Info Terbaru Biaya Visa ke Inggris (Visit, Studi, Bisnis, Anak)

Visa merupakan salah satu persyaratan yang wajib Anda miliki ketika bepergian ke luar negeri. Salah satu negara yang mewajibkan turis asing untuk memiliki visa adalah Inggris. Nah, untuk mengurus visa ini, Anda dapat melakukannya secara online atau datang langsung ke bagian imigrasi, dengan biaya bervariasi, tergantung jenis visa yang akan Anda gunakan.

Jembatan Sungai Thames di Inggris
Jembatan Sungai Thames Inggris

Negara Inggris memang memiliki keunikan tersendiri. Negara ini sudah melepaskan diri dari kelompok Benua Biru (British Exit atau Brexit) dan menjadi lebih mandiri dari segi perekonomian maupun politik. Meski fenomena Brexit masih menjadi perdebatan hingga saat ini, kunjungan wisatawan ke Inggris masih tetap saja tinggi.

Bacaan Lainnya

Taraf hidup maupun taraf pendidikan yang baik serta banyaknya tempat-tempat wisata menarik tentu saja sulit membuat siapa saja berpaling dari UK. Tak heran jika hampir seluruh penduduk dunia memiliki impian untuk setidaknya sekali saja traveling ke Inggris, demikian pula para di Indonesia.

Baca juga  Update Kisaran Biaya Tes FNAB Deteksi Kanker dan Tumor

Seperti halnya negara-negara lain, Inggris menetapkan peraturan visa bagi seluruh negara asing yang hendak berlibur ke sana. Biaya pembuatan visa turis ke Inggris bervariasi, tergantung tujuan Anda bepergian dan durasi waktu Anda menetap negara tersebut. Berikut kami sajikan terbaru kisaran biaya visa ke Inggris.

Ilustrasi: Form Pengajuan Visa Inggris (credit: immigrationbarrister)
Ilustrasi: Form Pengajuan Visa Inggris (credit: immigrationbarrister)

Biaya Visa ke Inggris

Jenis Visa Biaya Sebelumnya Biaya Sekarang
Kunjungan Biasa
Jangka panjang (berlaku hingga 2 tahun) USD 469 USD 514
Jangka panjang (berlaku hingga 5 tahun) USD 851 USD 932
Jangka panjang (berlaku hingga 10 tahun) USD 1.068 USD 1.170
Studi Jangka Pendek
Studi jangka pendek (hingga 6 bulan) USD 126 USD 265
Studi jangka pendek (hingga 11 bulan) USD 242 USD 265
Kunjungan Bisnis
Investor Tingkat 1 (Pelamar dan Tanggungan) USD 2.019 USD 2.019
Pengusaha Tingkat 1 (Pelamar Utama) USD 1.326 USD 1.326
Pengusaha Tingkat 1 (Pelamar Utama CESC) USD 1.255 USD 1.255
Kunjungan Khusus – Anak
Jangka pendek (6 bulan) USD 123 USD 123
Jangka panjang (2 tahun) USD 469 USD 469
Jangka panjang (5 tahun) USD 851 USD 851
Jangka panjang (10 tahun) USD 1.068 USD 1.068
Kunjungan transit USD 83 USD 91
Baca juga  Update Harga Paspor 24 dan 48 Halaman dan Perbedaannya

Catatan:

1 USD = Rp14.444,50

Cara pengajuan permohonan aplikasi visa Inggris pun relatif mudah. Anda hanya perlu melengkapi dan mengirim formulir aplikasi secara online situs Visa4UK, kemudian membayar biaya permohonan visa sesuai dengan kategori kunjungan di atas, lalu hadir memenuhi janji datang ke salah satu pusat permohonan visa (Jakarta, Surabaya, atau Bali) untuk mengisi biometrik, dan Anda tinggal menunggu pembuatan visa Inggris diproses.

Proses permohonan visa Inggris bisa saja diterima atau ditolak, tergantung dari kebijakan pihak pembuat visa. Namun, Anda setidaknya harus menunggu dalam jangka waktu sekitar 3-12 minggu untuk visa tidak bermukim (non-settlement) dan 12-24 minggu dari tanggal pengajuan permohonan untuk visa bermukim (settlement). Untuk mengetahui informasi lebih detail seputar pembuatan visa Inggris, Anda dapat menghubungi VFS Global Jakarta City Mall Lt. 2, Jalan Prof. Dr. Satrio Kav. 18, Setiabudi, Kuningan. 

[Update: Almas]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.