Update Info Biaya dan Prosedur Mematikan Saraf Gigi

memang bisa dialami oleh siapapun baik anak kecil hingga orang dewasa. Ada banyak penyebab dan jenis gigi, namun umumnya disebabkan oleh adanya gigi berlubang. Untuk mengatasi sejumlah keluhan pada gigi tersebut, banyak orang yang memilih untuk meminum penghilang rasa ngilu, hingga mencabut gigi ataupun mematikan gigi.

Ilustrasi: dokter memeriksa kondisi gigi

Ilustrasi: memeriksa kondisi gigi

Adanya klaim yang menyebutkan bahwa pencabutan gigi berlubang merupakan alternatif solusi terbaik dalam mengatasi rasa sakit gigi sampai ke saraf serta biayanya yang murah dan caranya yang mudah menjadikan banyak orang menempuh jalan tersebut. Namun ternyata prosedur pencabutan gigi rupanya juga memiliki risiko lainnya.

Saat gigi dicabut, secara otomatis gigi di sebelahnya akan memiliki lebih banyak ruang. Gusi yang longgar ini akan memicu pergeseran pada gigi-gigi di sebelahnya. Kondisi ini juga bisa menyebabkan masalah di kemudian hari. Dan bukan hal yang mustahil jika pada gigi tersebut muncul permasalahan yang membuat gigi lainnya perlu dicabut juga.

Nah, hal tersebut bisa dicegah dengan salah satu gigi yang biasa dikenal dengan istilah saluran akar (PSA) gigi. ini adalah untuk mengatasi rasa sakit saraf gigi. Atau dengan kata lain mematikan saraf gigi agar tidak terasa sakit, tanpa harus mencabut gigi yang berlubang.

Berikut adalah mekanisme dari perawatan untuk mematikan saraf gigi pada perawatan saluran akar gigi.

Pengeboran dan pembersihan saraf gigi

Pengeboran gigi dilakukan pada tahap pertama agar saraf gigi lebih mudah dibersihkan. Setelah selesai dibersihkan, kemudian dilakukan penambalan dengan jenis bahan tambal gigi sementara pada bekas lubang gigi yang sudah dibor. Prosedur ini bisa dilakukan beberapa kali hingga saraf gigi benar-benar . Hal inilah yang membuat orang malas melakukan perawatan, karena harus kembali beberapa kali ke dokter gigi.

Pemberian lapisan permanen

Jika perawatan sudah dilakukan beberapa kali dan saraf gigi sudah benar-benar bersih dari rasa sakit, maka langkah berikutnya adalah memberikan lapisan permanen pada lubang gigi tersebut. Biasanya hal ini dilakukan jika saraf gigi sudah benar-benar bersih dan mati. Pada proses kali ini, pasien sudah tidak lagi merasakan sakit.

Pemasangan jaket crown gigi

Prosedur selanjutnya adalah pemasangan jaket crown gigi yang bertujuan untuk memberikan perlindungan pada gigi dari sebagai prosedur akhir perawatan saluran akar gigi. Jaket crown gigi ini bisa dibuat dari beberapa bahan. Namun bahan porselen yang biayanya cukup terjangkau.

Lalu, berapakah yang dibutuhkan untuk perawatan ini? mematikan saraf gigi tergantung dari kondisi masing-masing pasien, maka dari itu perawatan tidak bisa digeneralisasi. Namun, terdapat kisaran total dalam mematikan saraf gigi adalah mulai dari Rp1 jutaan hingga Rp3 jutaan, bahkan bisa lebih dari nominal tersebut. yang berlaku tahun 2020 ini relatif hampir tidak berubah dari tahun lalu. Hal tersebut tergantung pada jumlah kunjungan dan lokasi pasien melakukan perawatan mematikan saraf gigi. tambahan juga akan dikenakan bagi Anda yang hendak melakukan pemasangan jaket atau crown gigi, yakni sekitar Rp3 jutaan.

[Update: Dian]

Baca juga  Harga Terbaru Obat Dexamethasone (Tablet, Strip, Box)
loading...
author
Mengetahui harga-harga, dan mengikuti dinamikanya adalah proses mengasah kecerdasan finansial. Be Smart!

Leave a reply "Update Info Biaya dan Prosedur Mematikan Saraf Gigi"