Info Harga Lobak Putih di Pasaran (per Buah & per 1 Kg)

Lobak putih tergolong sayur yang kaya akan manfaat. Lobak putih bisa diolah dengan cara ditumis, dijadikan acar, atau bahkan dimasak menjadi sup. Harga lobak putih di pasaran cukup murah, hanya berkisar mulai ribuan rupiah saja per buahnya.

Lobak Putih (sumber: spiencambodia.com)
Lobak Putih (sumber: spiencambodia.com)

Lobak putih (Rhaphanus sativus L.) merupakan tanaman hortikultura yang memiliki mirip dengan wortel yang berasal dari China sekitar tahun 500 SM kemudian menyebar luas ke berbagai negara di dunia termasuk Indonesia. Lobak sering disebut dengan lobak cina/lobak oriental.

Bacaan Lainnya

Tanaman lobak memiliki akar tunggang dengan akar samping yang tumbuh pada akar tunggang. Akar tunggang ini nantinya berubah fungsi dan menjadi umbi yang besar, umbi tersebut tumbuh memanjang ke bawah, bentuknya lebih bulat dan berwarna putih bersih. Lobak tumbuh baik di daerah pegunungan ataupun di dataran rendah, dengan udara lembap dan dingin.

Hampir seluruh bagian tanaman lobak dapat dimakan, umbinya dapat dimakan mentah sebagai lalap, dibuat acar/asinan atau dimasak untuk sayur. Tanaman lobak dapat tumbuh di dataran rendah dan dataran tinggi pada ketinggian ±1.100 mdpl-1.250 mdpl. Kondisi lingkungan tumbuh yang paling baik untuk lobak adalah di dataran tinggi antara 1.000-1.500 mdpl.

Lobak diklasifikasikan sebagai kingdom plantae, divisi spermatophyta, sub divisi angiospermae, kelas dicotyledoneae, ordo papaveralas, famili cruciferae/brassicaceae, genus raphanus dan spesies Raphanus sativus L.

Kandungan Lobak Putih

Lobak putih mengandung vitamin, mineral dan kandungan gizi lainnya dalam 100 g yakni kalori (19,00 kal), protein (0,9 g), lemak (0,1 g), karbohidrat (4,2 g), kalsium (35,00 mg), fosfor (26,00 mg), besi (0,6 mg), vitamin A (10,00 SI), vitamin B1 (0,08 mg), vitamin C (32,00 mg) dan air (94,1 g). Umbi lobak juga mengandung saponin, flavonoid dan polifenol.

Lobak memiliki fungsi bagi yakni efektif mengobati jamur, menyembuhkan batu ginjal, menyembuhkan liver yang bermasalah, mengobati penyakit kuning, ambeien, kanker, meredakan masalah buang air kecil, menyembuhkan leukoderma, menyembuhkan demam, membantu memulihkan kesehatan sistem pernapasan dan sebagai penawar racun.[1]

Lobak putih bisa diolah dalam berbagai macam cara, seperti dijadikan acara, ditumis layaknya sayuran pada umumnya, dimasak menjadi aneka sup, dijadikan campuran salad, hingga diminum sebagai jus. Berikut manfaat jus lobak putih.

Lobak Putih (sumber: pro-dachnikov.com)

Manfaat Lobak Putih

  • Meredakan sakit tenggorokan karena kaya akan vitamin C dan mineral di dalamnya.
  • Membantu melawan infeksi jamur karena lobak putih mengandung zat yang bersifat antijamur.
  • Menstabilkan kondisi penderita diabetes. Dalam sebuah penelitian menyebutkan bahwa biji lobak berkhasiat mengatasi masalah resistensi insulin dan meningkatkan penyerapan gula dari darah.
  • Mencegah risiko penyakit kanker. Lobak putih mengandung isotiosianat yang diklaim bisa membunuh sel-sel kanker serta mencegah pertumbuhan sel kanker. Selain itu, lobak putih kaya akan kandungan antioksidan untuk melawan radikal bebas.
  • Mencegah kerusakan hati. Dilansir dari Hellosehat, menurut penelitian dari Toxicological Research, lobak putih mengandung enzim khusus yang mempunyai aktivitas hepatoprotektif di dalamnya.
  • Menurunkan berat badan. Lobak putih mengandung serat yang baik untuk Anda yang sedang program diet atau ingin melangsingkan tubuh.

Secara umum, lobak putih relatif aman untuk dikonsumsi. Namun, sebaiknya konsumsi lobak putih dalam jumlah yang sedang-sedang saja dan jangan berlebihan. Pasalnya, bila terlalu banyak konsumsi lobak putih berpotensi menyebabkan efek samping seperti iritasi pada saluran pencernaan. Ibu hamil pun kabarnya masih dibolehkan mengonsumsi lobak putih, asalkan tidak berlebihan. Tapi, orang-orang yang memiliki batu empedu rupanya kurang disarankan untuk mengonsumsi lobak putih.

Nah, jika Anda tertarik untuk mengonsumsi lobak putih, berikut informasi harga lobak putih di pasaran Indonesia.

Harga Lobak Putih

Jenis & Kuantitas Lobak Putih Harga (Rp)
Lobak putih 250 gr 5.500
Lobak putih 500 gram 6.000 – 8.600
Lobak putih satuan (+/- 400 gr) 6.000 – 9.100
Lobak putih 1 kg 10.000 – 25.000

Informasi harga lobak putih di atas dirangkum dari berbagai sumber. Harap diingat bahwa harga lobak putih dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya. Selain itu, harga di setiap tempat juga bisa berbeda-beda. Anda bisa membeli lobak putih di pasar tradisional maupun supermarket terdekat.

[1]Apsari, MA. 2017. Pemanfaatan Lobak sebagai Selai dengan Penambahan Konsentrasi Pektin yang Berbeda [Skripsi]. Semarang: Universitas Diponegoro.

Pos terkait