Update Biaya Pasang dan Harga Paket First Media

First Media adalah penyedia layanan triple play, yakni internet, TV kabel, dan komunikasi data. Hingga kini, First Media telah menjangkau berbagai wilayah seperti Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi), Surabaya, Malang, Bandung, hingga Medan. Anak perusahaan Lippo Group ini pun telah memiliki lebih dari 180.000 pelanggan internet dan lebih dari 130.000 pelanggan televisi di seluruh Indonesia. Setelah menjalin sama dengan Link Net tahun 2015 lalu, First Media menawarkan beberapa paket berlangganan baru dengan kecepatan internet yang lebih dan biaya cukup kompetitif.

Ilustrasi: internet First Media
Ilustrasi: internet First Media

Seperti diuraikan sebelumnya, secara garis besar, First Media menyediakan layanan internet yang dinamakan Triple Play, yaitu jaringan kabel pita lebar yang bernama FastNet, televisi kabel, dan juga komunikasi data. FastNet memiliki keunggulan dalam harga yang murah dibandingkan penyedia jasa internet lainnya dengan kecepatan serupa. FastNet menggunakan standar teknologi DOCSIS (Data Over Cable Service Interface Specification) untuk menyalurkan layanan internet ke pelanggan. Di sisi pelanggan, dibutuhkan Cable Modem DOCSIS agar dapat memakai layanan internet FastNet.

Bacaan Lainnya

Sementara itu, televisi kabel bermerek dagang HomeCable, yang merupakan produk baru dari First Media setelah sebelumnya merilis KabelVision dan Digital1. Ada juga HomeCable HD yang merupakan brand untuk format tayangan High Definition (HD) di HomeCable. HomeCable HD (sebelumnya disebut First HD) diluncurkan pada 1 September 2010 dan menjadi layanan televisi kabel pertama di Indonesia yang menggunakan format High Definition (HD).

Baca juga  Info Terbaru Harga Paket IndiHome SKY dan MangoeSKy

Pada 2020 lalu, paket internet First Media Maxima X1 4K ditawarkan dengan tarif mulai Rp1.775.000 per bulan dan paket Infinite X1 4K seharga Rp3.085.000 per bulan. Kemudian pada hingga 2022, biaya paket internet First Media Maxima X1 4K naik menjadi Rp1.799.000 per bulan dan paket Infinite X1 4K menjadi Rp3.129.000 per bulan. Lalu, berapa biaya yang dibutuhkan untuk berlangganan paket First Media saat ini?

Harga Paket First Media

Paket Harga Paket
Family Plus HD Rp442.890 per bulan
D’Lite HD Rp553.890 per bulan
Elite X1 4K Rp739.260 per bulan
Supreme X1 4K Rp1.083.360 per bulan
Maxima X1 4K Rp2.021.310 per bulan
Ultimate X1 4K Rp2.185.000 per bulan
Infinite X1 4K Rp3.129.000 per bulan

Informasi tarif layanan paket First Media di atas telah kami rangkum dari situs resmi perusahaan. Jika dibandingkan ketentuan sebelumnya, harga paket berlangganan First Media ada yang naik, tetapi ada pula beberapa paket yang relatif stabil. Perlu diingat, harga paket berlangganan ini tidak mengikat dan bisa berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.

Ilustrasi: Layanan Internet (sumber: ayosurabaya.com)
Ilustrasi: Layanan Internet (sumber: ayosurabaya.com)

Harga Layanan Tambahan First Media

Jenis Layanan Harga Keterangan
Internet Speedboost Mulai Rp50.000 per bulan Up to 10 Mbps/20 Mbps/35 Mbps/60 Mbps/100 Mbps
Selection Pack Mulai Rp25.000 per bulan Kids Club, Fox Movies HD, Mezzo Live HD, Best Sports HD, HBO Pack HD, Best Entertainment HD, Box Office HD, SPH Channel HD
Add-On Mulai Rp35.000 per bulan India Favorite, Korean, Japanese, Setanta Sports, Chinese World HD
Modem Mulai Rp60.000 per bulan Optimize Internet Speed, Built in Wireless, Connect Many Devices, 2 Ethernet Ports
Baca juga  Update Biaya Pasang dan Harga Paket IndiHome Semarang

