Info Terbaru Biaya Transfer BNI ke Mandiri via ATM

No comment65050 views

Hampir semua bank di Indonesia menyediakan layanan transfer uang melalui ATM, termasuk Bank Negara Indonesia (BNI). Selain bisa transfer ke sesama rekening lewat ATM, Anda juga bisa melakukan transfer dari BNI ke rekening bank lain, seperti Bank Mandiri dengan biaya administrasi relatif terjangkau.

Ilustrasi: Salah Satu Kantor Cabang BNI (credit: bni.co.id)

Ilustrasi: Salah Satu Kantor Cabang BNI (credit: bni.co.id)

Layanan Transfer BNI via ATM

Didirikan pada tanggal 5 Juli 1946, PT Bank Negara Indonesia (BNI) Persero Tbk menjadi bank pertama milik negara yang lahir setelah kemerdekaan Indonesia. Salah satu bank milik pemerintah ini mendukung perekonomian Indonesia dengan melayani seluruh lapisan masyarakat, dan memperkenalkan berbagai layanan perbankan.

Salah satu layanan perbankan yang dapat dinikmati nasabah adalah transfer. Kegiatan tersebut tidak lagi menjadi sesuatu yang asing bagi sebagian masyarakat. Anda dapat melakukannya melalui ATM (Automatic Teller Machine). Tidak hanya dapat melakukan transfer antar-BNI, nasabah bisa transfer antar-bank, seperti dari BNI ke Bank Mandiri. BNI Selain transfer, transaksi yang Anda dapat dilakukan adalah penarikan tunai, setoran tunai, cek saldo, registrasi e-channel, dan berbagai jenis pembelian dan pembayaran .

BNI ATM saat ini berjumlah lebih dari 17.000 mesin yang tersebar di seluruh Indonesia dan terkoneksi dengan 58.000 Jaringan ATM Link, 76.000 Jaringan ATM Bersama, 96.000 jaringan ATM PRIMA, Jaringan Mastercard, , Visa Electron, Plus, JCB, Asian Payment Network (MEPS/ITMX/KFTC), Union Pay, serta ratusan ribu ATM berlogo Cirrus di seluruh dunia.

Pengguna BNI ATM adalah seluruh nasabah BNI dan non-nasabah BNI yang memiliki Kartu ATM BNI/Kartu Kredit BNI/Kartu ATM dan Kartu Kredit dengan jaringan Link, jaringan ATM Bersama, jaringan PRIMA, Jaringan Internasional Mastercard, Visa, Visa Electron, Plus, JCB, Asian Payment Network (MEPS/ITMX/KFTC), Union Pay, dan Cirrus.

Jenis ATM BNI

Ilustrasi: Mesin ATM BNI (credit: Liputan6)

Ilustrasi: Mesin ATM BNI (credit: Liputan6)

  • ATM Tunai, yaitu mesin ATM yang memiliki fitur utama sebagai transaksi penarikan uang tunai.
  • ATM Non Tunai, yaitu mesin ATM yang melayani transaksi perbankan kecuali untuk penarikan uang tunai dan setoran uang tunai.
  • ATM Setoran Tunai (Cash Deposit Machine/CDM), yaitu mesin ATM yang memiliki fitur utama sebagai transaksi setoran uang tunai.
  • ATM Setor Tarik Tunai (Cash Recycle Machine/CRM), yaitu mesin ATM yang memiliki fungsi ATM Tarikan Tunai, ATM Non Tunai, dan ATM Setoran Tunai.

Bagi Anda yang menginginkan bertransaksi perbankan lebih praktis lagi, dapat menggunakan BNI ATM Drive Thru (untuk pengguna mobil) & ATM Ride Thru (untuk pengguna motor). Bagi Anda yang sering beraktivitas dengan kendaraan dan membutuhkan BNI ATM di sela-sela mobilitas Anda, BNI menyediakan ATM yang dapat digunakan tanpa harus turun dari kendaraan, di tempat-tempat strategis di kota-kota besar di Indonesia.

Manfaat penggunaan ATM BNI Drive Thru & Ride Thru antara lain melakukan transaksi di BNI ATM tanpa harus meninggalkan kendaraan Anda, dilengkapi seluruh fitur BNI ATM, pada beberapa model dapat menyesuaikan dengan kendaraan nasabah, serta lokasi yang representatif, aman, dan nyaman bagi nasabah dan kendaraannya.

Biaya Transfer BNI via ATM

Layanan Transfer BNIBiaya
Sesama BNIGratis
Antar bank via ATM LinkRp6.500
Antar bank via ATM BersamaRp6.500
Antar bank via ATM PRIMARp6.500

Biaya transfer dari BNI ke bank lain, misalnya saja ke Mandiri, pada tahun 2021 ini masih tetap sama seperti ketentuan tahun 2018, 2019, dan 2020 lalu, yakni dipatok sebesar Rp6.500 per transaksi. Untuk melakukan transaksi transfer antar-bank (BNI ke Mandiri), Anda dapat melakukan beberapa prosedur sebagai berikut.

Indonesia, layanan, BNI, biaya, transfer, ke, nasabah, cara, Mandiri, ke, lain, jenis, ATM, transaksi, bukti, penarikan, saldo, jaringan, kartu, perbankan, bank, negara, pembayaran, via, bersama, prima

Ilustrasi: transfer dana dari BNI ke Bank Mandiri

Cara Transfer via ATM BNI

  • Masukkan ATM ke dalam mesin.
  • Pilih bahasa yang ingin digunakan, apakah ‘Indonesia’ atau ‘English’. Di sini Anda dimisalkan memilih bahasa ‘Indonesia’, maka pilih bahasa tersebut.
  • Masukkan PIN (berupa 6 digit angka), lalu tekan ‘Benar’.
  • Di layar akan tertera nominal-nominal (apabila Anda akan melakukan tarik tunai), dan menu-menu lain. Karena kali ini Anda akan melakukan transfer antar bank, pilih ‘Menu Lain’.
  • Lalu, pilih ‘Transfer’.
  • Transfer dapat dilakukan dari Rekening Giro atau , kali ini Anda memilih ‘Dari Rekening Tabungan’.
  • Untuk menu selanjutnya, pilih ‘Ke Rek. Bank Lain’.
  • Anda akan diminta untuk memasukkan kode bank tujuan (Mandiri) diikuti oleh nomor rekening bank tujuan. Apabila Anda sudah mengetahui kode banknya, dapat langsung mengisi, tetapi jika tidak, maka tekan ‘Daftar Kode Bank’.
  • Di layar akan ditampilkan berbagai kode bank yang ada. Untuk Mandiri, kode banknya 008.
  • Lalu pilih ‘Menu Entry’.
  • Kini, Anda dapat mengisi datanya. Kode bank diketik terlebih dahulu baru nomor rekeningnya. Misalkan 008 1245678910. Jika data tersebut sudah benar, pilih ‘Tekan Jika Benar’.
  • Anda akan diminta untuk memasukkan jumlah nominal yang akan ditransfer. Lalu pilih ‘Tekan Jika Benar’.
  • Di layar akan tampil menu untuk memasukkan nomor referensi (boleh dikosongkan), pilih ‘Tekan Jika Benar’.
  • Tunggu beberapa saat, layar ATM akan menampilkan data Konfirmasi Transfer yang berisi Transfer ke (Mandiri), No. Rek, Penerima, No. Ref (boleh kosong), dan Jumlah. Jika dirasa data-data tersebut telah benar, pilih ‘Tekan Jika Ya’.
  • Transaksi telah selesai. Di ATM BNI, sebelum mengakhiri transaksi di ATM, Anda dapat ditampilkan menu mengenai penggantian PIN. Anda bisa memilih ‘Ya’ atau ‘Tidak’. Apabila Anda menekan ‘Tidak, maka layar ATM akan menyuruh Anda untuk memasukkan PIN ATM kembali.
  • Lalu, akan tampak menu-menu pilihan transaksi, seperti ganti PIN, pembayaran, penarikan tunai, informasi saldo, dan lainnya. Jika Anda tidak ingin melakukan transaksi lagi, dapat menekan ‘Cancel’ pada keyboard ATM.
  • Kartu ATM Anda akan dapat diambil dan disimpan kembali, dan juga bukti transfer bisa Anda ambil.

Selain transfer, melalui ATM BNI, nasabah dapat melakukan beberapa transaksi, antara lain tarik tunai (tanpa dikenai biaya), prabayar (seperti top up kartu TapCash BNI dan Go-Pay), pembelian voucher pulsa (Telkomsel, Indosat, XL Axiata, Tri, Smartfren, dan Axis), dan pembelian paket data (XL Axiata seperti HotRod, XmartPlan).

Sementara, fitur non-nasabah ATM BNI, dapat melakukan transaksi seperti pembayaran kartu kredit, personal loan, listrik (PLN), air (PDAM), telepon (postpaid), pembayaran untuk keperluan universitas (seperti student payment center, , UMPTKIN, UI, SPMB), asuransi, multimedia, , multi finance, PBB, STNK, PKB, zakat, Go-Pay, dan lainnya.

[Update: Almas]

Baca juga  Info Terbaru Biaya Administrasi Rekening Tabungan Bank Jatim
author
Literatur akuntansi sudah digeluti hingga pendidikan pascasarjana. Bagiku ini adalah seni pencatatan dan pengikhtisaran transaksi keuangan dan penafsiran akibat suatu transaksi terhadap suatu unit ekonomi.

Leave a reply "Info Terbaru Biaya Transfer BNI ke Mandiri via ATM"