Jadwal Pendaftaran & Biaya Masuk SMA Islam Sabilillah Malang TA 2023/2024

SMA Islam Sabilillah merupakan sebuah boarding school yang berbasis agama Islam. Lembaga pendidikan ini beralamat di Jalan Terusan Piranha Atas 135, Tunjungsekar, Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang. Dikenal memiliki mahad (asrama) modern yang bertaraf internasional, biaya pendidikan di sekolah ini memang tidak bisa dikatakan murah.

Siswa SMA Islam Sabilillah Malang - @Tejo Kurnianto
Siswa SMA Islam Sabilillah Malang – @Tejo Kurnianto

Profil SMA Islam Sabilillah

SMA ini didirikan dengan visi terwujudnya SMA Islam sistem boarding school berbasis pesantren unggul dan rujukan dalam pendidikan guna menghasilkan lulusan yang memiliki karakter keislaman, kebangsaan, dan kecendekiaan bertaraf internasional. Seperti yang disampaikan dalam visinya, meski berlabel sekolah umum, SMA ini mendidik siswa layaknya di pesantren modern. Hal tersebut bertujuan agar siswa tidak hanya mampu bersaing dalam pengetahuan umum dan teknologi, namun juga memiliki sikap spiritual keislaman yang baik.

Bacaan Lainnya

Nah, untuk mewujudkan visi tersebut, peserta didik tidak hanya belajar soal mata pelajaran yang sesuai dengan amanat . Untuk meningkatkan sikap spiritual, siswa diberikan mata pelajaran tambahan seperti Tafsir Al Quran Al Maudhu’i yang bertujuan untuk memperdalam pemahaman Al Quran, Tatakallam Bil Arabiyah’ yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Arab, dan praktik ibadah.

Sementara, agar siswa memiliki kemampuan kecendekiaan bertaraf internasional, siswa mendapatkan pelajaran tambahan seperti “We Can Speak”, yakni program untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris serta Pendidikan Leadership & Karakter untuk lebih menumbuhkan rasa kepemimpinan siswa.

Fasilitas di SMA Islam Sabilillah

Di SMA Islam Sabilillah, siswa tidak hanya mendapatkan pelajaran pada jam sekolah normal saja, yaitu pada pagi hingga siang hari, tetapi siswa SMA Islam Sabilillah dididik selama 24 jam. Sekolah ini dirancang untuk bisa memberikan empat karakter yang menjadi unggulan. Nah, untuk mengimplementasikan hal tersebut, SMA ini telah dilengkapi dengan berbagai macam fasilitas, termasuk laboratorium komputer, laboratorium IPA, lapangan olahraga, masjid yang representatif, hall dan ruang tamu yang nyaman, fasilitas kesehatan siswa, fasilitas makan siang, dan mahad.

Dari semua fasilitas yang disediakan, mahad merupakan unggulan SMA Islam Sabilillah. Di Mahad Sabilillah, siswa dibebaskan membawa gadget maupun laptop, hanya saja tetap terkontrol. Hal ini menggambarkan pesantren tidak meninggalkan keunggulan IT. Bahkan, dalam waktu setengah tahun, sudah banyak santri yang menghasilkan video profile mahad karena mereka bebas berkreativitas di luar pembelajaran.

Terdapat empat program unggulan mahad, yakni darul ibadah, darul Quran, darul lughoh wad da’wah, dan darul hubbil wathan. Mahad sebagai darul ibadah ( ibadah) karena santri dibina dan dibiasakan beribadah, mulai ibadah wajib maupun sunnah. Mahad sebagai darul Quran yakni pembelajaran tidak hanya untuk hafalan Al Quran saja, tetapi juga tafsir tematik untuk meningkatkan wawasan kenegaraan santri. Mahad sebagai darul lughoh wad da’wah untuk sarana santri dalam pembiasaan bahasa Inggris dan Arab, sehingga santri mampu meningkatkan kemampuan public speaking dan dakwah yang dapat dimanfaatkan pada jenjang kuliah. Terakhir, mahad sebagai darul hubbil wathan bermanfaat untuk siswa meningkatkan kedisiplinan dan tenggang rasa sehingga diharapkan mampu menjadi pemimpin yang agamis dan nasionalis.

Dalam menyelenggarakan pendidikannya, SMA Islam Sabilillah memungut sejumlah biaya, yakni infaq (dibayar satu kali selama menjadi siswa), uang seragam, iuran bulanan, dan uang kegiatan (dibayar satu kali per semester). Biaya tersebut sudah termasuk dengan biaya mahad, karena SMA Islam Sabilillah memang terintegrasi dengan Mahad Sabilillah.

Ilustrasi: aktivitas siswi SMA Islam Sabilillah Malang (sumber: tribunnews)
Ilustrasi: aktivitas siswi SMA Islam Sabilillah Malang (sumber: tribunnews)

Biaya SMA Islam Sabilillah TA 2023/2024

Sayangnya, untuk tahun akademik 2023/2024, pihak SMA Islam Sabilillah belum memberikan resmi biaya pendidikan di lembaga tersebut. Menurut keterangan pihak sekolah, besaran biaya akan disampaikan pada saat wawancara dengan orang tua. Sebagai referensi, pada tahun lalu, biaya pendidikan (infaq) dipatok Rp18 jutaan per siswa. Namun, yang pasti, biaya pendaftaran masih belum berubah, yakni Rp450.000.

Syarat Pendaftaran SMA Islam Sabilillah TA 2023/2024 (Jalur Umum)

  • Membeli formulir pendaftaran sebesar Rp450.000.
  • Mengisi formulir pendaftaran (secara online).
  • Upload Kartu (KK).
  • Upload piagam kejuaraan.
  • Upload surat keterangan aktif belajar.
  • Upload pas berwarna ukuran 3 x 4.
  • Upload surat keterangan sehat dari dokter.

Jadwal Pendaftaran SMA Islam Sabilillah TA 2023/2024

Ketika artikel ini ditayangkan, pendaftaran siswa baru SMA Islam Sabilillah masih dibuka dan dapat dilakukan secara online di situs resminya. Penerimaan akan ditutup jika kuota sudah terpenuhi. Dilansir dari situs resminya, kuota siswa SMA Islam Sabilillah adalah sebanyak 150 murid, sedikit lebih rendah dari kuota SMP Islam Sabilillah yang sebesar 160 siswa.

Jika Anda membutuhkan informasi lebih detail, Anda dapat datang langsung ke sekolah pada jam kerja mulai pukul 07.00 hingga 16.00 WIB. Selain itu, Anda dapat mengunjungi website resmi sekolah. Anda pun dapat menghubungi nomor telepon (0341) 400995, nomor HP 0819 1600 3277, atau lewat email di alamat [email protected].

[: Dian]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *