Info Terbaru Harga Berbagai Merek Benang Sulam di Pasaran

Jenis benang sangat beragam, ada benang khusus untuk menjahit, benang wol, benang kasur, benang nilon, hingga benang sulam. Benang-benang tersebut memiliki karakteristik dan kegunaan masing-masing, sehingga terkadang bisa membedakan harga benang satu dengan yang lain.

Ilustrasi: menyulam (unsplash: @nathanareboucas)
Ilustrasi: menyulam (unsplash: @nathanareboucas)

Benang sulam misalnya, adalah benang yang digunakan untuk menyulam dan menghiasi supaya terlihat lebih indah. Aplikasi benang sulam biasanya dapat Anda temukan di taplak meja, sarung bantal, atau bahkan tutup poci. Menyulam sendiri bisa menjadi aktivitas yang begitu menyenangkan untuk mengisi waktu luang. Meskipun kini tidak terlalu banyak muda yang menguasai teknik menyulam, sebenarnya beberapa kalangan masih menggemari hobi satu ini. Bahkan bila ditekuni secara profesional, seni menyulam bisa menjadi bisnis yang cukup menjanjikan.

Bacaan Lainnya

Benang sulam yang banyak beredar di pasaran Indonesia biasanya adalah merek-merek seperti DMC, Anchor, Rose, hingga beberapa merk lokal layaknya Payung, Bintang, dan sebagainya. Benang sulam juga umumnya dikemas dalam bentuk skein atau kemasan 8 m dengan 6 lembar benang.

Dilansir Inirumahpintar, bentuk kemasan lain yang paling sering dijumpai adalah dalam bentuk gulungan atau roll satu helai benang. Apabila dibandingkan dengan benang jahit, benang sulam mempunyai tekstur yang lebih halus dan lebih lembut seratnya. Bahkan benang ini juga bisa digunakan untuk kerajinan lain selain menyulam, karena pilihan warnanya sangat banyak, bisa berjumlah sampai ratusan warna.

Mencari benang sulam pun sebenarnya tidak sulit. Anda tinggal memilih merek dan warna yang Anda sukai, maka Anda sudah bisa berkreasi menciptakan aneka sulaman atau kerajinan menarik lainnya. Terlebih saat ini benang sulam pun sudah semakin beragam. Tidak hanya menawarkan warna-warna solid saja, tetapi ada pula beberapa merek benang sulam yang menawarkan warna sembur dengan mengombinasikan beberapa warna sekaligus sehingga terlihat lebih menarik. Berikut ini informasi beberapa jenis benang sulam di pasaran.

Varian Benang Sulam

Benang Sulam DMC

Benang sulam DMC (sumber: Bukalapak)
Benang sulam DMC (sumber: Bukalapak)

 

Anda mungkin sudah tak asing lagi dengan benang satu ini. Benang sulam DMC tersedia dalam berbagai jenis dan warna. Di antaranya terdapat article 117-benang sulam katun, benang sulam katun sembur, benang perak dan emas, serta benang efek warna. Benang sulam DMC dikenal dapat membuat kreasi sulaman Anda menjadi hampir tak terbatas, terutama jika hendak membuat kristik dari foto. Pasalnya koleksi gradasi warna dari benang sulam DMC cukup luas dan variatif.

Kabarnya benang ini nyaman digunakan untuk menyulam lantaran ketika dibelah menjadi 6 helai dan dipakai menyulam, maka benangnya tak mudah terurai. Selain untuk menyulam, benang sulam DMC juga bisa dikreasikan sebagai gelang persahabatan alias friendship bracelet.

Benang Sulam Anchor

Benang Sulam Anchor (sumber: Tokopedia)
Benang Sulam Anchor (sumber: Tokopedia)

Benang sulam satu ini memiliki kualitas yang hampir setara dengan DMC. Sayangnya variasi jenisnya tak sebanyak DMC, meski benang sulam katunnya punya range warna yang juga tak kalah luas. Bahkan untuk benang sulam sembur dari Anchor menawarkan pilihan warna yang lebih beragam dibandingkan DMC. Tetapi di pasaran benang Anchor agak lebih sulit dicari daripada benang sulam merek DMC.

