Jadwal Penerimaan Mahasiswa Baru & Biaya Kuliah di Universitas Garut

Universitas Garut atau disingkat dengan Uniga merupakan swasta yang berdiri pada tanggal 21 Desember 1998 yang disahkan melalui SK Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia dengan nomor 173/D/O/1998.

biaya, kuliah, universitas, garut, fakultas, program, studi, ekonomi, S1, pascasarjana, jadwal, penerimaan, mahasiswa, baru, syarat, pendaftaran, lulusan, fotokopi, KK, ujian, nilai, akhir, info, kampus, gelombang, uniga

Kegiatan perkuliahan reguler di kelas

Berdirinya Uniga dimulai pada saat Yayasan Perguruan Tinggi Indonesia mendirikan Sekolah Tinggi Ilmu Kemasyarakatan (STIK) dengan 1 program studi yaitu Kesejahteraan Sosial. Lalu dilanjutkan dengan penambahan program studi baru yaitu Ilmu Administrasi dan Pekerja Sosial Medik.

Status Uniga sampai saat ini bersifat menunggu tawaran resmi dari pemerintah pusat untuk mengubah status kampusnya menjadi kampus negeri di Garut. Saat ini, kurang lebih terdapat 6.000 mahasiswa. Sementara, total dosen tetap kampus mencapai 203 kurang serta ratusan dosen tambahan yang tersebar di tiga lokasi kampus.

Syarat untuk menjadi kampus negeri salah satunya adalah lahan kampus minimal 60 hektare. Nantinya, perubahan status kampus dapat merembet pada status dan jenjang karier dosen yang mengajar di Uniga.

Hingga kini, ada sekitar 8 (delapan) Fakultas dan 1 (satu) Program Pascasarjana dengan berbagai program studi yang ditawarkan. Selain itu, Uniga juga menyediakan jenjang pendidikan D3 (Diploma 3), (Strata 1), dan Program Pascasarjana.

Program studi dan fakultas yang ada di Uniga di antaranya Pascasarjana memiliki 2 program studi yaitu Ilmu Administrasi dan Manajemen Pendidikan . Sementara itu, untuk jenjang S1, ada Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik yang terdiri dari program studi Administrasi Negara. Dilanjutkan dengan Fakultas Ekonomi yang memiliki 4 program studi yaitu Manajemen (S1), Akuntansi (S1 & D3), Pariwisata (S1).

Selain fakultas dan program studi lain yang bisa dipilih yaitu Fakultas Teknik (S1 Teknik Elektro & Teknik Komunikasi), Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (S1 Farmasi & Kimia), Fakultas Pertanian (S1 Peternakan, Agroteknologi, Ilmu Pangan, Sosial dan Ekonomi Pertanian Agribisnis), dan fakultas serta program studi lainnya.

Masing-masing mahasiswa dapat menikmati yang telah disediakan oleh pihak kampus seperti asrama mahasiswa (rusunawa), masjid, perpustakaan, hotspot area, gedung serbaguna, internet gallery, laboratorium, dan lapangan olahraga.

Biaya

Untuk biaya kuliah Universitas Garut tahun 2018/2019, Anda mungkin belum menemukan informasi mengenai biaya kuliah secara keseluruhan dari fakultas yang ada di Uniga. Tetapi, ada beberapa fakultas yang memberikan rincian biaya kuliah, seperti Fakultas MIPA, Fakultas Ekonomi, dan Fakultas Ilmu Komunikasi. Berikut rinciannya.

Biaya Kuliah di Universitas Garut

biaya, kuliah, universitas, garut, fakultas, program, studi, ekonomi, S1, pascasarjana, jadwal, penerimaan, mahasiswa, baru, syarat, pendaftaran, lulusan, fotokopi, KK, ujian, nilai, akhir, info, kampus, gelombang, uniga

Gedung utama Universitas Garut (pps-uniga.ac.id)

Jenis BiayaNominal (Rp)
Fakultas Ilmu Komunikasi
Biaya Sumbangan Pembinaan Pendidikan (SPP), SKS, dan ujian3.250.000 (belum termasuk biaya praktikum)
Kelas reguler3.500.000/
Kelas karyawan3.250.000/semester atau kelipatan 1.000.000 (hanya tahun pertama)
Fakultas Ekonomi
Sumbangan Pembinaan Pendidikan (SPP)
D3 Reguler3.000.000/semester
S1 Manajemen dan Akuntansi Reguler4.000.000/semester
S1 Manajemen dan Akuntansi Non Reguler4.250.000/semester
S1 Pariwisata5.000.000/semester
Sumbangan Pembangunan4.000.000 atau lebih dengan kelipatan 100.000 hanya pada tahun pertama
Fakultas MIPA
Biaya pendaftaran250.000
Uang kuliah3.000.000
SKS135.000
Praktikum500.000
Sumbangan Pembangunan2.500.000

