Info Terbaru Biaya dan Prosedur Mematikan Saraf Gigi

Sakit gigi memang bisa dialami oleh siapapun baik anak kecil hingga orang dewasa. Ada banyak penyebab dan jenis sakit gigi, namun umumnya disebabkan oleh adanya gigi berlubang. Untuk mengatasi sejumlah keluhan pada gigi tersebut, banyak orang yang memilih untuk meminum obat penghilang rasa ngilu, hingga mencabut gigi ataupun mematikan saraf gigi dengan biaya yang tidak murah.

Ilustrasi: dokter memeriksa kondisi gigi
Ilustrasi: dokter memeriksa kondisi gigi

Adanya klaim yang menyebutkan bahwa pencabutan gigi berlubang merupakan alternatif solusi terbaik dalam mengatasi rasa sakit gigi sampai ke saraf serta biayanya yang murah dan caranya yang mudah menjadikan banyak orang menempuh jalan tersebut. Namun ternyata prosedur pencabutan gigi rupanya juga memiliki risiko lainnya.

Bacaan Lainnya

Saat gigi dicabut, secara otomatis gigi di sebelahnya akan memiliki lebih banyak ruang. Gusi yang longgar ini akan memicu pergeseran pada gigi-gigi di sebelahnya. Kondisi ini juga bisa menyebabkan masalah di kemudian hari. Dan bukan hal yang mustahil jika pada gigi tersebut muncul permasalahan yang membuat gigi lainnya perlu dicabut juga.

Baca juga  Update Harga Sistenol Tablet (Botol dan Eceran) untuk Demam

Nah, hal tersebut bisa dicegah dengan salah satu metode perawatan gigi yang biasa dikenal dengan istilah perawatan saluran akar (PSA) gigi. Perawatan ini adalah perawatan untuk mengatasi rasa sakit saraf gigi. Atau dengan kata lain mematikan saraf gigi agar tidak terasa sakit, tanpa harus mencabut gigi yang berlubang.

Bila sampai beberapa kali kunjungan ke dokter gigi, masih tetap terasa nyeri pada gigi, maka ada kalanya menyarankan untuk mematikan sarafnya, kemudian dilakukan perawatan saluran akar. Hal ini dilakukan untuk menghentikan rangsangan pada gigi yang menyebabkan rasa sakit.

Bagaimana caranya mematikan saraf? Proses ini dilakukan dengan memberikan obat pada lubang gigi dengan bahan yang mengandung arsen, yang akan mematikan jaringan pulpa. Proses perawatan gigi ini memerlukan waktu yang lama/panjang, pasien perlu beberapa kali kunjungan sebelum akhirnya gigi dapat ditambal permanen.[1] Berikut mekanisme dari perawatan untuk mematikan saraf gigi pada perawatan saluran akar gigi.

Mekanisme Perawatan Saluran Akar Gigi

Ilustrasi perawatan syaraf gigi (todaysveterinarybusiness.com)
Ilustrasi perawatan syaraf gigi (todaysveterinarybusiness.com)

Pengeboran dan Pembersihan Saraf Gigi

Pengeboran gigi dilakukan pada tahap pertama agar saraf gigi lebih mudah dibersihkan. Setelah selesai dibersihkan, kemudian dilakukan penambalan dengan jenis bahan tambal gigi sementara pada bekas lubang gigi yang sudah dibor. Prosedur ini bisa dilakukan beberapa kali hingga saraf gigi benar-benar bersih. Hal inilah yang membuat orang malas melakukan perawatan, karena harus kembali beberapa kali ke dokter gigi.

Baca juga  Indikasi dan Update Harga Neurobion Biru (Strip dan Box)

Pemberian Lapisan Permanen

Jika perawatan sudah dilakukan beberapa kali dan saraf gigi sudah benar-benar bersih dari rasa sakit, maka langkah berikutnya adalah memberikan lapisan permanen pada lubang gigi tersebut. Biasanya hal ini dilakukan jika saraf gigi sudah benar-benar bersih dan mati. Pada proses kali ini, pasien sudah tidak lagi merasakan sakit.

Pemasangan Jaket Crown Gigi

Prosedur selanjutnya adalah pemasangan jaket crown gigi yang bertujuan untuk memberikan pada gigi dari luar sebagai prosedur akhir perawatan saluran akar gigi. Jaket crown gigi ini bisa dibuat dari beberapa bahan. Namun bahan porselen yang biayanya cukup terjangkau.

Lalu, berapakah biaya yang dibutuhkan untuk perawatan ini? Biaya mematikan saraf gigi tergantung dari kondisi masing-masing pasien, maka dari itu biaya perawatan tidak bisa digeneralisasi. Namun, terdapat kisaran biaya total dalam mematikan saraf gigi, yakni mulai dari Rp1,5 jutaan hingga Rp3 jutaan pada tahun 2021, bahkan bisa lebih dari nominal tersebut.

Prosedur mematikan saraf gigi biasanya masuk dalam perawatan saluran akar. Biayanya kerap dihitung per kedatangan, sedangkan untuk merawat gigi sampai hilang rasa sakitnya bisa sampai beberapa kali kedatangan. Berikut ini kisaran biaya perawatan saluran akar di beberapa klinik atau rumah sakit, dilansir dari Alodokter tahun 2022.

Baca juga  Update Harga Burung Mozambik dan Tips Merawatnya

Biaya Mematikan Saraf Gigi

Ilustrasi: Prosedur Mematikan Saraf Gigi (credit: BBC)
Ilustrasi: Prosedur Mematikan Saraf Gigi (credit: BBC)
Nama Klinik/Rumah Sakit Kisaran Biaya Mulai dari (Rp)
RS Bhayangkara POLDA DI Yogyakarta 100.000
RS Permata Bekasi 139.000
RS Karunia Kasih Bekasi 157.000
Klinik Advent Jakarta 200.000
RSIA DHIA Selatan 200.000
Siloam Hospitals Bogor 300.000
RS FMC Bogor 300.000
Klinik Miracle Jakarta 350.000
Siloam Hospitals TB Simatupang 375.000
RS Awal Bros Makassar 400.000
Siloam Hospitals Kebon Jeruk 660.000
Klinik Pondok Gigi Jakarta 2.250.000

Biaya yang berlaku tahun 2022 tak jauh berbeda dari tahun 2021, 2020, dan 2019 yang totalnya berkisar mulai Rp1 jutaan. Hal tersebut tergantung pada jumlah kunjungan dan lokasi pasien melakukan perawatan mematikan saraf gigi. Biaya tambahan juga akan dikenakan bagi Anda yang hendak melakukan pemasangan jaket atau crown gigi, yakni sekitar Rp3 jutaan.

 

[Update: Almas]

 

[1] Lumenta, NA dkk. 2006. Manajemen Hidup Sehat (Ed. Rayendra LT). Jakarta: Elex Media Komputindo, hlm 38.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.