langsung ke Bagian Keuangan Pondok Pesantren Binaul Ummah Kuningan pada hari Senin sampai Sabtu mulai pukul 08.00 sampai 15.00 WIB.

Anda juga bisa membayar tunai melalui sistem transfer melalui rekening a.n. Yayasan Pondok Pesantren Binaul Ummah Kuningan. Anda bisa membayar melalui Giro Bank Syariah Mandiri (BSM), dan Giro Bank Muamalat (BM). Setelah melakukan transfer, harap memberi konfirmasi melalui telepon atau SMS sesuai dengan ketentuan.

Santri baru juga wajib menyerahkan kelengkapan administrasi berupa fotokopi Kartu Keluarga (KK), fotokopi akta kelahiran, dan fotokopi Kartu NISN atau Surat Keterangan NISN dari Kepala Sekolah. Untuk informasi lebih lengkap dan jelas, Anda bisa mengunjungi website psb.binaulummah-kng.ponpes.id. Atau, bisa juga menghubungi informasi kontak berikut ini.

Panitia PSB Binaul Ummah Kuningan
Jl. Raya Cipari, Kel. Cipari, Kec. Cigugur, Kab. Kuningan
Provinsi Jawa Barat, 45552
Contact Person (CP): 0822 1475 4249

 

Baca juga  Info Update Biaya & Jadwal Tes TOEFL CBT/iBT
loading...

Leave a reply "Jadwal, Persyaratan & Biaya Santri Baru Pesantren Binaul Ummah"