Untuk biaya kuliah fakultas lainnya, Anda bisa menghubungi pihak kampus. Besaran nominal biaya untuk beberapa fakultas di atas didapatkan dari situs resmi Uniga di uniga.ac.id

Syarat Pendaftaran

Syarat pendaftaran bisa saja berbeda-beda di setiap fakultas, tetapi secara umum, syaratnya sebagai berikut:

  • Lulusan SMA/MA atau SMK
  • Mengisi formulir pendaftaran yang disediakan.
  • Melampirkan fotokopi STTB/ijazah/Surat Tanda Kelulusan SMA atau sederajat yang dilegalisasi
  • Melampirkan fotokopi Daftar Nilai Ujian Akhir Nasional yang telah dilegalisasi Melampirkan Surat Keterangan Berkelakuan Baik dari Kepolisian atau dari sekolah asal
  • Melampirkan surat keterangan kesehatan dari dokter dan keterangan bebas narkoba,
  • Membayar biaya pendaftaran dan Ujian Saringan Masuk (USM)
  • Surat keterangan tidak buta warna (khusus Fakultas Teknik)
  • Pasfoto ukuran 2x3 dan 3x4
  • Melampirkan fotokopi Kartu Keluarga (KK)

Pendaftaran di Uniga bisa dilakukan secara online. Langkah-langkahnya jika diurutkan yaitu registrasi online (melakukan pendaftaran secara online di website simak.ac.id:86), kemudian melakukan konfirmasi pembayaran biaya pendaftaran. Setelah mengirim bukti pembayaran via WhatsApp atau datang langsung ke kampus. Selanjutnya, kunjungi website simak Uniga kembali untuk melengkapi data pribadi, lalu cetak kartu peserta ujian saringan masuk dan ikuti ujian saringan masuk pada tanggal yang ditentukan. Calon peserta bisa melihat hasil ujian seleksi di website Uniga kembali.

Jadwal Penerimaan Mahasiswa Baru

biaya, kuliah, universitas, garut, fakultas, program, studi, ekonomi, S1, pascasarjana, jadwal, penerimaan, mahasiswa, baru, syarat, pendaftaran, lulusan, fotokopi, KK, ujian, nilai, akhir, info, kampus, gelombang, uniga

Dosen memberi pengarahan kepada mahasiswa di laboratorium komputer

Jadwal penerimaan mahasiswa baru di Uniga terdiri dari beberapa gelombang. Berikut jadwalnya.

Jadwal Pendaftaran

GelombangTanggal
Gelombang IMaret-April 2018
Gelombang IIMei-Juni 2018
Gelombang IIIJuli-Agustus 2018
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP)
Gelombang I1 Maret-30 April 2018
Gelombang II1 Mei-30 Mei 2018
Gelombang III1 Juni-8 Juli 2018
Gelombang IV10 Juli-12 Agustus 2018

Sementara itu, bagi calon pendaftar Program Pascasarjana, pendaftaran dibuka mulai bulan Februari sampai Agustus 2018. Untuk mendaftar, Anda bisa melakukannya secara online atau langsung mendatangi kampus.

Bagi Anda yang membutuhkan informasi lebih lanjut, dapat menghubungi info kontak berikut.

UNIGA Kampus I

Jln. Raya Samarang No. 52A Hampor-Tarogong Garut, Garut
Jawa Barat 44151 Indonesia
Telepon: (0262) 544217
Email: [email protected] //uniga.ac.id/

Baca juga  Biaya Kuliah (UKT) Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Indonesia Tahun 2018/2019

UNIGA Kampus II

Jl. Cimanuk No. 285 Tarogong Garut , Garut
Jawa Barat 44151 Indonesia
(0262) 231-013
Email : [email protected]
//uniga.ac.id/

UNIGA Kampus III

Jl. Jati No. 42B Tarogong Garut,
Jawa Barat 44151 Indonesia
(0262) 540-007 / 540-181
Email : [email protected]
[email protected]

loading...

Leave a reply "Jadwal Penerimaan Mahasiswa Baru & Biaya Kuliah di Universitas Garut"