Update Biaya Pembuatan Visa Canada

Jika kita ingin berkunjung ke negeri, seperti Canada, selain paspor, kita juga diwajibkan memiliki visa. Apabila paspor berfungsi sebagai identitas diri seseorang ketika berada di negara lain,[1] maka visa merupakan dokumen izin masuk seseorang ke suatu negara yang bisa diperoleh di kedutaan tempat negara tersebut mempunyai Konsulat Jenderal atau kedutaan asing. Untuk visa ini, dibutuhkan sejumlah biaya.

Ilustrasi: Paspor Canada (credit: diplomacy21-adelphi.wilsoncenter.org)
Ilustrasi: Paspor Canada (credit: diplomacy21-adelphi.wilsoncenter.org)

Secara umum, visa berbentuk stiker visa yang dapat di-apply di kedutaan negara yang akan dikunjungi atau berbentuk stempel pada paspor pada negara tertentu. Visa sendiri memiliki banyak jenis sesuai dengan atau kegunaannya. Jenis-jenis visa antara lain visa kunjungan sementara untuk tujuan kunjungan keluarga, visa kunjungan sementara untuk tujuan wisata atau kunjungan teman, visa kunjungan sementara untuk bisnis, visa khusus (pelajar, bekerja, pelatihan, atau menetap dalam jangka waktu tertentu), dan visa transit.

Bacaan Lainnya

Ketika Anda ingin berkunjung ke Kanada, baik untuk berkunjung, belajar, atau bekerja, Anda juga diwajibkan memiliki visa. Biaya resmi untuk pembuatan visa Canada ini pada tahun lalu sebesar 85 dolar Kanada, itu sudah termasuk biaya pelayanan Pusat Permohonan Aplikasi Visa Canada (CVAC), tetapi belum termasuk biaya optional lainnya. Nah, berikut informasi terkini biaya pembuatan visa menuju Canada.

Baca juga  Update Harga Laundry Kiloan & Satuan

Biaya Visa Canada

Jenis Visa Biaya
Visa kunjungan 70 dolar Kanada per permohonan
Visa kunjungan beberapa kali perjalanan (dihitung per tahun) 150 dolar Kanada per permohonan
Visa tinggal terbatas 205 dolar Kanada per permohonan
Persetujuan visa Direktur Jenderal Imigrasi 20 dolar Kanada per permohonan

Biaya visa tersebut kami rangkum dari situs resmi Kementerian Negeri. Ketika artikel ini ditayangkan, 1 dolar Kanada setara dengan Rp11.700. Sementara itu, menurut situs resmi Kantor Imigrasi Kanada, biaya pengajuan visa kunjungan dipatok mulai 100 dolar Kanada atau setara Rp1,17 juta per permohonan, belum termasuk biaya lain-lain.

Pembuatan Visa Canada - toursintravel.com
Pembuatan Visa Canada – toursintravel.com

Biaya Optional Visa Canada

Jenis Layanan Biaya (termasuk pajak)
Biaya Transmisi Paket Rp135.000
Layanan Bantuan – Permohonan Manual Rp100.500
Layanan Bantuan – Formulir Online Rp23.500
Layanan Bantuan – Pemindaian dokumen (harga per halaman) Rp6.000
Counter Layanan Mandiri (harga per jam) Rp105.000
Jasa Pengiriman Dokumen (1 arah) (harga per permohonan visa) Rp211.000
Jasa Pengiriman Dokumen (2 arah) (harga per permohonan visa) Rp410.000
Layanan Pesan Singkat (SMS) (harga per permohonan visa) Rp28.500
Fotokopi (harga per halaman) Rp1.000
Pencetakan (harga per halaman) Rp1.000
Layanan Foto sesuai Organisasi Penerbangan Sipil Internasional (ICAO) Rp50.000
Ruang Tunggu Eksekutif (harga per pemohon visa) Rp805.000
Layanan Drive USB Rp108.000
Total Biaya Rp1.984.500
Baca juga  Info Terbaru Tarif Nelpon dan SMS Kartu As ke Semua Operator

Untuk visa Canada, Anda juga dapat mengajukan visa melalui layanan online. Anda bisa mengisi formulir-formulir secara online, menyiapkan dokumen pendukung, serta melakukan pembayaran secara online, dan mengunjungi pusat aplikasi visa VFS Global. Jika mengajukan visa secara online, Anda tidak perlu mencetak formulir tersebut satu per satu. Sementara, jika Anda mengajukan secara on paper, maka Anda harus mencetak semua formulir itu dengan di atas kertas putih, non-glossy.

Jika Anda tidak mengurus sendiri aplikasi visa Anda, maka Anda pun wajib mengisi formulir IMM5467E yang memberikan otorisasi bagi orang lain untuk mengurus visa Anda. Selain itu, Anda pun wajib menyiapkan sejumlah dokumen seperti paspor, formulir permohonan aplikasi, pasfoto (sesuai dengan format dan ukuran yang diminta yang bersangkutan), surat sponsor/surat keterangan kerja, bukti keuangan selama 3 bulan terakhir dan fotokopi, fotokopi KTP, fotokopi KK, itinerary, dan bukti pemesanan tiket. Perlu diingat bahwa Anda harus berhati-hati jika menggunakan otoritas lain, termasuk agen wisata. Cari tahu dulu apakah kedutaan memperbolehkan sembarang travel agent untuk mengurus dokumen penting ini, atau hanya agen wisata yang sudah ditunjuk.

Baca juga  Biaya Pemakaman San Diego Hills (Semua Tipe Makam)

Secara umum, negara seperti Kanada mempersilahkan warga negara lain untuk berkunjung, entah itu untuk keperluan bisnis, berwisata, kunjungan keluarga, atau belajar. Namun, ketika ada hal-hal tidak terduga, seperti wabah COVID-19, sejumlah tujuan kunjungan untuk sementara ditiadakan, seperti tujuan belajar dan berwisata.

[Update: Panca]

[1] Mazia, Lia. 2013. Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Meningkatkan Pelayanan Pembuatan Paspor Baru di Wilayah DKI Jakarta. Pilar Nusa Mandiri, Vol. IX(1): 55-61.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *