Update Harga Unsalted Butter Anchor dan Merk Lainnya

Unsalted butter ternyata kerap digunakan untuk makanan pendamping ASI (MPASI), diklaim baik bagi bayi dibandingkan salted butter alias mentega biasa. Salah satu merk ternama, Anchor, menawarkan beberapa pilihan kemasan unsalted butter sesuai kebutuhan. Anda dapat mudah menemukan produk tersebut di pasaran dengan harga bervariasi.

Harga Mentega Anchor Butter - www.thefoodscout.net
Anchor Unsalted Butter (sumber: thefoodscout.net)

Butter atau mentega adalah lemak yang berasal dari susu hewani. Mentega memiliki kandungan lebih sedikit air dibandingkan margarin, dan rasanya lebih gurih, juga memiliki titik leleh lebih rendah dari margarin, sehingga akan membuat lebih lembut. Mengingat berasal dari hewani, maka mentega memiliki kadar kolesterol lebih tinggi.[1]

Bacaan Lainnya

Jenis Butter

  • Cultured butter, terbuat dari krim susu dan proses fermentasinya ditambahkan bakteri. Menawarkan rasa yang khas dan sedikit tajam dengan kandungan lemak cukup tinggi.
  • European butter, jenis mentega yang diproses dalam waktu yang lama dengan tekstur yang kurang lembut, dan warnanya sedikit lebih pudar.
  • Light butter, memiliki kalori yang sangat rendah, yaitu sebanyak 50%. Kandungan airnya 25%, sehingga light butter tidak cocok digunakan untuk memasak.
  • Whipped butter, di dalamnya terdapat kandungan gas seperti nitrogen, sehingga mentega ini memiliki tingkat kepadatan yang kurang dari mentega biasanya. Selain itu, teksturnya sangat ringan sehingga sangat cocok untuk dioles pada roti bakar, pancake, dan lain sebagainya.
  • Salted butter, mengandung garam dan bercita rasa asin. Biasanya mentega jenis ini sering digunakan untuk mengoles roti atau martabak.
  • Unsalted butter, cenderung tawar, karena tidak mengandung garam, tetapi terbuat dari 80% lemak susu. Butter tawar bisa juga Anda gunakan untuk membuat kue atau roti.
Baca juga  Perbedaan Tembaga Baru dan Bekas

Khusus unsalted butter, produk satu ini sudah tidak asing karena banyak digunakan sebagai bahan MPASI untuk bayi. Mentega tanpa garam ini diklaim berguna untuk perkembangan otak dan sistem saraf serta pembentukan hormon. Berikut sejumlah manfaat lain dari produk unsalted butter.

Manfaat Unsalted Butter

  • Membantu otak dan sistem saraf tumbuh dan berkembang dengan baik sesuai usia bayi.
  • Membuat tubuh lebih mudah menyerap vitamin A, D, E, K.
  • Menjadi pondasi pembentukan hormon.
  • Memisahkan jaringan sistem saraf di seluruh tubuh.
  • Membantu bayi cepat kenyang sehingga mereka tidak makan berlebihan dan obesitas pada anak.

Meski unsalted butter aman dikonsumsi oleh bayi, Anda perlu mengingat bahwa bayi di bawah 1 tahun sebaiknya tidak mengonsumsinya lebih dari 1 gram garam per hari. Sementara itu, pada anak yang berusia 1-3 tahun, garam bisa diberikan asal tidak lebih dari 2 gram per hari. Pasalnya, menurut Journal of Nephrology, konsumsi garam berlebihan dikhawatirkan membebani ginjal bayi. Salah satu efek yang paling terlihat adalah bayi menjadi lebih sering buang air kecil dan dapat menimbulkan masalah kesehatan pada si kecil di kemudian hari.

Baca juga  Perbedaan Tembaga Baru dan Bekas

Riset Pediatric Nephrology memaparkan, sebagai makanan pertama bayi, mentega dengan kadar garam tinggi juga mampu meningkatkan risiko hipertensi, terutama pada bayi prematur dan bayi dengan berat baru lahir terlalu besar. Pada bayi yang sangat sensitif terhadap susu sapi, terutama kandungan protein kasein, mengonsumsi unsalted butter dapat memicu alergi. Bila bayi memiliki riwayat ini, sebaiknya pilih jenis lemak tambahan dari sumber yang lain. Anda juga sebaiknya mengevaluasi pemberian unsalted butter untuk bayi bila menunjukkan tanda-tanda alergi seperti keluar bintik kemerahan, merasa gatal, maupun sering bersin-bersin.

Unsalted butter (sumber: kitchn.com)
Unsalted butter (sumber: kitchn.com)

Anchor menjadi salah satu brand yang juga menyediakan berbagai pilihan produk unsalted butter. Unsalted butter merk Anchor ini diproduksi di New Zealand dan diklaim aman dikonsumsi karena sudah sesuai standar BPOM. Per 100 gr unsalted butter Anchor, terdapat 82 kalori. Unsalted butter Anchor tersedia dalam kemasan cup kecil dan 227 gr. Lalu, berapa harga unsalted butter Anchor di pasaran?

Harga Unsalted Butter Anchor

Varian Unsalted Butter Anchor Harga
Unsalted Butter Anchor Minidish 7 gr x 5 pcs Rp10.000
Unsalted Butter Anchor Minidish 7 gr x 10 pcs Rp22.000
Unsalted Butter Anchor Repack 250 gr Rp39.600
Unsalted Butter Anchor Minidish 7 gr x 20 pcs Rp40.000
Unsalted Butter Anchor 227 gr Rp45.000
Unsalted Butter Anchor repack 500 gr Rp57.000
Unsalted Butter Anchor 1 kg Rp136.500
Unsalted Butter Anchor 227 gr 1 karton (40 Pcs) Rp1.580.000
Unsalted Butter Anchor 25 kg Rp3.578.500
Baca juga  Perbedaan Tembaga Baru dan Bekas

Informasi harga unsalted butter Anchor di atas kami rangkum dari berbagai sumber di internet. Jika dibandingkan penawaran sebelumnya, harga unsalted butter Anchor di pasaran saat ini terpantau fluktuatif. Misalnya, unsalted butter Anchor Minidish 7 gr x 10 pcs yang semula dijual seharga Rp28 ribu, sekarang turun menjadi Rp22 ribu. Berbeda dengan harga unsalted butter Anchor kemasan repack 250 gram yang sedikit naik dari Rp35 ribu menjadi Rp39.600.

Harga Unsalted Butter Lainnya

Merk Unsalted Butter Harga
Ghee Numi Naturals Grass Fed Butter 200 ml Rp45.000
Rosalie Cheese Unsalted Butter Bottle 200 gr Rp62.000
Elle & Vire Beurre Gastronomique Unsalted Butter 200 gr Rp80.000
Unsalted Butter Lurpak repack 1 kg Rp160.000
Dairygold Unsalted Butter 2 kg Rp220.000

Perlu diingat, harga produk unsalted butter di atas dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu, tergantung kebijakan pihak penjual. Anda dapat membeli produk tersebut di toko bahan kue terdekat atau supermarket terdekat. Beberapa merk juga dapat ditemukan di Indomaret dan Alfamart terdekat.

[Update: Ditta]

[1]Ananto, Diah Surjani. 2012. Membuat Aneka Bolu Gulung, Plus Tip Antigagal. Jakarta: DeMedia, hlm. 11.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *