Update Harga Lobster Air Tawar untuk Ternak dan Konsumsi

Indonesia memang dikenal memiliki sumber daya alam yang melimpah. Kekayaaan sumber daya alam ini salah satunya adalah air tawar. Dari sekian banyak hasil perikanan tawar, salah satu yang banyak dicari adalah lobster. Lobster air tawar lebih banyak diminati untuk ternak maupun konsumsi dibandingkan lobster air laut karena harga jualnya relatif terjangkau.

Lobster air tawar (sumber: bisnisukm.com)
Lobster air tawar (sumber: bisnisukm.com)

Lobster air tawar merupakan jenis lobster yang banyak dikembangkan di berbagai negara, bahkan lobster jenis ini bisa hidup hampir di seluruh benua di dunia, kecuali Antartika dan Afrika. Banyak negara maju yang sudah menggalakkan pembudidayaan lobster air tawar di negara mereka. Sebagai negara berkembang, di Indonesia sendiri, lobster air tawar mulai gencar dibudidayakan pada tahun 2000-an, sedikit terlambat dari negara-negara lain yang membudidayakan lobster air tawar sejak tahun 1980-an.[1]

Bacaan Lainnya

Diketahui, lobster merupakan makanan yang kaya gizi sekaligus memiliki rasa yang gurih. Jadi, meskipun harganya tergolong mahal, tidak menurunkan minat konsumen untuk membeli sajian ini. Bagi pebisnis, membudidaya lobster air tawar ini menjadi sesuatu yang menggiurkan. Sementara, untuk pemula yang ingin berwiraswasta, budidaya lobster ini juga dirasa mudah dan sederhana untuk dilakukan. Meskipun habitat asli lobster air tawar adalah di sungai dan di rawa-rawa serta danau, tetapi banyak sarana yang dapat digunakan.

Untuk budidaya secara ekstensif, petani hanya menaruh indukan pada kolam pada masa berkala kolam tersebut dikeringkan. Media lain yang sering digunakan adalah kolam semen atau kolam fiber (tank). Kolam semen dan kolam fiber ini banyak digunakan untuk membesarkan burayak sampai berat sekitar 5 cm.  Lobster yang sudah memenuhi ukuran komersial akan dijual dan sisanya akan dikembalikan ke kolam tersebut.

Sementara itu, pada budidaya secara intensif, petani mulai memberi pakan ke dalam kolam dengan berbagai macam makan sayur-sayuran, termasuk pakan komersial. Budidaya secara intensif memberikan hasil yang lebih baik dibandingkan secara ekstensif. Di Indonesia budidaya lobster air tawar banyak dilakukan dalam skala perumahan, terutama pada pembenihan.

Jenis Lobster Air Tawar

  • Cherax quadricarinatus: panjang tubuhnya berkisar 25 cm dengan bobot sekitar 450 gr.
  • Cherax papuanus: memiliki panjang tubuh mencapai 20 cm dan termasuk udang asli Indonesia, tepatnya dari Pulau Papua.
  • Cherax cainii: memiliki tiga jenis yang berbeda terutama dalam warna cangkangnya, panjang tubuhnya mencapai 30 cm.
  • Cherax destructor: panjang tubuh antara 30-50 cm dengan bobot mencapai 150-350 gr.
  • Cherax lorenchi: warna tubuh hijau kecokelatan dengan bagian capit dan kepala bagian depan berwarna hijau tua.
  • Cherax preissii: warna tubuh udang ini cenderung lebih gelap dengan ukuran panjang mencapai 30 cm.
  • Cherax tenuimanus: cangkangnya berwarna biru keunguan dengan panjang tubuh udang dewasa sekitar 40 cm.
  • Procambarus clarkii: ukuran tubuh lebih kecil jika dibandingkan dengan lobster air tawar dari genus Cherax.
  • Astacopsis gouldi: ukuran tubuh terbilang besar dengan panjang mencapai 90 cm dan berat sekitar 4-6 kg per ekor.

Lobster air tawar memiliki keunggulan, seperti pertumbuhan yang relatif cepat dengan ukuran yang layak dikonsumsi. Kandungan lemak lobster air tawar juga sangat rendah, yakni kurang dari 2%. Harga lobster air tawar berbeda-beda tergantung ukuran yang Anda pilih. Bagi Anda yang tertarik untuk terjun langsung dalam budidaya lobster air tawar, berikut informasi harga lobster air tawar yang tersedia di pasaran.

