Update Syarat, Pendaftaran dan Biaya SMA Bakti Mulya 400 Jakarta

Menengah Atas (SMA) Bakti Mulya 400 adalah yang berlokasi di kawasan Pondok Pinang, Jakarta Selatan dan dibangun sejak tahun 1999 silam. Sekolah ini didirikan atas inisiatif Yayasan Keluarga 400, yakni organisasi yang menghimpun Tentara Pelajar Batalyon 400 Brigade 17 dengan Yayasan Pondok Mulya yang mengelola real estate Pondok Indah. SMA Bakti Mulya 400 sendiri termasuk sekolah favorit karena banyak artis yang bersekolah di sana, misalnya saja Al Ghazali, Widy Vierratale, hingga Yuki Kato.

Gedung sekolah SMA Bakti Mulya 400 (sumber: tribunnews.com)

Gedung sekolah SMA Bakti Mulya 400 (sumber: tribunnews.com)

Awal mula berdirinya sekolah adalah lewat kerja sama antara Tentara Pelajar Batalyon 400 Brigade 17 dengan Yayasan Pondok Mulya tahun 1983, yang akhirnya terbentuk Bаdаn Kerjа Sаmа Pendidikаn Pondok Mulyа Ikаtаn Keluаrgа 400 disingkat BKSP Pondok Mulyа - Ikаtаn Keluаrgа 400. Setelah melalui beberapa proses perundingan, nama badan kerjasama disingkat menjadi BKSP Bakti Mulya 400.

SMA Bakti Mulya 400 menyediakan beragam penunjang pendidikan yang memadai, antara lain berupa gedung sekolah 3 lantai permanen di Jalan Lingkar Selatan, Pondok Pinang, laboratorium IPA, ruang serbaguna, toilet, perpustakaan dengan koleksi bacaan yang lengkap, kantin, lapangan olahraga (basket dan futsal), lab komputer, lab elektronika, lab tata busana, green house, loker, proyektor, CCTV, studio musik, musala, ruang kelas ber-AC, lab bahasa, dan sebagainya.

Untuk kurikulum, kurikulum yang diterapkan untuk reguler di SMA Bakti Mulya 400 adalah Kurikulum Nasional  2013 (K13). Selain reguler dengan masa selama 3 tahun, SMA Bakti Mulya 400 juga menyediakan program SKS dua tahun atau yang lebih akrab dengan istilah kelas akselerasi.

Pendidikan SMA Bakti Mulya 400 TA 2020/2021

Sebagai sekolah yang menerapkan program Cambridge, maka bukan hal yang aneh jika biaya masuk SMA Bakti Mulya 400 cukup mahal. Sayangnya, pihak sekolah sendiri tidak menjabarkan secara rinci berapa biaya pendidikan untuk para siswa baru. Informasi seputar biaya pendidikan tahun 2020/2021 biasanya baru akan diinformasikan pada siswa setelah resmi dinyatakan diterima di SMA Bakti Mulya 400.

Nah, sebagai bahan referensi, tahun 2017 lalu, jenjang Sekolah Dasar (SD) Bakti Mulya 400 saja dikenai uang pangkal sebesar Rp30 juta, sedangkan uang SPP bulanan mencapai Rp1,5 juta. Sementara, biaya masuk SMA Bakti Mulya 400 tahun 2015 saja berkisar Rp45 jutaan hingga Rp 0 jutaan. Untuk lebih jelasnya, sebaiknya Anda bertanya langsung ke pihak sekolah.

Syarat SMA Bakti Mulya 400

  • Lulus SMP/MTS/Program Kejar Paket B dari dalam dan luar negeri.
  • Lulus dari seleksi yang diselenggarakan oleh pihak sekolah.
  • Membayar uang pendaftaran Rp500.000 ke rekening BRI YAYASAN BKSP BAKTI MULYA 400 QQ SMA.
  • Membayar uang pangkal, uang kegiatan dan SPP dibayarkan Melalui Bank CIMB Niaga Syariah dengan Virtual Account yang diberikan Tata Usaha.
  • Menyerahkan berkas persyaratan meliputi fotokopi Nilai Rapor kelas VII, VIII semester 1 dan 2 (2 lembar) yang telah dilegalisir, fotokopi Akta Kelahiran sebanyak 2 lembar, fotokopi Kartu Keluarga (KK) sebanyak 2 lembar, pasfoto berwarna (seragam sekolah asal) ukuran 3 x 4 cm sebanyak 2 lembar.

    Wisuda siswa siswi SMA Bakti Mulya 400 Jakarta (facebook: SMA Bakti Mulya 400 Jkt)

    Wisuda siswa siswi SMA Bakti Mulya 400 Jakarta (facebook: SMA Bakti Mulya 400 Jkt)

Prosedur Pendaftaran SMA Bakti Mulya 400

  • Pendaftar membuka laman website PPDB Online portal //baktimulya400.sch.id. 
  • Kemudian pilih menu PPDB, lakukan pendaftaran online, dan login.
  • Isi formulir terlebih dahulu sesuai dengan jenjang sekolah yang diinginkan, lalu klik Submit.
  • Anda akan mendapatkan notifikasi melalui email yang telah didaftarkan.
  • Melakukan pembayaran formulir sesuai informasi yang ada di email.
  • Konfirmasi pembayaran melalui website PPDB Bakti Mulya 400 di menu Konfirmasi Pembayaran.
  • Anda akan mendapatkan notifikasi email konfirmasi pembayaran setelah di-approve.
  • Login berdasarkan User yang ada di email untuk melakukan pengisian formulir secara lengkap.
  • Penyerahan berkas kelengkapan persyaratan ke sekolah (sesuai jenjang yang dipilih).
  • Panitia akan melakukan pemeriksaan formulir dan berkas sesuai persyaratan.
  • Informasi pelaksanaan tes PPDB.
  • Hasil tes PPDB bisa dilihat di website PPDB Bakti Mulya 400 melalui halaman Login atau Register.

Jadwal Penerimaan SMA Bakti Mulya 400 TA 2020/2021

Sayangnya, untuk tahun 2020/2021, seperti dilansir dari situs resminya, pendaftaran siswa baru SMA Bakti Mulya 400 sudah ditutup ketika artikel ini diterbitkan. Bahkan, peserta yang sudah lulus seleksi sudah diumumkan melalui situs resmi sekolah. Jika Anda membutuhkan informasi lebih detail, bisa langsung berkunjung ke SMA Bakti Mulya 400 di Jalan Gedung Pinang, Pondok Indah, Jakarta atau di Jalan Lingkar Selatan, Pondok Pinang, Jakarta Selatan, menghubungi nomor telepon (021) 7653627, 75909352, email di alamat [email protected] dan [email protected] 

[Update: Panca]

Baca juga  Info Terbaru Kisaran Biaya Hidup & Kuliah di Australia
author
Pengamat produk dan harga komoditas. Saat ini tinggal di Kota Malang.

Leave a reply "Update Syarat, Pendaftaran dan Biaya SMA Bakti Mulya 400 Jakarta"