Update Biaya Transfer BRI ke BCA

Transfer menjadi salah satu layanan yang kerap digunakan oleh nasabah suatu bank, termasuk alias BRI. Tidak cuma transfer dana ke sesama rekening BRI, banyak juga nasabah yang melakukan transfer ke rekening bank yang lain, seperti Bank Central Asia (BCA). Jika transfer ke rekening bank yang sama biasanya tidak dipungut biaya alias gratis, maka Anda akan dikenakan tarif tertentu jika mengirimkan uang ke rekening bank yang berbeda.

ATM center Bank BRI (sumber: detikepri.com)

Transfer merupakan aktivitas yang sering dilakukan banyak orang. Transfer atau pengiriman uang secara garis besar dapat diartikan sebagai pemindahan uang dari rekening yang satu ke rekening yang lain dengan berbagai tujuan.[1] Dalam proses transfer dana ini, setidaknya ada empat pihak yang terlibat, yakni remitter (pihak yang mengajukan permohonan pengiriman uang), beneficiary (pihak yang menerima pengiriman uang), remitting bank (bank yang melakukan pengiriman uang berdasarkan permintaan remitter), dan paying bank (bank yang melakukan pembayaran uang kepada beneficiary).[2]

Bacaan Lainnya

Pengiriman uang sendiri memiliki sejumlah fungsi, antara lain sebagai alat untuk menyelenggarakan pemerataan dan memperlancar peredaran uang di masyarakat, membantu memperlancar proses perdagangan (karena pembayaran dapat dilakukan dari jarak jauh), serta memperlancar dan memenuhi kebutuhan akan dana.[3]

Sejumlah bank pun semakin getol meluncurkan inovasi untuk mempermudah nasabah dan masyarakat untuk dalam mentransfer dana. BRI misalnya, sudah merilis aplikasi mobile banking yang dikatakan punya beragam . Produk mobile banking BRI ini disebutkan mudah dipakai karena transaksi dapat dilakukan langsung dengan memilih menu tanpa perlu mengingat format SMS, dilengkapi PIN sehingga lebih aman, serta cepat karena berbasis pada SMS tanpa didahului proses login aplikasi.[4]

Meski sudah ada aplikasi mobile banking, tetapi tidak semua nasabah mempunyai ponsel yang canggih dan tidak semuanya melek teknologi. Karena itu, mentransfer dana dengan mendatangi langsung kantor cabang bank masih sering dilakukan. Selain itu, sebagian besar nasabah juga masih senang mengirimkan uang melalui mesin ATM karena tergolong punya metode yang praktis.

Cara Transfer BRI ke BCA via ATM

  • Langkah pertama transfer uang lewat ATM BRI ialah Anda harus memasukan kartu ATM pada slot yang tersedia. Pastikan saat Anda memasukan kartu pada mesin tersebut, kartu tidak terbalik. Kemudian, tunggu sesaat hingga menu pada layar muncul.
  • Selanjutnya, Anda akan diminta untuk memilih bahasa yang akan Anda gunakan. Terdapat dua jenis pilihan bahasa, yaitu bahasa Indonesia dan juga bahasa Inggris. Tunggu sesaat hingga memunculkan menu pilihan ‘Lanjutkan’. Setelah itu, klik pilihan ‘Lanjutkan’ yang ada pada bagian pojok bawah layar.
  • Setelah Anda klik pilihan ‘Lanjutkan’, Anda akan diminta untuk menuliskan nomor PIN atau kata sandi. Pastikan untuk menutupinya saat Anda menuliskan PIN dengan tangan lainnya agar tidak terbaca nasabah lain yang mungkin sedang mengantre di belakang karena ini adalah nomor rahasia. Nomor PIN yang harus Anda isikan sendiri terdiri dari 6 digit.
  • Setelah selesai menuliskan nomor PIN atau kata sandi, Anda tunggu beberapa saat hingga muncul pilihan menu di layar mesin ATM. Setelah menu muncul, Anda hanya perlu untuk meng-klik pilihan ‘Transfer’.
  • Setelah itu, pada layar mesin ATM, akan menampilkan pilihan tujuan transfer yang Anda inginkan. Anda bisa meng-klik pada pilihan tujuan ‘Transfer BRI’ jika memang mengirim dana ke sesama BRI atau ‘Bank Lain’ kalau ingin mengirim dana ke beda bank. Jika mentransfer ke bank lain, Anda diharuskan memasukan kode bank tujuan. Apabila Anda tidak hafal dengan kode bank tujuan, Anda bisa melihatnya dengan memilih pilihan daftar kode bank. Untuk BCA, Anda dapat mengetik kode 014.
  • Kemudian, masukan nomor rekening tujuan transfer dana. Periksa sekali lagi untuk memastikan Anda telah memasukkan nomor rekening yang benar.
  • Setelah Anda memasukan nomor rekening tujuan dengan benar, selanjutnya Anda hanya perlu menuliskan jumlah nominal uang yang akan Anda transfer. Jika jumlahnya sudah sesuai, kemudian pilih menu ‘Benar’.
  • Tunggu beberapa saat hingga mesin ATM menampilkan konfirmasi pembayaran atas nama si penerima dan juga nominal uang yang akan ditransfer. Jika seluruh informasi telah benar, Anda bisa melanjutkan proses transaksi dengan memilih ‘Ya’ pada layar.
  • Setelah memilih ‘Ya’ pada layar, Anda hanya perlu menunggu sesaat hingga proses transfer dilakukan. Setelah itu, tunggu hingga bukti transfer atau struk keluar dari mesin ATM. Jika sudah selesai, jangan lupa untuk mengeluarkan kartu ATM dengan memilih pilihan tidak ingin melakukan transaksi pada layar atau bisa klik tombol ‘Cancel’ pada customer keypad.
Ilustrasi: aplikasi BRI Mobile (sumber: republika)
Ilustrasi: aplikasi BRI Mobile (sumber: republika)

