Info Jadwal Pendaftaran dan Biaya Pondok Pesantren Fajar Dunia 2021/2022

Pondok Pesantren Fajar Dunia merupakan sekolah berasrama alias boarding school yang dibangun sejak tahun 2002 silam. Pesantren seluas 3 hektare di Cileungsi, Bogor, Jawa Barat ini berada di bawah naungan Yayasan Pendidikan Islam Fajar Dunia yang dibina oleh beberapa tokoh nasional seperti Drs. H. Harmoko, Alm Drs. H. Slamet Effendy Yusuf, M.Si, dan Drs. H. M. Ichwansam.

Gedung pendidikan dan asrama Pondok Pesantren Fajar Dunia

Gedung pendidikan dan asrama Pondok Pesantren Fajar Dunia (: @menarafajar)

Pondok Pesantren Fajar Dunia berkomitmen untuk membentuk generasi sufi modern melalui pembelajaran berbasis spiritual, sains, dan 3 bahasa asing, yakni Bahasa Inggris, Bahasa Arab, dan Bahasa Jepang. Pondok Pesantren Fajar Dunia juga dikenal sebagai lembaga pendidikan yang sarat dengan nuansa zikir, tak hanya berorientasi pada kecerdasan intelektual saja, tetapi juga kecerdasan spiritual, mental, dan emosional untuk seluruh santrinya.

Di Pondok Pesantren Fajar Dunia menyediakan jenjang pendidikan setara Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA). Ponpes yang memiliki akreditasi A ini menerapkan kurikulum yang sarat akan pengembangan intelektual, emosional, mental, dan spiritual, dengan mengintegrasikan kurikulum nasional, baik dari Kementerian Pendidikan dan Kementerian Agama, serta keunggulan lokal yang cukup kompetitif.

Tak cukup sampai di situ, pihak Pondok Pesantren Fajar Dunia juga menetapkan standar kompetensi lulusan dengan target khusus, misalnya saja seperti hafalan Alquran 1,5 juz standar per tahun, lulus 6 level dalam pembelajaran Bahasa Asing (Bahasa Arab, Bahasa Inggris, dan Bahasa Jepang), sabuk hitam karate, serta kajian kitab salaf seperti Miftahus Shudur, Safinatun Najah, Tijan Ad-Darori, Taklimul Muta’alim, Tanqihul Qoul, dan sebagainya.

Tidak kalah dengan pesantren modern pada umumnya, di Pondok Pesantren Fajar Dunia didukung dengan sejumlah memadai seperti masjid, asrama santri dan pengasuh, dapur, gedung sekolah, lapangan, santri, perpustakaan, laboratorium komputer, laboratorium bahasa, kamar mandi, klinik kesehatan, lab multimedia, lab kimia, lab biologi, padepokan seni, area parkir, green house, kantin, panggung, kamar tamu, balai pertemuan, hingga sarana praktik entrepreneurship.

Lalu, berapa biaya pendidikan yang harus dibayarkan jika siswa ingin melanjutkan di tempat ini? Berdasarkan situs resmi pesantren yang bersangkutan, biaya pendidikan di tempat ini terdiri atas:

  • Biaya daftar ulang terdiri dari biaya sarana belajar, sarana asrama, seragam, modul sekolah, dan modul kepesantrenan. Seluruhnya wajib dibayarkan setelah dinyatakan lulus dari tes.
  • Sumbangan Pembiayaan Pendidikan (SPP) dibayarkan paling lambat tanggal 10 setiap bulannya. SPP ini dialokasikan untuk biaya makan 3 kali sehari, biaya asrama, ekstrakurikuler wajib (karate), dan ekstrakurikuler pilihan.
  • Biaya daftar ulang untuk seluruh kelas wajib dibayarkan setiap tahun.
  • Biaya UTS, UAK, UKK, UN, dan ujian lainnya wajib dibayarkan 2 minggu sebelum pelaksanaan.
  • Biaya modul dan buku penunjang pembelajaran dibayarkan setiap tahun bersamaan dengan biaya daftar ulang.
  • Biaya kas kamar dan kas wajib dibayarkan setiap bulannya.

    Suasana belajar di Pondok Pesantren Fajar Dunia

    Suasana belajar di Pondok Pesantren Fajar Dunia (instagram: @menarafajar)

Biaya Studi Pondok Pesantren Fajar Dunia

KeteranganBiaya Pendidikan
SMPSMA
(formulir dan tes)Rp250.000Rp250.000
Sarana asrama (gedung, kasur, lemari maintenance selama 3 tahun)Rp5.500.000Rp5.500.000
Sarana belajar (gedung, kursi, maintenance selama 3 tahun)Rp4.000.000Rp4.000.000
SPP (uang makan 3 kali sehari, biaya belajar, bimbingan, ekstrakurikuler)Rp1.000.000Rp1.100.000
Uang seragam (1 baju biru, 2 baju putih, 1 stel karate, 1 stel olahraga)Rp1.000.000Rp1.000.000
Uang pembelajaran (buku sekolah dan kepesantrenan)Rp800.000Rp800.000
Biaya akademik (PTS, PAS, ujian karate, kas asrama, kas kelas, kartu pelajar, lomba-lomba internal dan eksternal, rapor)Rp1.550.000Rp1.550.000
TotalRp14.100.000Rp14.200.000