Harga Lobster Air Tawar

Harga Lobster Red Claw atau Capit Merah

Jenis Lobster Harga
Benih 2 inchi Rp3.500 per ekor
Benih 3 inchi Rp5.000 per ekor
Indukan 4 inchi UP Rp120.000 per set
Indukan 5 inchi UP Rp250.000 per set
Indukan 6 inchi UP Rp279.000 per set

Jika dibandingkan penawaran sebelumnya, harga lobster red claw atau capit merah di pasaran saat ini cenderung naik. Misalnya, benih lobster red claw atau capit merah ukuran 2 inchi yang semula dijual seharga Rp3.000, sekarang menjadi Rp3.500 per ekor. Begitu pula dengan indukan lobster red claw atau capit merah ukuran 4 inchi UP yang ikut naik dari harga Rp110 ribu menjadi Rp120 ribu per set.

Lobster red claw/capit merah (sumber: eswamp.co.uk)

Harga Lobster Khusus Konsumsi

Jumlah Lobster Harga (per Kg)
20-25 ekor Rp80.000
25-30 ekor Rp85.000
30-35 ekor Rp110.000
15-20 ekor Rp150.000
10-15 ekor Rp180.000
1-9 ekor Rp214.000

Berbeda dari penjualan lobster red claw atau capit merah, harga lobster khusus konsumsi di pasaran saat ini justru terpantau turun. Misalnya, lobster khusus konsumsi 25-30 ekor yang semula ditawarkan mulai harga Rp110 ribu, sekarang dapat Anda beli dengan harga Rp85 ribu saja per kilogram. Harga lobster khusus konsumsi 20-25 ekor juga turun dari Rp130 ribu menjadi Rp80 ribu per kg.

Lobster konsumsi (sumber: tokopedia)

Harga Lobster Clarkii

Jenis Lobster Harga (per Ekor)
Merah 2-2,5 inchi Rp6.050
Orange 2-2,5 inchi Rp11.000
Merah 3-4 inchi Rp13.000
Orange 3-4 inchi Rp22.700
Snow white/putih 3-4 inchi jantan Rp20.000
Snow white/putih 3-4 inchi betina Rp22.700

Harga lobster air tawar clarkii di pasaran saat ini juga cenderung naik, misalnya, jenis merah 3-4 inchi yang semula dijual seharga Rp10 ribu, kini menjadi Rp13 ribu per ekor. Tak ketinggalan, harga lobster air tawar clarkii jenis merah ukuran 2-2,5 inchi yang terpantau naik dari Rp4.000, sekarang menjadi Rp6.050 per ekor.

Lobster air tawar clarkii (sumber: krjogja.com)

Harga Lobster Air Tawar Yabby

Ukuran Lobster Harga (per Ekor)
Benih 1 inch Rp17.000
Benih 2 inch Rp27.000

Harga lobster air tawar jenis yabby ukuran 1 inch terpantau naik dari harga Rp10 ribu menjadi Rp17 ribu per ekor, sedangkan ukuran 2 inch juga naik dari harga Rp25 ribu menjadi Rp27 ribu per ekor.

Di pasaran, Anda juga akan menemukan lobster air tawar hias dengan jenis Marlboro Red. Tahun lalu, hewan tersebut ditawarkan mulai harga Rp9.900 per 150 gram. Saat ini, harga indukan lobster Marlboro Red isi 10 ekor bisa mencapai Rp50.000 hingga Rp115.000. Untuk info lebih lanjut, Anda dapat mendatangi pusat pelelangan ikan atau lobster terdekat. Tak ada salahnya memesan lobster air tawar di sejumlah situs jual beli online terpercaya.

Lobster air tawar yabby (sumber: wikipedia)

Cara Budidaya Lobster Air Tawar

  • Lobster air tawar ini bisa dipanen setelah dua bulan pasca-tabur benih. Satu kilogram lobster bisa berisi 10 hingga 15 ekor lobster.
  • Lobster air tawar umumnya bertelur 4–5 kali dalam setahun.
  • Pemberian pakan lobster ini dengan frekuensi 2 kali sehari, yakni pada pagi dan sore hari.
  • Di atas permukaan kolam, sebaiknya ditaburi lembaran daun Hal ini bertujuan agar bisa membuat teduh dan lobster tidak kepanasan. Selain itu, di dalam kolam dibuatkan lubangpelindung, berbahan dasar dari pipa paralon.

Anda dapat membudidayakan lobster air tawar di sekitar rumah. Hanya dengan kolam seluas 1 m x 1 m, pebisnis dikatakan bisa menghasilkan 1 kg lobster. Namun, untuk hasil tumbuh kembang yang baik, lobster air tawar membutuhkan kandungan oksigen terlarut di atas 4 ppm.

[Ditta]

[1] Juniar, Mitha. 2020. Budidaya Lobster Air Tawar untuk Pemula. Jakarta: Bhuana Ilmu Populer, hlm. 2

Pos terkait