Benang Sulam Rose

Benang sulam Rose (sumber: shopee.co.id)
Benang sulam Rose (sumber: shopee.co.id)

Benang sulam yang juga dijuluki Cap Mawar ini merupakan benang sulam buatan China. Harganya jauh lebih murah daripada benang sulam DMC atau Anchor. Kualitasnya berada di bawah DMC dan Anchor. Meski demikian, benang sulam Rose dinilai cukup kuat dan tak mudah terurai saat dipakai untuk menyulam. Di samping itu, benang sulam Rose kabarnya juga tidak mudah luntur. Katalog warna dari benang sulam Rose cukup terbatas. Biasanya Rose hanya menawarkan warna-warna pokok dan ada juga koleksi benang sulam dengan warna gradasi atau sembur.

Apabila Anda seorang pemula, Anda mungkin bisa mencoba menyulam dengan benang sulam Rose terlebih dahulu. Ada beberapa orang berpendapat bahwa benang Rose kurang nyaman digunakan karena memiliki tekstur yang agak ‘seret’ dan bahkan ada juga kualitas benang yang agak buruk, sehingga terkesan agak berserabut atau kurang rapi.

Benang Sulam Blue Moon

Benang sulam aneka warna
Benang sulam aneka warna

Jenis ini merupakan benang sulam pengganti dari benang DMC, karena sistem penomoran benang pada Blue Moon, jika dihilangkan digit pertamanya, maka akan sama dengan kode benang sulam DMC, demikian juga warnanya mirip.

Ada pula benang sulam lokal yang beredar di pasaran. Anda dapat langsung menggunakannya tanpa mengurainya lebih dulu. Tetapi, rentang gradasi warnanya sangat terbatas. Jika Anda tertarik membeli benang sulam, berikut info harga benang sulam berbagai merk di pasaran saat ini.

Harga Benang Sulam

Merek Benang Sulam Harga (Rp)
Benang Sulam Embroidery 1.150
Benang Sulam Rose 2.500
Benang Sulam Lokal Umbrella 4.000
Benang Sulam Golden Star 4.500
Benang Sulam CMC 5.900
Benang Sulam Bluemoon 158 8.999
Benang Sulam DMC art 117 10.750
Benang Sulam Anchor FastColour 17.000
Paket Benang Sulam Merek Pony isi 36 120.000

Produk benang sulam terpantau mengalami perubahan hampir setiap tahun. Tercatat pada 2019, benang sulam merk Rose dijual seharga Rp1.500 per ikat, benang sulam DMC Art 117 bahan cotton embroidery floss yang terdiri dari 454 warna solid dan 18 variegated colors seharga Rp8 ribuan, dan benang sulam merek Anchor seharga Rp13 ribuan. Lalu pada 2020, harga ketiga produk tersebut naik menjadi Rp2 ribuan untuk benang sulam Rose, Rp10 ribuan untuk benang sulam DMC, dan Rp16 ribu untuk benang sulam Anchor.

Benang Sulam (sumber: gepics.com)
Benang Sulam (sumber: gepics.com)

Memasuki 2021, ada merek benang sulam yang harganya terpantau naik dibandingkan 2020. Misalnya, Paket Benang Sulam Merek Pony isi 36 yang semula dijual seharga Rp95 ribu, sekarang naik menjadi Rp110 ribu. Sedangkan untuk beberapa produk benang sulam lainnya masih relatif stabil.

Kenaikan harga benang sulam kembali terjadi di tahun 2022. Sebagai contoh, paket benang sulam merek Pony isi 36 yang dibanderol Rp110 ribu tahun 2021, naik menjadi Rp120 ribu tahun 2022.

Perlu Anda ketahui bahwa harga benang sulam dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya. Selain itu, harga benang sulam di setiap toko benang juga bisa berbeda-beda, tergantung dari penawaran pihak penjual. Apabila Anda sedang mencari benang sulam untuk berbagai kerajinan, Anda bisa membelinya di toko benang atau toko perlengkapan kerajinan tangan (handicraft).

Apabila kesulitan menemukan produk benang sulam di toko-toko terdekat, Anda juga bisa membeli produk secara online melalui sejumlah e-commerce. Supaya tidak rugi di ongkos kirim (ongkir), sebaiknya belilah benang sulam dalam jumlah banyak sekaligus jika memang berencana berbelanja secara online. Jangan khawatir, sebab saat ini sudah banyak pedagang yang menjual benang sulam secara online di berbagai marketplace terkemuka.

[Update: Almas]

Pos terkait