Info Terbaru Biaya Tarik Tunai, Cek Saldo, dan Transfer di ATM Bersama

Saat ini, penarikan uang tunai melalui ATM (Automated Teller Machine atau Anjungan Tunai Mandiri) menjadi favorit sebagian besar masyarakat. Pasalnya, penarikan uang tunai melalui ATM bisa dilakukan kapan saja. Selain itu, di beberapa ATM -bank tertentu, selain penarikan, juga dapat melakukan penyetoran uang.

tarik tunai atm bersama - superseru.com

tarik tunai atm bersama - superseru.com

Meski begitu, tak jarang nasabah mengalami kesulitan karena tidak tersedianya ATM bank tempat dia menabung pada waktu dan tempat tertentu. Untuk mengatasi solusi tersebut, saat ini sudah ada ATM Bersama. ATM Bersama adalah layanan bagi bank yang memungkinkan pemegang kartu ATM dapat memanfaatkan seluruh terminal ATM di bank yang tergabung di dalam ATM Bersama.

Hampir semua bank di Indonesia yang memiliki terminal ATM telah menjadi ATM Bersama. Per bulan Juli 2012, bank yang sudah operasional sebanyak 79 bank, yang terdiri dari bank pemerintah maupun swasta. Bank-bank yang telah menjadi ATM Bersama di antaranya BRI, , BTN, Bank Permata, Bank Niaga, OSBC NISP, Bank Mega, Bank CIMB Niaga, hingga bank syariah semacam Bank Muamalat dan Bank Syariah Mandiri.

Baca juga  Update Informasi Terbaru Cara Daftar & Biaya Layanan SMS Banking Bank Mandiri

Untuk bisa menggunakan fasilitas ATM Bersama, nasabah bank tidak perlu mendaftar terlebih dulu. Selama kartu ATM miliknya termasuk salah satu dari bank anggota ATM Bersama atau terdapat logo ATM Bersama di kartu ATM, maka pemilik kartu tersebut dapat langsung bertransaksi di jaringan ATM Bersama layaknya bertransaksi di terminal bank mereka sendiri.

Fitur-fitur yang bisa dilakukan di ATM Bersama antara lain penarikan tunai atau cash withdrawal, cek saldo atau balance inquiry, dan transfer antar-bank atau pemindahan melalui ATM ke berbagai bank. Aplikasi transfer antar-bank di jaringan ATM Bersama juga terjadi secara real time .

Lalu, berapa biaya yang dibutuhkan untuk melakukan penarikan tunai di ATM Bersama? Besaran biaya untuk penarikan tunai di ATM Bersama bervariasi, tergantung bank yang bersangkutan, berikut beberapa di antaranya.

Jenis Transaksi

BNI

CIMB Niaga

Tarik Tunai

Rp5.000

Rp7.500

Cek Saldo

Rp3.000

Gratis

Transfer Antar-Bank

Rp5.000

Rp6.500

Baca juga  Update Biaya Appraisal Terbaru Bank Mandiri

Tidak ada biaya administrasi bulanan yang dibebankan ATM Bersama karena ATM Bersama hanya mengenakan biaya ketika nasabah melakukan transaksi melalui ATM Bersama saja. Di luar itu, ATM Bersama tidak ikut campur menentukan biaya layanan bank lainnya.

author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Penyuka musik dan sedikit audiophile.

Leave a reply "Info Terbaru Biaya Tarik Tunai, Cek Saldo, dan Transfer di ATM Bersama"