Sebagai perbandingan, tahun lalu, layanan tambahan Internet Speedboost ditawarkan dengan tarif mulai Rp100 ribu per bulan dengan layanan internet up to 18 Mbps, 32 Mbps, 50 Mbps, dan 75 Mbps. Sementara itu, layanan tambahan Smart Living Pack dan PVR X1 dari First Media kini sudah tidak tersedia.

Sebelum memutuskan untuk berlangganan dan memasang First Media di rumah, kost, apartemen, sekolah, atau kantor, Anda biasanya diwajibkan untuk coverage atau jangkauan First Media di daerah Anda. Cara mengecek coverage First Media bisa Anda lakukan dengan mengakses website atau situs resmi First Media di alamat www.firstmedia.com/get/subscribe/-area-layanan.

Pada kolom yang telah disediakan, Anda tinggal ketik nama jalan atau apartemen Anda untuk memulai pencarian. Nantinya, akan secara otomatis muncul detail-detail tempat yang telah terjangkau jaringan internet First Media. Anda juga bisa memasukkan alamat secara manual dengan mengetik menu ‘Masukkan Alamat Anda secara manual’, kemudian isi alamat Anda dimulai dari pilih kota tempat tinggal, ketik nama jalan dan no rumah/apartemen Anda.

Baca juga  Informasi Terbaru Tarif Paket Nelpon IM3 Ooredoo ke Semua Operator
Ilustrasi: promosi produk First Media (sumber: industry.co.id)
Ilustrasi: promosi produk First Media (sumber: industry.co.id)

Cara Daftar First Media

  • Area atau alamat harus sudah ter-cover dengan jaringan First Media.
  • Pendaftaran dapat dilakukan setelah dicek alamat Anda dinyatakan ter-cover First Media.
  • Anda bisa menghubungi First Media Sales Center di nomor telepon (021) 25596688 untuk Jakarta, (031) 2950777 atau 99203007 untuk Surabaya, (022) 87346565 untuk Bandung, (0341) 3301030 untuk Malang, atau (061) 41061028 untuk Medan.
  • Pemasangan atau instalasi dilakukan antara 2-3 hari setelah pendaftaran. Jika pendaftaran dilakukan sebelum jam 13.00, maka jadwal instalasi bisa dilakukan esok hari.
  • Pelanggan akan dikenakan biaya kabel sebesar Rp10.000 + PPN 10% jika pemakaian kabel melebihi yang telah ditentukan.
  • Decoder (STB) dan modem Wi-Fi dipinjamkan (sewa) selama masa berlangganan.
  • Semua kecepatan bersifat Up to dan True Unlimited Quota.
  • Pembayaran pertama wajib dilakukan maksimal 3 hari setelah pemasangan.
  • Untuk kost dan kontrakan, pembayaran wajib menggunakan kartu kredit atau melakukan pembayaran 3 bulan pertama di awal.
  • Untuk berhenti berlangganan First Media, cukup menghubungi customer service (14 hari sebelum jatuh tempo).

Sementara itu, metode pembayaran tagihan bulanan First Media bisa dilakukan dengan berbagai cara, yakni melalui website First Media, credit card, ATM (Bank CIMB Niaga, BCA, BNI, Mandiri, Maybank, Sinarmas, Nobu, ATM Bersama/Virtual Account, Panin, Permata, dan OCBC NISP), non-bank (XL Tunai, Dompetku Indosat, Tokopedia, Indomaret, Alfamart, Hypermart), setor tunai/ via teller, mobile/SMS banking, hingga internet banking.

[Update: Ditta]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2 Komentar