Informasi biaya sekolah di Pesantren Fajar Dunia untuk tahun ajaran 20/2022 yang kami tuliskan di atas diperoleh langsung dari panitia penerimaan santri baru. Apabila dibandingkan dengan tahun ajaran 2020/2021 lalu, tak banyak yang berubah dari biaya pendidikan di Pesantren Fajar Dunia kecuali komponen SPP dan biaya akademik. Jika sebelumnya SPP untuk SMP dipatok Rp900 ribu, maka kini naik jadi Rp1 juta. Demikian pula untuk SPP SMA juga naik dari Rp1 juta menjadi Rp1,1 juta. Sedangkan untuk biaya akademik sedikit naik dari Rp1,53 juta menjadi Rp1,55 juta.

Pondok Pesantren Fajar Dunia - khazanah.republika.co.id

Pondok Pesantren Fajar Dunia - khazanah.republika.co.id

Syarat Pendaftaran Pondok Pesantren Fajar Dunia

  • Mengisi formulir yang tersedia dengan biaya Rp250.000.
  • Menyerahkan salinan Ijazah SD/SMP yang sudah dilegalisir.
  • Salinan SKHUN yang sudah dilegalisir.
  • Salinan rapor terakhir di semester I dan II yang sudah dilegalisir.
  • Salinan akta kelahiran.
  • Salinan kartu keluarga (KK).
  • Salinan kartu NISN.
  • Surat pindah, surat keterangan berkelakuan baik dan keterangan lunas administrasi dari sekolah sebelumnya bagi siswa pindahan.
  • Surat pernyataan kesanggupan menaati tata tertib bagi wali santri.
  • Surat pernyataan kesanggupan menaati tata tertib bagi calon santri.
  • Lulus seleksi tes kemampuan dasar (TEKAD). Adapun materi yang diujikan antara lain adalah Al Quran (tes lisan), Bahasa Inggris (tes tulis), Matematika dan IPA (tes tulis), serta Psikotes (wawancara). Informasi mengenai kelulusan tes akan disampaikan melalui SMS atau website satu minggu setelah pelaksanaan tes.
  • Sanggup menaati peraturan pondok pesantren
  • Bebas dari penyalahgunaan narkotika dan obat terlarang lainnya
  • Santri pindahan hanya untuk siswa yang akan melanjutkan di kelas VII/VIII SMP dan kelas X SMA.
  • Saat mendaftar calon santri harus didampingi oleh wali.

Setiap wali santri baru di Pondok Pesantren Fajar Dunia akan mengikuti kegiatan orientasi wali santri terkait peraturan akademik yang dilaksanakan satu minggu sebelum santri bermukim di Pondok Pesantren Fajar Dunia. Nantinya, wali santri hanya diperbolehkan untuk menengok putra-putrinya setelah jangka waktu dua minggu sejak kedatangan penempatan asrama.

Pondok Pesantren Fajar Dunia - fajardunia.com

Pondok Pesantren Fajar Dunia - fajardunia.com

Jadwal Pendaftaran Pondok Pesantren Fajar Dunia

Agenda KegiatanTanggal
Pembukaan pendaftaran1 Desember 2020
TEKAD 1 (Tes Kemampuan Dasar)28 Februari 2021
TEKAD 2 (Tes Kemampuan Dasar)25 April 2021
Orientasi Walisantri Baru27 Juni 2021
Penempatan asrama11 Juli 2021
Masa ta’aruf santri12-14 Juli 2021

Calon santri bisa melakukan pendaftaran langsung di Kantor Sekretariat PSB Pondok Pesantren Fajar Dunia, Jalan Palasari Timur No. 50 RT 21 RW 10, Desa Mampir, Cileungsi, Bogor setiap hari Senin hingga Minggu pada pukul 09.00 sampai 13.00 WIB.

Jika Anda membutuhkan informasi lebih detail, Anda bisa langsung mengunjungi lokasi pondok di yang telah dijelaskan di atas. Selain itu, Anda juga bisa menghubungi nomor ponsel 0859 3005 0037 untuk penerimaan santri, 0859 3005 0035 untuk kepesantrenan, 0859 3005 0036 untuk Kantor SMP dan SMA, atau email di alamat [email protected]

[Dian]

Baca juga  Update Terkini Biaya Sekolah dan Akademi Pelayaran di Indonesia
author
Pengamat produk dan harga komoditas. Saat ini tinggal di Kota Malang.

Leave a reply "Info Jadwal Pendaftaran dan Biaya Pondok Pesantren Fajar Dunia 2021/2022"