Untuk melakukan pengiriman dana dari BRI, nasabah akan dikenakan sejumlah biaya, terutama jika mentransfer dana ke rekening bank lain. Biaya tersebut langsung dipotong dari rekening si pengirim. Jadi, pastikan saldo Anda mencukupi apabila Anda hendak mengirimkan uang ke rekening bank lain.

Biaya Transfer BRI ke BCA

Fasilitas Biaya Transfer
ATM (Artajasa, Prima, Link) Rp6.500 per transaksi
Mobile Banking Rp6.500 per transaksi
Banking Rp6.500 per transaksi
SMS Banking Rp6.500 per transaksi
Kliring Rp5.000 per transaksi
RTGS Rp30.000 per transaksi

Informasi biaya transfer dari BRI ke BCA di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk situs resmi BRI dan beberapa referensi yang lain. Jika dibandingkan ketentuan sebelumnya, biaya transfer BRI hingga detik ini masih belum berubah. Untuk informasi lebih lengkap, Anda dapat mengunjungi cabang BRI terdekat.

Apabila ingin tarif yang lebih murah, nasabah dapat layanan BI Fast dengan biaya administrasi Rp2.500 sekali transaksi. Untuk bisa menggunakan layanan tersebut, Anda terlebih dahulu download aplikasi BRImo. Setelah terinstal, Anda dapat dan pilih menu Transfer. Kemudian,  tambahkan nomor rekening, pilih bank tujuan, lalu pilih metode Transfer BI Fast. Setelah itu, masukkan nomor rekening tujuan, pilih sumber dana, dan konfirmasi transaksi yang Anda lakukan.

Transaksi di kantor Bank BRI (sumber: liputan6.com)
Transaksi di kantor Bank BRI (sumber: liputan6.com)

Limit Transfer BRI ke BCA

Jenis Simpanan Limit Transfer ATM Limit Transfer Mobile Banking
Simpedes Rp10.000.000 Rp10.000.000
Junio Rp10.000.000 Rp10.000.000
BritAma Silver Rp10.000.000 Rp10.000.000
BritAma GPN Rp15.000.000 Rp25.000.000
BritAma Black Rp15.000.000 Rp25.000.000
BritAma Bisnis Premium Rp25.000.000 Rp25.000.000
BRI Prioritas Rp25.000.000 Rp25.000.000
BRI Private Rp25.000.000 Rp25.000.000
Giro Classic Rp20.000.000 Rp10.000.000
Giro Gold Rp25.000.000 Rp25.000.000
Giro Platinum Rp25.000.000 Rp25.000.000

Daftar limit transfer BRI di atas kami rangkum langsung dari keterangan resmi bank yang bersangkutan. Perlu Anda catat bahwa batasan transfer BRI ke BCA tersebut tidak mengikat dan dapat berubah sewaktu-waktu. Apabila Anda memerlukan informasi lebih detail, Anda dapat datang ke kantor cabang BRI terdekat atau menghubungi 14107 atau 1500017.

[1] Kasmir. 2012. Dasar-Dasar Perbankan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, hlm. 130.

[2] Jusuf, Jopie. 2010. Analisis Kredit untuk Account Officer. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama, hlm. 87.

[3] Kasmir. 1998. Bank dan Lembaga Keuangan Lainnya. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, hlm. 121.

[4] Kuriaty, Harlina. 2018. Pelayanan Nasabah BRI Cabang Buntok Menggunakan Aplikasi Mobile Banking pada Tahun 2017. Anterior Jurnal, Vol. 17(2): 100-107.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

4 Komentar